Selasa, 23 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Omzet Penjualan Ritel SMEXPO 2023 Naik 293 Persen

Posted by: 629 viewer

Omzet Penjualan Ritel SMEXPO 2023 Naik 293 Persen
SMEXPO 2023/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyebut pameran Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2023 mencatat nilai transaksi ritel mencapai Rp1,3 miliar atau naik 293 persen dibanding ajang yang sama 2022 sebesar Rp450 juta.

Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Erry Widiastono mengatakan gelaran Pertamina SMEXPO 2023 bertujuan mendorong UMKM binaan untuk melangkah ke kancah internasional. Melalui SMEXPO, UMKM meningkatkan percaya diri mereka, sejalan dengan kemampuan dan keahlian UMKM dalam membaca tren pasar sekaligus berinovasi yang berorientasi pada kebutuhan pasar.

"Pertamina SMEXPO 2023 tidak hanya sekedar pameran produk UMKM, juga sebagai wadah pembinaan yang disiapkan Pertamina bagi pelaku UMKM yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan keahlian UMKM dalam membaca tren pasar," kata dia dalam keterangannya dikutip, Selasa (7/11/2023).

IKLAN INFOBRAND.ID

Erry mengatakan omset penjualan selama enam hari kegiatan Pertamina SMEXPO 2023 tersebut mencapai target, yakni sebesar Rp1,3 miliar dari pembeli ritel serta sebanyak Rp13 miliar dari potensial transaksi konsumen bisnis dari dalam dan luar negeri yang akan memesan dalam jumlah banyak.

Pertamina menyebut pembeli dari sektor bisnis itu terwujud dari kegiatan business matching atau temu bisnis, yang disediakan oleh Pertamina sebagai rangkaian dari acara Pertamina SMEXPO 2023.

Temu bisnis tersebut berhasil mempertemukan pembeli potensial, termasuk pengusaha hotel, restoran, kafe hingga korporasi, di antaranya Kadin dan pengusaha Indonesia dari berbagai wilayah serta pebisnis Malaysia, China, Korea hingga Amerika Serikat.

Pertamina meyakini maraknya konsumen asing tersebut mencerminkan harapan Pertamina dalam mengembangkan UMKM binaan ke kancah global, sejalan dengan tema Pertamina SMEXPO 2023, yaitu "Melangkah dari Lokal ke Global".

Di sela penutupan SMEXPO 2023 di Jakarta, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) juga memberikan penghargaan atas komitmen Pertamina dalam memberikan pelatihan para penyandang disabilitas yang berkarya melalui UMKM.

IKLAN INFOBRAND.ID

Penghargaan tersebut diberikan oleh Triyono, perwakilan MURI kepada Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Erry Widiastono.

"Kami dari MURI memberikan piagam kepada Pertamina atas komitmen yang telah memberikan pelatihan inklusi dan disabilitas. Ini bukan hanya meningkatkan softskill, namun mampu memberikan pasar atau peluang bagi pelaku UMKM disabilitas untuk menuju ke pasar global," jelasnya.

Sementara, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan pada 2022 hingga 2023 Pertamina telah memberikan pemberdayaan kepada lebih dari 500 difabel. Beberapa di antaranya sudah mampu mandiri dan terserap oleh masing-masing industri, seiring dengan berkembangnya sektor UMKM tersebut.

Sementara itu, komunitas disabilitas atau Sobat Istimewa Pertamina tahun ini terlibat pada SMEXPO 2023 melalui enam UMKM binaan, yaitu Kresna Patra, Safina Quilt, Merajut Asa Kita, Rumah Jahit Lestari, Mutiara Handycraft, dan Batik Sasambo.

"Pembinaan UMKM ini menjadi upaya Pertamina dalam mendorong kemandirian masyarakat dan pertumbuhan ekonomi, termasuk bagi komunitas difabel untuk makin percaya diri, berdaya guna, dan mandiri," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka

Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pameran dagang internasional tahunan untuk industri makanan dan minuman, perhotelan dan pariwisata paling komperhensif di Indo...


Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM

Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Global CEO Indonesia dan Jawa Pos sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung perkembangan olah r...


Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital

Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital
INFOBRAND.ID - Aplikasi digital dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis secara lebih efisien. Astra Financial melalui sejumlah pr...


Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta

Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menghadirkan budi daya melon hidroponik lewat pembangunan green house (ru...