INFOBRAND.ID-Brand yang memasuki usia 22 tahun ini, terus menjaga inovasi agar mereka bisa terus diminati konsumen. Di bawah PT Gondowangi Tradisional Kosmetika ini, awalnya peruaahaan ini memasarkan produk shampo.
Napak tilas brand Natur yang bermula dari kesuksesan bisnis budidaya rumput laut dan diekspor ke Perancis sebagai bahan kosmetik. Kemudian sang founder Liem Soedarno memutuskan memasuki bisnis personal care. Berawal dari tahun 2000 memasarkan produk Natur shampo setelah itu mengeluarkan serangkaian produk perawatan rambut seperti; kondisioner, masker rambut, tonik rambut hingga vitamin rambut.
“Natur terus berinovasi melalui produk-produknya untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Seiring berjalannya perjalanan bisnis, Natur mendengar dan melihat bahwa saat ini masyarakat Indonesia menyadari pentingnya memiliki kulit yang sehat serta tren perawatan kulit menggunakan bahan alami yang dibutuhkan oleh konsumen,” ucap Maretiana Lim, Head of Marketing Natur.
Menurut Maretiana proses pembuatan produk ini tak lepas dari riset PT Gondowangi dan campur tangan dari sang founder Liem Soedarno yang melakukan riset. Ia melihat saat itu nelayan penghasil rumput laut yang terkena air laut terus-terusan, lalu ia melakukan riset tersebut.
“Ia kemudian terus melakukan riset lagi untuk memperindah rambut, dari situlah melakukan bahan-bahan ekstrak dan dicampur rumput laut sehingga menghasilkan rambut sehat,” ujarnya.
Disinggung mengenai Respon produknya pasar diluar negeri Gondowangi, sudah ada di beberapa negara, bahkan Arab Saudi pun produk Natur sudah ada disana hal ini tentu saja sangat di respon sangat baik di berbagai negara.
“Sebagai contoh di Amerika Serikat pernah menghubungi Natur, mereka cocok dengan semua varian produk yang ada di Natur, hingga tren di luar negeri produk Natur penjualan nya meningkat drastis mengingat produk kami menggunakan bahan alami,” bebernya.
Namun Gondowangi tak gelisah melihat produk saat ini yang mengincar pasar segm3en anak muda atau Milenial. Ia pun memiliki jurus mutakhir untuk menggaet pasar milenial. Meski produknya dikenal oleh kalangan orangtua, Natur pun tak lantas berdiam diri, ia pun meluncurkan produk kondisioner, masker rambut, tonik rambut hingga vitamin rambut dengan aroma yang menarik untuk kalangan milenial.
“Selagi konsumen mengkoreksi dengan produk kita, maka Gondowangi akan menampung semua yang ada, terlebih lagi untuk kalangan Gen Z, kita tau saat ini anak remaja aware dengan produk hairstylish seperti vitamin rambut sehingga penampilan dan Kesehatan rambut juga menjadi kebutuhan saat ini, ”jelas Maretiana.
Produk Natur sangat mudah dijumpai di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee, BliBli, Selain itu Natur juga hadir di Tiktok Shop, di Tiktok shop produk Natur pun ada berbagai diskon yang di tawarkan untuk customer tercinta.
Treatment yang ada di Natur terbagi menjadi 2 kategori. Pertama Treatment Basic yang meliputi Hair tonic, kemudian yang kedua yaitu Advance treatment seperti Hair Vitamin, Hairmask. Selain itu Natur juga menghadirkan kemasan sachet memudahkan untuk customer yang sering travelling dengan kemasan sachet agar memudahkan customer dengan mobilitas tinggi.
“Sebelumnya kami berterimakasih yang sudah menggunakan produk Natur, saya juga mengingatkan untuk pria dan Wanita pastikan rambut kita sehat, sayangi rambut kalian yang perlu disayang, dan jangan sayang uang untuk merawat rambut. Gondowangi memberikan produk yang terbaik untuk konsumen dengan menggunakan ekstrak alami, kedepan kami akan selalu berinovasi untuk customer,” tutupnya.