Selasa, 24 Mei 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Tujuh Media Sosial Ini Paling Populer Buat Digital Marketing 

Posted by: 26-08-2021 15:14 WIB 394 viewer

Tujuh Media Sosial Ini Paling Populer Buat Digital Marketing 
Ilustrasi media sosial/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Di era digitalisasi dan pandemi seperti sekarang ini, media sosial sangat cocok untuk dijadikan salah satu tools marketing. Buktinya, banyak bisnis yang terus beralih ke digital.

Namun, seperti dikutip dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (26/8/2021), setidaknya terdapat tujuh media sosail yang paling populer digunakan baik untuk digital branding ataupun digital marketing. Berikut ulasannya. 

1. Youtube 
Predikat jumlah pengguna media sosial terbanyak dipegang oleh Youtube. Dari total 150 juta pengguna internet di Indonesia, 88 persen penggunanya menggunakan Youtube untuk memutar video, terutama video musik. 

Banyaknya jumlah pengguna Youtube di Indonesia ini tentu sangat menguntungkan bagi Youtube. Bahkan, bukan hanya bagi Youtube, para pemilik bisnis pun cukup menguntungkan karena mereka dapat mengenalkan serta mempromosikan bisnisnya.

Dengan menggunakan YouTube, seseorang bisa membuat konten video yang sesuai dengan target audiens atau target pasarnya. 


2. WhatsApp 
Hampir semua pengguna internet di Indonesia menggunakan aplikasi perpesanan instan WhatsApp. Ada sekitar 124 juta pengguna internet menggunakan WhatsApp pada perangkat mereka. Penggunanya pun beragam, mulai dari usia di bawah 15 tahun hingga 64 tahun. 

Mereka biasanya menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Pasalnya, fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi ini cukup mudah digunakan seperti chat, panggilan suara, dan juga panggilan video. 

Tak hanya untuk komunikasi antar kerabat dan kolega, kini pemilik bisnis juga bisa memanfaatkannya untuk bisnis mereka. WhatsApp telah meluncurkan platform khusus bisnis, yaitu WhatsApp Bisnis. 

Berbeda dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Bisnis punya fitur khusus yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi dan pemasaran pemilik bisnis.

3. Facebook 
Platform media sosial ini merupakan media sosial yang sangat populer di Indonesia, media sosial Facebook ini cocok sekali jadi ladang untuk mengenalkan bisnis. 

Ditambah lagi target audiens begitu banyak, tak hanya mengenalkan bisnis, Facebook juga bisa digunakan untuk meningkatkan engagement, traffic website, dan mendapatkan leads. 

4. Instagram 
Media sosaial paling populer berikutnya adalah Instagram dengan pengguna lebih dari 61 juta pengguna aktif di Indonesia. Menariknya, pengguna media sosial yang satu rumah dengan Facebook ini didominasi pengguna usia 18-24 tahun.

Di Instagram, kita bisa membuat konten menarik dengan memanfaatkan beberapa layanan, seperti Feed, Instagram Story, dan IG TV. 

Dengan layanan itu, Anda bisa membuat membuat konten untuk promosi produk, launching produk terbaru, video testimonial, hingga sesi live di Instagram Live dan juga bisa membuat video tutorial di IG TV. 


5. Twitter 
Pengguna Twitter boleh dibilang pengguna yang sangat cepat dalam merespon topik yang sedang trending. Hal itu juga terbukti dari statistik market share di Twitter Indonesia pada 2019 mengalami lonjakan menjadi 42,75 persen. 

Informasi menarik ini bisa jadi alasan mengapa kita harus mencoba Twitter Marketing. Ditambah lagi, jumlah pengguna Twitter di Indonesia menempati posisi terbanyak setelah Instagram.  

Selain itu, di Twitter, memungkinkan kita untuk mendapatkan exposure lebih tinggi. Tweet bisa muncul di timeline pengguna yang menyukai, meretweet, membalas, dan mem-promote tweet tersebut. 

6. Line
Media berbasis pesan selain WhatsApp ini juga cukup populer di Indonesia, Line mengklaim penggunanya mereka mencapai 90 juta pengguna saat ini. Menariknya 80 persennya adalah dari kalangan remaja. 

Selain itu, media sosial ini punya Line@,platform khusus untuk memudahkan pemilik bisnis menjalankan strategi marketingnya. 

Hebatnya lagi Line@ telah terintegrasi dengan kontak Line, sehingga kontak yang telah tersimpan di akun Line akan secara otomatis tersimpan di Line@. Jadi, kita tak perlu menginput satu persatu kontak untuk mengirim broadcast pesan. 


7. TikTok
Platform berbagi video singkat TikTok belakangan ini makin digemari, bahkan beberapa perusahaan saat ini menggunakan media sosaial untuk mempromosikan produk mereka.

Beberapa brand ataupun pengusaha online diketahui sudah cukup banyak yang melakukan strategi marketing lewat TikTok karena faktanya memang bisa mendatangkan banyak keuntungan. 

Pasalnya, TikTok memiliki jangkauan sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, bahkan paruh baya, semuanya tertarik menonton TikTok sebagai hiburan yang menyegarkan.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Coway Merilis Laporan Keuangan Triwulan I-2022

Coway Merilis Laporan Keuangan Triwulan I-2022
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Coway Co., Ltd., "The Best Life Solution Company", hari ini merilis laporan keuangan Triwulan I-2022. "Pertu...


Wamendag Resmikan Warung Digital di Pangkalpinang

Wamendag Resmikan Warung Digital di Pangkalpinang
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 memaksa pelaku usaha...


Perdagangan Digital Akan Tetap Menjadi Pendorong Tangguh untuk Pertumbuhan Ritel di Kuartal Kedua 2022

Perdagangan Digital Akan Tetap Menjadi Pendorong Tangguh untuk Pertumbuhan Ritel di Kuartal Kedua 2022
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Digital Commerce Confidence Index (DCCI) Lazada yang dilakukan di kuartal pertama 2022 menunjukkan bahwa penjual di Asia Tengg...


Kuartal Pertama 2022 : Telkom Bukukan Pendapatan Konsolidasi Rp35,2 Triliun

Kuartal Pertama 2022 : Telkom Bukukan Pendapatan Konsolidasi Rp35,2 Triliun
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mengawali tiga bulan pertama 2022, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatat kinerja yang terus tumbuh. Perseroan me...