Penetrasi digital benar-benar telah mengubah pendekatan terhadap berbagai hal. Sejumlah elemen kehidupan saat ini tengah mencari bentuk keseimbangan barunya dalam beraktivitas. Pun demikian dalam kegiatan berusaha.
Salah satu entitas bisnis yang mencoba bertransformasi dalam menangkal disrupsi digital adalah Gramedia. Jaringan toko buku terbesar di Indonesia itu dinilai menjadi usaha yang cukup rentan dalam era digital.
Untuk menangkal hal tersebut, brand yang berada dibawah bendera PT Gramedia Asri Media itu meluncurkan aplikasi khusus Gramedia Go di Mall Pondok Indah, Jakarta pada Senin (14/10). Melalui aplikasi tersebut, toko buku yang tergabung dalam grup Kompas itu bakal menawarkan sejumlah kemudahan bagi konsumen untuk mengakses produk yang dijual.
Operation and Tenant Management Gramedia Victorinus Sugiarto mengatakan aplikasi terbaru yang dihadirkan oleh perusahaan bermanfaat untuk memfasilitasi konsumen dalam memesan produk dan akan dikirim langsung ke rumah.
“Aplikasi ini membantu untuk memenuhi 2.000 pesanan sejak diujicobakan awal oktober 2019. Ini juga membantu kami untuk memenuhi order dari luar kota,” ujarnya seperti yang dikutip dari Tribunnews, Selasa (15/10).
Menurut dia, pemesanan paling banyak berasal dari Padang, Sumatera Barat yang mencapai ratusan permintaan.
“Di Jawa sendiri paling banyak masih dari Jakarta. Kami yakin angka ini akan terus meningkat seiring dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan,” sambungnya.
Victorinus juga menyebut, Gramedia Go berguna dalam memetakan kebutuhan produk di berbagai daerah.
“Masing-masing daerah mempunyai kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, kami dapat memilah-milah berdasarkan kebutuhan langsung dari konsumen. Terkadang ada jaringan kami yang tidak mendapatkan kuota produk atau buku. Melalui Gramedia Go ini mereka pasti akan kebagian,” tuturnya.
Untuk urusan pengiriman, bos Gramedia itu menjamin konsumen akan menerima pesanan paling lama dua hari setelah menyelesaikan proses transaksi.
Untuk diketahui, Gramedia Go memiliki dua layanan yakni Pick Up in Store dan Order From Store. Layanan Pick Up in Store adalah fitur yang memungkinkan pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui website atau aplikasi kemudian mengambil pesanan di Toko Gramedia sesuai pilihan.
Sementara Order From Store merupakan layanan dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan dan transaksi secara langsung.