Rabu, 11 September 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kilas Balik Capaian Program Ekonomi Digital 2021, Kominfo Patok Target Baru untuk 2022

Posted by: 1770 viewer

Kilas Balik Capaian Program Ekonomi Digital 2021, Kominfo Patok Target Baru untuk 2022
Kominfo Patok Target Baru untuk 2022

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melaksanakan berbagai upaya dalam mendukung berkembangnya sektor ekonomi digital Indonesia. Hal ini didasari pada kebutuhan pemulihan ekonomi pasca-pandemi serta potensi sektor ekonomi digital sebagai main economic driver bagi Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika telah mengarahkan agar pengembangan sektor ekonomi digital dilakukan secara komprehensif, di antaranya melalui program startup digital dan digitalisasi UMKM.

“Untuk memfasilitasi para pelaku startup digital, Kementerian Kominfo memiliki program komprehensif, mulai dari level pengenalan terhadap konsep pendirian startup hingga dukungan business matchmaking bagi startup digital untuk meningkatkan potensi pendanaan guna pengembangan skala usaha. Program tersebut meliputi: (1) Sekolah Beta yang memberikan wawasan dasar terkait konsep usaha startup; (2) Gerakan 1000 Startup Digital yang memfasilitasi inkubasi pendirian awal startup; (3) StartupStudio ID yang memfasilitasi pencapaian product-market-fit; (4) Hub.id yang memfasilitasi business matchmaking dan peluang investasi; serta (5) Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) yang memberikan mentorship kepada para pengembang gim lokal.” ujar Dedy Permadi Juru Bicara Menteri Kominfo pada Konferensi Pers Kaleidoskop 2021 Kementerian Kominfo (Kamis, 30/12).

Selain itu, sepanjang tahun 2021, Kementerian Kominfo telah berhasil melaksanakan program digitalisasi UMKM melalui program fasilitasi active selling, Digital Entrepeneur Academy (DEA), dan UMKM di 10 kawasan wisata prioritas. Dalam program ini, peserta mendapatkan pelatihan dan starter kit paket data, aplikasi aggregator, aplikasi Point-of-Sales (POS), serta Learning Management System (LMS).

IKLAN INFOBRAND.ID

Target dan Tantangan Kominfo dalam Optimalisasi Ekonomi Digital Tahun 2022

Melihat kilas balik capaian-capaian tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor ekonomi digital Indonesia dengan berbagai target baru di tahun mendatang.

“Di tahun 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan (1) 100.000 peserta dapat mengikuti berbagai program pengembangan startup seperti: Sekolah Beta; Gerakan Nasional 1000 Startup Digital; Startup Studio ID; Hub.ID; dan IGDX; serta (2) 100.000 peserta dapat terfasilitasi dalam berbagai program digitalisasi UMKM terutama pada level active selling, yakni level lanjutan setelah digital onboarding.” jelas Dedy Permadi.

Pada Konferensi Pers tersebut, Dedy Permadi juga memaparkan beberapa tantangan dalam optimalisasi ekonomi digital di tahun mendatang, yakni: (1) jumlah sumber daya manusia (SDM) di bidang digital yang belum memadai; (2) pembukaan akses pasar pendanaan yang masih terbatas; (3) banyaknya UMKM yang belum memiliki akses keuangan dan perbankan; (4) infrastruktur logistik yang belum optimal di seluruh Indonesia; serta (5) budaya dan etika berbelanja daring yang belum teredukasi secara maksimal. Hal-hal tersebut akan menjadi perhatian serius Kementerian Kominfo dalam mengembangakan ekosistem ekonomi digital secara optimal di tahun depan.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ultah ke-27, BAF Tebar Kebaikan kepada Sesama Melalui BAF United for Care 2024

Ultah ke-27, BAF Tebar Kebaikan kepada Sesama Melalui BAF United for Care 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menyelenggarakan BAF United for Care yakni kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR)...


iPhone 16 dan 16 Plus Usung Desain Baru dan Pilihan Warna Cerah

iPhone 16 dan 16 Plus Usung Desain Baru dan Pilihan Warna Cerah
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Apple secara resmi meluncurkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, yang kini menampilkan desain lebih minimalis dan pilihan wa...


Luncurkan All-New Triton, Mitsubishi Bidik Segmen Lifestyle dan Hobi

Luncurkan All-New Triton, Mitsubishi Bidik Segmen Lifestyle dan Hobi
INFOBRAND.ID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kini menargetkan segmen "lifestyle" dan hobi dengan pelun...


Hadirkan Inovasi BPJS Keliling, BPJS Kesehatan Permudah Pendaftaran Warga di Daerah Terpencil

Hadirkan Inovasi BPJS Keliling, BPJS Kesehatan Permudah Pendaftaran Warga di Daerah Terpencil
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia S...