Bermula dari misi sederhana PT Softex Indonesia lahir di tahun 1974 ingin menjadi bagian dari keluarga Indonesia dan apa saja kebutuhan sehari-hari keluarga Indonesia. Salah satunya mengamati keseharian bayi dalam keluarga yang membutuhkan kenyamanan tidurnya. Muncul ide memproduksi Sweety Baby Diaper. Sweety diluncurkan tahun 2003 dan merupakan salah satu leader di kategori baby diaper. Sweety berhasil menjadi brand yang mempunyai growth paling tinggi di kategorinya dalam 2 tahun terakhir.
Dalam membangun brand, PT Softex Indonesia selalu berinovasi & menghasilkan produk berkualitas. “Saat ini Sweety memiliki variasi yang dapat memenuhi kebutuhan semua konsumen: Sweety Gold, Sweety Silver dan Sweety Bronze yang masing-masing memiliki dua tipe yaitu Celana (Pants) dan Perekat (Comfort),” jelas Wenny Damayanti, Head of Marketing Baby Care PT Softex Indonesia.
Sweety terus mengedukasi semua keunggulan produk-produknya dan memberikan wadah aktifitas untuk konsumen melalui berbagai medium baik Above The Line (ATL), Below The Line (BTL) maupun Digital. Sweety merupakan “Teman Nyaman 24Jam” para mom di Indonesia, menjaga si kecil nyaman beraktifitas di siang hari dan tidur nyaman di malam hari.
Tak pelak, prestasi demi prestasi diraih. Sebut saja penghargaan Social Media Award 2018, Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA), ICSA Awards, Mother&Baby Award 2018 (MRA Group), dan Best Omni Channel Marketing 2018 (by Lazada).
Kini Sweety menjangkau 25 juta dari 63.4 juta rumah tangga Indonesia di tahun 2018 (source: nielsen homepanel 2018). “Rekor baru!. Kami memberikan produk terbaik untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik, selalu mendorong inovasi dan memegang teguh standar tinggi dalam pembuatan dan penggunaan produk Sweety,”papar Wenny.
Setiap produk yang dilahirkan Sweety selalu memberikan prestasi yang baik. Lahirnya Sweety Gold misalnya, merupakan kategeri baby diaper premium yang meningkatkan image Sweety secara menyeluruh. Demikian halnya dengan penetrasi Sweety Silver dan Sweety Bronze yang ikut mendongkrak penjualan dan menambah pilihan bagi para moms di Indonesia.
Sweety selalu mengamati kebiasaan & kebutuhan konsumen pada setiap segmennya. Setiap produk launch selalu disertai dengan strategi distribusi, channeling, price positioning yg tepat dan menjalankan 360 campaign untuk menjadikan Sweety pilihan utama mom di setiap segmennya.
Adapun aktifitas pemasaran Sweety, menurut Wenny semua ditentukan dari seberapa besar efektifitas terhadap tujuan marketing saat ini. Jika awareness tujuannya, tentu porsi ATL bisa mendapat porsi lebih besar dibanding dengan porsi BTL yang digunakan untuk mendorong trial & engagement, dan demikian juga sebaliknya.
New product launch menjadi source of growth untuk brand Sweety. “Kebutuhan konsumen yang niche & specific menjadi motivasi kami untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas dari Sweety,” ujar Wenny dan terbukti, sejak tahun 2015, Sweety secara konsisten bertumbuh diatas rata-rata kategori dan menjadi top 2 brand yang diperhitungkan di kategori popok bayi di Indonesia.
Diakui Wenny, saat ini Sweety sedang membangun brand di pasar ekspor. Challenge untuk pasar ekspor adalah tipe konsumen dan customer yang berbeda dengan pasar Indonesia. Kolaborasi dengan distributor negara setempat sangat diperlukan agar mempercepat proses pengenalan konsumen dan customer sebelum melaksanakan aktifitas marketing.-Adv