Rabu, 27 Mei 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Sustainability Brand in Growth Era

Posted by: 01-10-2019 16:51 WIB 593 viewer

Sustainability Brand in Growth Era
Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus founder INFOBRAND GROUP, Tri Raharjo

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Berbicara soal brand, khususnya yang bermodel franchise, kemitraan, dan lisensi tidak lepas dari kemampuan bisnis tersebut dalam menghasilkan keuntungan. Tolak ukurnya sangat jelas. Bisnis yang paling diminati adalah bisnis yang paling berhasil dan bisa mendatangkan rupiah.

Berangkat dari hal tersebut, franchisor dan franchisee kemudian bersinergi dalam upaya mewujudkan kemajuan Bersama yang memang ditawarkan pola bisnis franchise, kemitraan, dan lisensi.

Bagaimana tidak, konsep kolaborasi bisnis franchisor plus franchisee ini dikenal sebagai model bisnis paling sukses sepanjang sejarah yang pernah ditemukan manusia. Tengok saja berapa banyak gerai restoran cepat saji seperti Mc Donalds, KFC, Pizza Hut yang bisa kita temui di seluruh dunia. Belum lagi dengan produsen kopi kenamaan asal Amerika Serikat, Starbucks, yang sukses menjadi pelopor gerai kopi modern di seantero bumi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kesuksesan brand-brand tersebut tidak lepas dari pemahaman hakiki para pelaku usaha yang terikat di dalamnya untuk menjalankan pola franchise, kemitraan, dan lisensi secara paripurna. Jika sudah demikian, maka impian soal kesuksesan bukan lagi perkara sulit.

Pertanyaan kemudian timbul, bagaimana cara untuk menciptakan dan memilih brand yang tepat agar mendulang kesuksesan serupa. Jawabannya sederhana. Bisnis yang baik berarti bisnis yang memiliki kemampuan dalam menjalankan dan mempertahankan ekosistem usahanya. Dalam dialek Inggris, kemampuan berkesinambungan bisnis lebih jamak disebut sustainability.

Ya, sustainability menjadi salah satu faktor kunci yang memegang peranan penting dalam kegiatan berbisnis. Para franchisor dituntut untuk bisa menghadirkan konsep usaha berkelanjutan serta memiliki keunikan, support kepada kepada para franchisee melalui. Pada tahap ini, franchisor harus memastikan bahwa dirinya sudah paham betul dengan segala dinamika dan masa trial-error sebelum melangkah pada pengembangan jaringan bisnisnya.

Langkah penting selanjutnya adalah kecermatan memilih calon franchisee merupakan langkah awal keberhasilan dari bisnis itu sendiri.

Disisi lain, franchisee juga harus jeli dalam menganalisa setiap proposal usaha yang diterima. Jangan pernah mengambil langkah strategis hanya berdasarkan iming-iming profit semata. Kembali lagi, sustainability sebuah usaha menjadi key factor dalam keberlanjutan bisnis. Itu menjadi tolak ukur yang harus diperhitungkan secara matang kala meminang sebuah usaha.

Jika dinilai sudah mantab dengan pilihan tersebut maka saatnya mewujudkan passion dalam mengelola bisnis. Perlu diketahui, model bisnis franchise, kemitraan, dan lisensi bukan merupakan sebuah sistem yang auto-pilot. Untuk itu, perlu adanya upaya sinergi dan kerja keras dari setiap pelaku yang terkait didalamnya untuk memajukan usaha ini bersama-sama.

Franchisor wajib memberikan pendampingan kepada franchisee terkait pengembangan usaha. Pun demikian dengan Franchisee. Mereka dituntut untuk mengikuti dan 'nurut' terhadap setiap Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disepakati dalam kontrak kerjasama.

Jika masing-masing pihak telah memiliki arah jalan yang seirama, maka kerjasama franchisor dan franchisee akan menghasilkan sebuah kerjasama positif yang siap menghadirkan cuan yang diharapkan.

Sebuah usaha yang baik adalah usaha yang dijalankan secara total sepenuh hati dalam menjalankannya. Jadi, saya mengajak Anda, para calon franchisee untuk ambil bagian dari perkembangan bisnis franchise, kemitraan, dan lisensi di negeri ini. []


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online

Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online
Terjadinya penurunan penjualan drastis di semua pelaku bisnis saat ini, membuat pengusaha khawatir dan gusar akan masa depan bisnisnya, ketakutan akan...


Pandemi Covid-19 : Masihkah Konsumen Setia pada Merek?

Pandemi Covid-19 : Masihkah Konsumen Setia pada Merek?
Kesetiaan merek adalah sikap konsumen dalam memilih dan membeli merek produk tertentu yang disenangi serta konsisten terhadap merek tersebut dibanding...


Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal

Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dampak dari wabah covid-19 secara mendalam akan membentuk stay @ home lifestyle yang bakal menjadi kenormalan baru atau...


Dampak Virus Corona, Pelaku Bisnis Dipaksa Go Digital

Dampak Virus Corona, Pelaku Bisnis Dipaksa Go Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Ketidakpastian kapan wabah virus corona atau covid-19 akan berakhir membuat para pelaku bisnis banyak yang beralih ke ra...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index