Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun

Posted by: 640 viewer

Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun
Sosialisasi Inabuyer Expo 2024/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) kembali menggelar pameran Inabuyer Expo 2024 di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta pada 15–17 Mei 2024.

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menargetkan pameran edisi kedua ini dapat membukukan transaksi Rp2 triliun. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mendorong kemitraan strategis, mewujudkan rantai pasok yang kuat untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri.

“Kegiatan ini merupakan yang kedua sejak 2023 dengan potensi kerja sama kontraknya tahun lalu lebih dari Rp1 triliun. Tahun ini ditargetkan transaksinya bisa menembus Rp2 triliun," kata Hanung dalam sosialisasi Inabuyer Expo 2024 kemarin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Inabuyer Expo diselenggarakan untuk memperluas akses pasar UKM agar terhubung ke dalam rantai pasok industri BUMN, usaha besar, belanja barang dan jasa pemerintah, serta potensial buyer dari dalam dan luar negeri.

Pameran ini akan diikuti sekitar 200 UMKM ini ditargetkan dihadiri 10 ribu pengunjung dalam tiga hari penyelenggaraan. Selain menghadirkan para buyer dari sektor swasta BUMN dan pemerintah, akan ada juga buyer potensial dari luar negeri.

"Harapannya UMKM dan ekshibitor dapat memanfaatkan momentum ini memperluas pangsa pasarnya. Untuk mendukung itu, nantinya akan digelar business matching antara buyer potensial dan para pelaku UMKM atau ekshibitor yang berpartisipasi dalam pameran tersebut," ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan pameran Inabuyer 2024 ini merupakan lanjutan dari gelaran tahun lalu yang sukses membukukan transaksi hingga Rp1 triliun, dan diharapkan kesuksesan tahun lalu dapat diulang dalam pameran tahun ini.

"Jadi banyak sekali manfaat yang didapat di Inabuyer di mana para buyer memberikan order termasuk oleh kementerian/lembaga dan BUMN," jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Emin Adhy Muhaemin menyatakan komitmen LKPP untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Dia menuturkan, LKPP saat ini sedang mengusulkan rancangan undang-undang (RUU) terkait kewajiban belanja oleh lembaga non pemerintah termasuk BUMN untuk mengalokasikan anggaran untuk pembelian produk dalam negeri khususnya produk UMKM.

"Apabila RUU ini bisa diundangkan, kita punya potensi pasar yang jauh lebih besar. Insyaallah tahun depan mudah-mudahan direstui agar bisa melebar ke lembaga negara non pemerintah hingga ke BUMN," pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...