Senin, 03 Oktober 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Smesco Indonesia Siapkan Fasilitas Cloud Kitchen dengan Teknologi Retort

Posted by: 09-09-2022 14:17 WIB 200 viewer

Smesco Indonesia Siapkan Fasilitas Cloud Kitchen dengan Teknologi Retort
Smesco Indonesia Siapkan Fasilitas Cloud Kitchen dengan Teknologi Retort

JAKARTA, INFOBRAND.ID- Smesco Indonesia menyiapkan fasilitas cloud kitchen atau dapur bersama dengan teknologi retort di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta Selatan. Teknologi retort merupakan teknologi sterilisasi modern bisa membuat makanan tahan hingga bertahun-tahun di suhu ruangan tanpa perlu disimpan di lemari pendingin.

Hal ini juga dimaksudkan untuk mengatasi kendala teknis yang dimiliki oleh UMKM dalam memenuhi standarisasi yang dibutuhkan BPOM.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, UMKM di Indonesia didominasi oleh bisnis food and beverage. Ia menegaskan, fasilitas cloud kitchen masih dalam tahap pembangunan.

"Membangun cloud kitchen, dapur bersama dengan teknologi retort yang nantinya UMKM-UMKM datang ke Smesco untuk maklon di mana fasilitasnya itu sudah kita desain dan rancang kerjasama dan atas anjuran dan arahan dari BPOM," kata Leo.

Ia berharap fasilitas cloud kitchen bisa menangani kendala-kendala teknis yang biasa dialami pelaku UMKM terutama mikro dan kecil. Adapun standar-standar yang ditetapkan oleh BPOM akan hadir di fasilitas cloud kitchen.

 "Nantinya (fasilitas cloud kitchen) bisa menjadi benchmark untuk kita kembangkan di daerah-daerah lain. Dan produk-produk ini yang sudah berstandar, kita masukkan langsung di fulfilment dan dijual di sistem reseller kita," ujar Leo.

Pelaksana Tugas Sekretaris Utama BPOM, Rita Endang, menegaskan, pihaknya mendukung penuh inovasi Smesco Indonesia dalam membangun Rumah Produksi Bersama bagi UMKM.

"Inovasi ini diharapkan menjadi suatu solusi bagi UMKM," ucap Rita.

Namun, Rita mengingatkan, sebelum membangun suatu Rumah Produksi Bersama, ada beberapa aspek yang harus dilihat. Mulai dari manajemennya, sarana yang ada, alat-alatnya, hingga aspek penyimpanannya.

"Ada 68 item yang harus diperhatikan, dan ini juga sudah kami mulai. Sehingga, nantinya UMKM mempunyai sebuah lahan berusaha. BPOM sangat mendukung hal ini," ucap Rita.

Rita menyebutkan, berbagai upaya dilakukan BPOM, mulai dari pendampingan usaha kecil dari memiliki orangtua angkat, sudah dilakukan.

"Kemudian, ekosistem yang kami bangun dari mulai kemudahan perizinan atau di pre market-nya untuk memperoleh izin edar dari BPOM," kata Rita.

Tak ketinggalan juga, UMKM bakal memperoleh cara produksi pangan olahan dan juga bagaimana selanjutnya ketika berproduksi harus diawasi.

"Itu dikenal dengan post market. Ini juga kami lakukan pengawasan. Poin penting lainnya adalah ketika nanti kita mendampingi para UMKM untuk ekspor," katanya.

Pada akhirnya akan memperoleh konsep bagaimana produk-produk UMKM (pangan, obat tradisional, kosmetik) ini betul-betul produk yang aman, bermutu untuk pangan, dan bergizi. "Saya berharap, perjanjian kerjasama ini dapat kita laksanakan dalam bentuk yang konkrit dukungan BPOM bagi UMKM binaan Smesco Indonesia," ucap Rita.

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Panorama Media Kembali Hadirkan Indonesia Comic Con 2022

Panorama Media Kembali Hadirkan Indonesia Comic Con 2022
JAKARTA, INFOBRAND.ID-Indonesia Comic Con adalah acara tahunan selebrasi budaya pop culture yang menyatukan dan memberikan pengalaman orisinal da...


Lebih Dari 300 Merek akan Berpartisipasi di Pameran “IECIE Jakarta Vape Show”

Lebih Dari 300 Merek akan Berpartisipasi di Pameran “IECIE Jakarta Vape Show”
INFOBRAND.ID- Platform pameran di industri vaping global, IECIE, akan menggelar tur global “IECIE Jakarta Vape Show”, di Jakarta Internati...


Sinergi BNI dan BKPM Dorong Pelaku UMKM Miliki NIB

Sinergi BNI dan BKPM Dorong Pelaku UMKM Miliki NIB
INFOBRAND.ID-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI bersinergi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengadakan sosialisasi dan bim...


Dorong UMKM “Naik Kelas” Melalui Program “Indonesia Mencari Founders”

Dorong UMKM “Naik Kelas” Melalui Program “Indonesia Mencari Founders”
INFOBRAND.ID-Data Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2021 menyebutkan bahwa 61% dari peningkatan ekonomi dan Produk Domestik Bruto (PDB) disumban...