Ahad, 29 Januari 2023

Follow us:

infobrand

infobrand

PLN Terapkan Human Experience Management Systems

Posted by: 24-01-2023 11:29 WIB 115 viewer

PLN Terapkan Human Experience Management Systems
ilustrasi PLN

INFOBRAND.ID-PLN saat ini melayani sekitar 79 juta pelanggan dan memiliki 54 ribu pegawai. Sebagai perusahaan milik negara bidang kelistrikan, PLN telah mencapai rasio elektrifikasi 98,89%, dan hingga saat ini mempunyai total aset senilai US$ 100 miliar. Dedi Budi Utomo, Executive Vice President Human Talent Development PLN, mengatakan bahwa dengan posisi ini, PLN masih berpotensi mengembangkan lagi value yang signifikan.

Sebagai upaya memaksimalkan potensi itu, dan demi mencapai visi menjadi pilihan pelanggan nomor satu dalam solusi energi, PLN pada tahun 2020 mencanangkan transformasi organisasi yang memberikan perhatian penuh pada proses pengelolaan pelanggan (customer focus).

“PLN bertransformasi dari supply-driven organization ke demand-driven organization,” ujar Dedi dalam ajang Creating Leaders from Within 2022. Transformasi ini, katanya, menyentuh juga area human capital (HC). Pengelolaan HC berubah menjadi konsep Human Experience Management Systems (HEMS).

IKLAN INFOBRAND.ID

Intinya, pengelolaan berfokus pada pengalaman yang bermakna dari tiap pegawai secara personal, dengan cara perusahaan menyediakan teknologi untuk mengoptimalkan pegawai sehingga bisa berkontribusi maksimal kepada perusahaan. “Jadi, di sisi pelanggan, kami ingin memberikan customer experience, sedangkan dari sisi pegawai pun kami memberikan HEMS,” Dedi menjelaskan.

Hal itu, lanjutnya, dituangkan dalam blueprint pengelolaan HC, yang terdiri dari 4R, yaitu Right Size, tentang menciptakan infrastruktur fondasi; Right Skill, terkait penyiapan sistem, kompetensi, dan kapabilitas; Right Spend, tentang sistem pendukung yang efektif dalam proses operasi HC dan services; serta Right System, sebagai hubungan dari integrasi sistem dan layanan HC. Cetak biru ini, kata Dedi, menjadi pedoman dalam menumbuhkan pemimpin dari dalam melalui berbagai program pengembangan talenta.

Pada Leadership Development Program, PLN mengawalinya dengan talent acquisition, kemudian diproses lewat talent classificationandmonitoring secara berjenjang, mulai dari level paling rendah (BOD-4) sampai BOD-1. “Kami assess kinerja dan portofolionya, kemudian dimasukkan ke talenta-talenta yang ada di tiap-tiap jenjang tersebut, dan kami juga membuat Talent Committee Meeting,” Dedi menerangkan.

Kemudian, pada program pengembangan talenta, mereka menggunakan konsep 10:20:70 dengan membuatkan sejumlah program, baik formal maupun informal, yang selanjutnya diselaraskan dengan talent mobility, yang terdiri dari promosi, rotasi, dan cross directorate. Program ini disambungkan juga dengan program talent retain.

Dedi mengatakan, semua proses tersebut dimonitor dalam sistem informasi berbasis SAP yang diintegrasikan dengan aplikasi bernama Human Asset Value Information System (HAVIS). “Ini yang sedang terus kami sempurnakan menuju SAP success factor yang nantinya akan berbasis Cloud,” ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemudian, pada Leadership Program, menurut Dedi, ada tiga hal yang dilakukan. Pertama, program on-boarding yang ditujukan kepada para pemimpin yang baru saja dipromosikan. Dalam hal ini, digali hal-hal yang menyasar pada kompetensi sekunder.

Kedua, equipping, yaitu mengembangkan talenta untuk menutup gap competency dengan menguatkan kompetensi yang disesuaikan dengan tren bisnis yang cocok dengan kebutuhan organisasi. Ketiga, fostering, program yang menyasar kompetensi peran primer, bertujuan mengembangkan talenta agar siap menduduki jabatan di atasnya.

Proses mendesain program development ini, kata Dedi, diawali dari proses assessment, dilanjutkan ke Individual Development Plan yang berjenjang dari fase pertama, fase kedua, dan seterusnya. Kemudian, talenta akan terus di-review dalam check point hingga ujungnya setelah enam bulan akan ada program graduation, yang artinya telah lulus dan siap mendapatkan penugasan terkait talent mobility.

Selanjutnya, untuk mempersiapkan level BOD, PLN memiliki Future Level Program. Program pengembangannya antara lain Directorship Program, 6 Session Individual Executive Coach, International Benchmark, dan Individual Development Program. Adapun saat ini, ungkap Dedi, dari sembilan BOD di PLN holding, tujuh orang merupakan alumni program Executive Education.

Dengan segala proses dan program pengembangan yang digelar secara terstruktur dan terkontrol itu, PLN juga telah mengantongi 31 nominated talent, delapan orang di antaranya telah diangkat menjadi direktur subholding PLN, dan 16,67%-nya perempuan. “Adapun young leader (40 tahun ke bawah) saat ini ada sekitar 800 orang yang siap menduduki jabatan-jabatan strategis di PLN,” ungkap Dedi.


PLN

Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mengintip Bisnis Ramen Ala Keanu Angelo, Enak Dimakan

Mengintip Bisnis Ramen Ala Keanu Angelo, Enak Dimakan "Rame-Rame"
INFOBRAND.ID - Ramen, makanan khas Jepang semakin diminati masyarakat Indonesia. Memenuhi penikmatnya yang makin banyak, menginspirasi selebgram dan j...


Indofood Hadirkan Raisa Live in Concert di GBK

Indofood Hadirkan Raisa Live in Concert di GBK
INFOBRAND.ID-Konser tunggal Raisa Andriana bertajuk Indofood Presents: Raisa Live in Concert Stadion Utama Gelora Bung Karno akan segera digelar. Dise...


Cari Earphone Mumpuni? Baseus True Wireless Bluetooth TWS WM02 Boleh Jadi Jawabannya

Cari Earphone Mumpuni? Baseus True Wireless Bluetooth TWS WM02 Boleh Jadi Jawabannya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Buat kamu yang sedang mencari earphone, TWS WM02 yang imut dan lucu dengan case yang transparan ini memiliki desain earbud yan...


Strategi Avian Pakai Yuan, Antisipasi Fluktuasi Dolar AS

Strategi Avian Pakai Yuan, Antisipasi Fluktuasi Dolar AS
INFOBRAND.ID- Fluktuasi dolar AS disebut berdampak pada penurunan penjualan emiten cat milik Hermanto tanoko, PT Avia Avian Tbk. (AVIA) sebesar 1,2 pe...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index Index Konsultan Internet Marketing - IMFocus