Selasa, 21 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Mustika Ratu! Sebuah Brand Champions Di Industri Kosmetik Dan Body Care

Posted by: 3889 viewer

Mustika Ratu! Sebuah Brand Champions Di Industri Kosmetik Dan Body Care
Mustika Ratu Saat Meraih TOP Brand

Mendapatkan predikat brand champions tentunya menjadi sebuah kebanggaan dan impian bagi brand-brand di Indonesia. Terlebih bagi brand-brand yang telah mendpatkan berbagai macam penghargaan bergengsi atas inovasi dan kreatifitas dari brand tersebut tentunya menjadi sebuah poin lebih. Salah satu brand yang bisa disebut sebagai brand champions di industri kosmetik dan body care ialah Mustika Ratu.

Bagaimana tidak, brand yang didirikan oleh Mooryati Soedibyo ini telah mendapatkan torehan prestasi dengan mendapatkan beragam penghargaan bergengsi. Sebut saja seperti Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA), Penghargaan PERTAMA DI INDONESIA (PERDI), Indonesia Best Brand Award (IBBA) hingga TOP Brand.

Bagaimana menjadi sebuah brand champions bagi Mustika Ratu? Adalah Chaerun Nisa Putri selaku Group Brand Manager Mustika Ratu kepada Infobrand.id menuturkan bahwa strateginya terletak pada bagaimana lebih mendekatkan brand kepada para konsumen. “Kita berusaha untuk lebih dekat kepada konsumen baik di level distribusi maupun di level inovasinya,” kata wanita yang akrab disapa Ninis ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Karenanya, kata Ninis, Mustika Ratu saat ini menerapkan distribusi yang berbeda dibandingkan para kompetitornya. “Salah satu cara kami agar kami lebih dekat ke konsumen ialah kami memasarkan produk tidak hanya di toko modern besar seperti Watson, Guardian, Dan-Dan, tapi kami juga mendistribusikannya ke toko kosmetik yang ada di pasar dan perumahan. Secara numeric, ternyata pangsa pasarnya lebih besar dibandingkat Hypermarket,” terangnya.

Kenapa Mustika Ratu memilih channel distribusi ini? Ninis menerangkan bahwa channel ini kita pilih karena mempunyai pangsa yang besar dan merupakan perpanjangan tangan ke konsumen sekaligus perpanjangan tangan ke toko-toko. “Dengan begitu kedekatan dengan konsumen tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

Di level inovasi pun, tambah Ninis, Mustika Ratu terus mencoba memilih segmentasi inovasi yang berbeda dari para kompetitornya. Ninis menjelaskan seperti produk terbaru Mustika Ratu yakni Beauty Queen Series. “Pemain di dunia kosmetik banyak. Pilihannya tinggal kita mencari diferensiasi dengan mereka. Karenanya kita launching Baeuty Queen Series. Hingga kini Beauty Queen keluaran Mustika Ratu masih yang pertama untuk produk kosmetik dengan menggunakan ekstrak moringa atau daun biji kelor dan belum ada pesaing. Positioning kita pun jelas bahwa Beauty Queen Series ini bukan hanya sekadar Make-up tapi juga Skin Care,” terangnya.

Secara growth market, industry kosmetik memang sedang naik 81%. Hal ini betul-betul dimanfaatkan oleh Beauty Queen dari Mustika Ratu untuk memenangkan peta persaingan. Namun tentunya, dibutuhkan strategi komunikasi kepada konsumen yang baik untuk melakukannya. “Untuk mengkomunikasikannya itu banyak sekali caranya. Salah satunya ialah di Trial. Karena yang namanya kosmetik itu harus di coba oleh konsumen. Jadi orang harus coba produk kita. Selain itu kita juga sering bikin beauty class,” ujarnya.

Dengan inovasi dan daya gerak dari tim Mustika Ratu, Ninis optimis jika dalam kurun waktu dua tahun kedepan Mustika Ratu dapat merebut pasar kosmetik di Indonesia. “Dengan Beatuy Queen Series kami optimis bisa merebut pasar kosmetik dalam waktu 2 tahun,” tutupnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan begitu, bukan tak mungkin jika predikat Brand Champions melekat pada brand yang berdiri sejak tahun 1975 ini.

 

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Tips Sukses Menghadapi Konsumen dari Kalangan Gen Z

Ini Tips Sukses Menghadapi Konsumen dari Kalangan Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, dikenal sebagai generasi yan...


iQOO Luncurkan Ponsel Mid-range Performa Tinggi Z9 dan Z9X

iQOO Luncurkan Ponsel Mid-range Performa Tinggi Z9 dan Z9X
INFOBRAND.ID, JAKARTA - brand ponsel iQOO, meluncurkan produk terbaru mereka di Indonesia yakni iQOO Z9 dan iQOO Z9X sebagai ponsel pintar "mid-r...


Bersama BCA Digital, Garuda Indonesia Beri Kemudahan Layanan Penerbangan

Bersama BCA Digital, Garuda Indonesia Beri Kemudahan Layanan Penerbangan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BCA Digital bekerja sama dengan Garuda Indonesia meluncurkan kartu debit co-branding untuk mempermudah nasabah dalam melakukan...


Resmi Diluncurkan, HUAWEI WATCH FIT 3 Boyong Segudang Fitur Canggih

Resmi Diluncurkan, HUAWEI WATCH FIT 3 Boyong Segudang Fitur Canggih
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Huawei Device Indonesia resmi meluncurkan HUAWEI WATCH FIT 3 yang didukung dengan beragam fitur canggih demi mendukung kegiata...