Jum'at, 13 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Laba FIF Meningkat 30,9% di Kuartal III 2023

Posted by: 2173 viewer

Laba FIF Meningkat 30,9% di Kuartal III 2023
FIF merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial yang berfokus pada pembiayaan sepeda motor baru Honda mengumumkan kinerja dengan pertumbuhan positif pada Kuartal-III 2023.

INFOBRAND.ID - PT Federal International Finance (FIF) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan salah satu bagian dari Astra Financial membukukan pertumbuhan kinerja positif pada periode Januari – September 2023. Laba bersih perseroan atau hingga Kuartal-III 2023 meningkat sebesar 30,9% menjadi Rp3,0 triliun dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai Rp2,3 triliun.

Presiden Direktur PT FIF, Margono Tanuwijaya, mengatakan bahwa pertumbuhan kinerja yang telah dicapai oleh PT FIF hingga Kuartal-III tahun 2023 ini didukung oleh berbagai strategi perusahaan yang diimplementasikan dalam menghadapi dinamika bisnis yang terjadi pada bisnis perusahaan pembiayaan.

“FIFGROUP terus mengoptimalkan pengembangan teknologi dan keterhubungan bisnis di dalam maupun di luar Astra guna memperkuat ekosistem bisnis FIFGROUP secara internal yang didukung dengan kontrol di jaringan kami. Hal ini diharapkan dapat mempertahankan customer lifetime value yang dimiliki oleh FIFGROUP dan kolaborasi baik di ekosistem Astra,” tutur Margono.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain mencatatkan pertumbuhan kinerja secara laba bersih, di tengah menggeliatnya perekonomian Indonesia yang berdampak kepada peningkatan konsumsi masyarakat, FIFGROUP juga mencatatkan peningkatan nilai pembiayaan di Kuartal-III 2023 yang dikeluarkan oleh perusahaan, yakni sebesar Rp31,8 triliun. Angka tersebut naik sebesar 28,1% dibanding periode yang sama pada tahun 2022 senilai Rp24,8 triliun.

Di samping itu, jika dilihat dari pencapaian pembiayaan yang dikeluarkan secara unit, pada Kuartal-III 2023 PT FIF membukukan pembiayaan sebanyak 2,4 juta unit, atau meningkat sebesar 19,9% dibanding periode sama pada tahun sebelumnya yang  mencapai 2 juta unit.

Bila dilihat dari kemampuan perusahaan berdasarkan aset, FIF membukukan peningkatan pada piutang pembiayaan konsumen yang dimiliki, yakni sebesar Rp39,1 triliun pada Kuartal-III 2023, naik sebesar 12,6% dibanding periode sama di tahun 2022 senilai Rp34,8 triliun.

Margono menyebutkan pengembangan bisnis juga terus dilakukan untuk meningkatkan portfolio bisnis. Salah satu terobosan yang dilakukan FIFGROUP  pada tahun 2023 adalah dengan melakukan pembiayaan sepeda motor listrik Honda. Sepeda motor listrik Honda telah diluncurkan pada perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang diselenggarakan pada Agustus 2023.

Dalam menjalankan bisnisnya, FIF didukung oleh 5 brand services. Yakni FIFASTRA yang merupakan jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, DANASTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiguna, SPEKTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiproduk, FINATRA yang menyediakan layanan pembiayaan mikroproduktif untuk pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan AMITRA untuk layanan pembiayaan syariah Haji reguler dan ibadah Umrah.

IKLAN INFOBRAND.ID

Hingga Kuartal-III 2023, FIFASTRA turut memberikan kontribusi terhadap penyaluran nilai pembiayaan sebesar Rp20,3 triliun naik sebesar 36,1% dibanding periode sama pada tahun 2022 senilai Rp14,9 triliun. Secara booking unit, FIFASTRA mencatatkan penyaluran pembiayaan kepada 1,2 juta unit pada Kuartal-III 2023 dengan kenaikan sebesar 38,5% dibanding periode sama pada tahun sebelumnya dengan jumlah unit yang dibiayai sebanyak 871 ribu unit.

Brand service DANASTRA mencatatkan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan sebesar 9,5% menjadi Rp10 triliun pada Kuartal-III 2023 dibanding periode sama pada tahun 2022 dengan nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp9,1 triliun. Pertumbuhan juga terjadi secara booking unit yang tumbuh sebesar 5,3% pada periode Januari-September 2023 sebanyak 1,1 juta unit dibanding periode sama tahun sebelumnya yang mencapai 1 juta unit.

Untuk pembiayaan mikroproduktif, FINATRA berhasil menyalurkan nilai pembiayaan sebesar Rp841,1 miliar pada Kuartal-III 2023, tumbuh sebesar 608,4% dibanding tahun sebelumnya senilai Rp118,7 miliar dengan jumlah booking unit sebanyak 10 ribu unit pada Kuartal-III 2023 yang juga meningkat sebesar 746,2% dibanding periode sama pada tahun 2022 yang mencapai 1.245 unit.

AMITRA yang menyediakan layanan pembiayaan syariah juga mencatatkan pertumbuhan pada kinerjanya dengan pertumbuhan sebesar 169% menjadi Rp370,8 miliar di Kuartal-III 2023 dibanding periode sama pada tahun sebelumnya dengan nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp137,8 miliar. Secara unit, AMITRA mencatatkan pertumbuhan pada Kuartal-III 2023 menjadi 16 ribu unit, naik 109,9% dibanding periode sama pada tahun 2022 sebesar 8 ribu unit.

Terjadi penurunan sebesar 38,5% pada nilai penyaluran pembiayaan SPEKTRA di Kuartal-III 2023, menjadi Rp348,8 miliar dibanding periode di tahun sebelumnya yang mencapai Rp567,4 miliar. Penurunan terjadi secara booking unit, di mana pada tahun Kuartal-III 2023 sebanyak 72 ribu unit dibiayai atau turun 15,1% dibanding periode sama pada tahun 2022 yang mencapai 85 ribu unit.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta

FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta
INFOBRAND.ID - Memasuki hari keempat, pameran tanaman hias Floriculture Indonesia International (FLOII) Expo 2024 semakin meriah dan dipadati pengunju...


RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun

RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun
INFOBRAND.ID-Pelemahan daya beli masyarakat saat ini berimbas pada berbagai industri di Indonesia, termasuk industri pariwisata. RedDoorz, platform te...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif

INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif
INFOBRAND.ID - Dalam perjalanan waktu, hanya sedikit merek yang mampu bertahan dan terus berkembang, melintasi dekade demi dekade. Merek-merek ini tid...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 

INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 
INFOBRAND.ID - Customer satisfaction, atau kepuasan pelanggan menjadi prasarat agar produk atau layanan dari sebuah brand dipilih kembali, atau bahkan...