Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mitra Bukalapak Tingkatkan Dampak Sosioekonomi Lewat Transformasi Warung

Posted by: 13 viewer

Mitra Bukalapak Tingkatkan Dampak Sosioekonomi Lewat Transformasi Warung

JAKARTA, Indonesia, 3 November 2023 /PRNewswire/ -- Dukungan Mitra Bukalapak terhadap usaha mikro tidak hanya melalui teknologi tetapi juga peningkatan literasi digital dan keuangan serta menciptakan peluang untuk bertransformasi. Hal ini penting agar teknologi dapat digunakan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di tengah masyarakat. Sebuah upaya yang mencerminkan komitmen Mitra Bukalapak untuk berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDG) yang sejalan dengan pilar ESG.

Irman, salah satu Mitra dari Jawa Barat, sukses mentransformasi perannya sebagai pemilik warung menjadi agen distributor.
Irman, salah satu Mitra dari Jawa Barat, sukses mentransformasi perannya sebagai pemilik warung menjadi agen distributor.

Terbentuk pada 2018, Mitra Bukalapak, pionir bisnis online-to-offline (O2O), telah mentransformasi jutaan kios tradisional di seluruh Indonesia. Kini, kios tradisional telah beralih dari penjual makanan dan barang kebutuhan sehari-hari menjadi penyedia produk virtual, termasuk menjadi pemasok barang-barang grosir untuk persediaan warung di sekitarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Kiprah transformatif Mitra terwujud berkat komitmen kami dalam meningkatkan kemampuan warung. Kami menciptakan teknologi yang dapat membantu warung menjalankan bisnisnya dengan lebih baik, membawa manfaat bagi masyarakat, sekaligus merasakan dampak berkelanjutan, mulai dari penghasilan yang meningkat hingga literasi digital yang semakin berkembang," ujar Howard Gani, CEO Mitra Bukalapak. 

Dengan aplikasi Mitra Bukalapak, pemilik warung bertransformasi menjadi peritel modern yang menawarkan lebih dari 42 produk virtual, termasuk layanan digital dan keuangan. Hal ini pun meningkatkan arus pendapatan warung karena mereka memiliki lini produk yang lebih beraneka ragam. Warung-warung ini sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di lingkungannya.

Irman dari Jawa Barat sukses berkembang dari pemilik warung hingga menjadi agen distributor. Dia kini melayani pembelian dan pengiriman stok produk untuk berbagai warung di sekitar Katapang, Bandung. "Saya bisa melayani pembelian barang secara grosir dengan efisien, serta dapat mengirim barang secara cepat ke warung-warung sekitar," kata Irman yang mengaku omzetnya meningkat lebih dari empat kali lipat, menembus Rp 200 juta per bulan, sejak menjadi Mitra Bukalapak.

Transformasi ini juga dialami Rostina yang berhasil mengubah warungnya menjadi agen inklusi keuangan dan literasi digital. Terletak enam jam dari Makassar, warung milik Rostina menyediakan produk virtual bagi orang-orang di sekitar tempat tinggalnya yang memiliki akses terbatas ke ATM dan kantor pos.

Penghasilan pemilik warung rata-rata meningkat tiga kali lipat, bahkan taraf hidup mereka menjadi semakin baik setelah usahanya terintegrasi dengan Mitra Bukalapak. Dampak sosial yang positif ini akan terus meningkat berkat komitmen Mitra Bukalapak dalam memberdayakan komunitas, sejalan dengan komitmen SDG dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merata.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tentang Mitra Bukalapak

Mitra Bukalapak adalah anak usaha milik perusahaan teknologi Indonesia Bukalapak ("IDX:BUKA") yang mengembangkan teknologi warung (warung-tech) untuk mendigitalisasi gerai tradisional dan UMKM di Indonesia.

Sejak terbentuk pada 2018, Mitra Bukalapak telah melayani lebih dari 16,8 juta Mitra di seluruh Indonesia. Sebagai pemimpin pasar di sektor online-to-offline (O2O), Mitra Bukalapak memanfaatkan teknologi guna memenuhi kebutuhan digital pemilik usaha dan masyarakat Indonesia lewat produk fisik, virtual, dan keuangan. Mitra Bukalapak juga menyederhanakan rantai pasok barang, serta memperingkas proses logistik sehingga aspek keberlanjutan di sektor usaha mikro terwujud secara efektif dan efisien.

Lewat inovasi teknologi dan kegiatan bersama komunitas, Mitra Bukalapak mempercepat transformasi digital bagi pelaku usaha di Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang Mitra Bukalapak tersedia di https://mitra.bukalapak.com/.

IKLAN INFOBRAND.ID

Related stocks: Jakarta:BUKA OTC:BKPTY

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Huawei Lansir Sejumlah Produk Baru di Segmen Pasar Komersial dan Distribusi guna Mendorong Pertumbuhan UKM secara Cerdas

Huawei Lansir Sejumlah Produk Baru di Segmen Pasar Komersial dan Distribusi guna Mendorong Pertumbuhan UKM secara Cerdas
BANGKOK, 3 Mei 2024 /PRNewswire/ -- Huawei Asia-Pacific Partners Conference berlan...


Mitra Resmi UEFA EURO 2024™ Hisense Luncurkan Materi Promosi

Mitra Resmi UEFA EURO 2024™ Hisense Luncurkan Materi Promosi "BEYOND GLORY", Tawarkan Pengalaman Terbaik saat Menyaksikan Pertandingan Sepakbola
QINGDAO, Tiongkok, 3 Mei 2024 /PRNewswire/ -- Sebagai mitra resmi UEFA EURO 2024™, Hisense ingin menghadi...


SMARTIES™ Awards 2024: Tahap Pendaftaran telah Dibuka untuk Praktisi Pemasaran Inovatif di Seluruh Dunia!

SMARTIES™ Awards 2024: Tahap Pendaftaran telah Dibuka untuk Praktisi Pemasaran Inovatif di Seluruh Dunia!
SINGAPURA, 3 Mei 2024 /PRNewswire/ -- MMA Global, lembaga nirlaba, resmi membuka tahap pendaftaran ajang...


Menyambungkan Hati dan Budaya, Perjalanan Dijiwa Sanctuaries dalam Membentuk Ulang Hospitality Landscape Bali

Menyambungkan Hati dan Budaya, Perjalanan Dijiwa Sanctuaries dalam Membentuk Ulang Hospitality Landscape Bali
DENPASAR, Indonesia, 2 Mei 2024 /PRNewswire/ -- Dijiwa Sanctuaries, sebuah perusahaan manajemen hotel di...