Rabu, 29 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tujuh Media Sosial Ini Paling Populer Buat Digital Marketing 

Posted by: 1453 viewer

Tujuh Media Sosial Ini Paling Populer Buat Digital Marketing 
Ilustrasi media sosial/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Di era digitalisasi dan pandemi seperti sekarang ini, media sosial sangat cocok untuk dijadikan salah satu tools marketing. Buktinya, banyak bisnis yang terus beralih ke digital.

Namun, seperti dikutip dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (26/8/2021), setidaknya terdapat tujuh media sosail yang paling populer digunakan baik untuk digital branding ataupun digital marketing. Berikut ulasannya. 

1. Youtube 
Predikat jumlah pengguna media sosial terbanyak dipegang oleh Youtube. Dari total 150 juta pengguna internet di Indonesia, 88 persen penggunanya menggunakan Youtube untuk memutar video, terutama video musik. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Banyaknya jumlah pengguna Youtube di Indonesia ini tentu sangat menguntungkan bagi Youtube. Bahkan, bukan hanya bagi Youtube, para pemilik bisnis pun cukup menguntungkan karena mereka dapat mengenalkan serta mempromosikan bisnisnya.

Dengan menggunakan YouTube, seseorang bisa membuat konten video yang sesuai dengan target audiens atau target pasarnya. 


2. WhatsApp 
Hampir semua pengguna internet di Indonesia menggunakan aplikasi perpesanan instan WhatsApp. Ada sekitar 124 juta pengguna internet menggunakan WhatsApp pada perangkat mereka. Penggunanya pun beragam, mulai dari usia di bawah 15 tahun hingga 64 tahun. 

Mereka biasanya menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Pasalnya, fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi ini cukup mudah digunakan seperti chat, panggilan suara, dan juga panggilan video. 

Tak hanya untuk komunikasi antar kerabat dan kolega, kini pemilik bisnis juga bisa memanfaatkannya untuk bisnis mereka. WhatsApp telah meluncurkan platform khusus bisnis, yaitu WhatsApp Bisnis. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Berbeda dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Bisnis punya fitur khusus yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi dan pemasaran pemilik bisnis.

3. Facebook 
Platform media sosial ini merupakan media sosial yang sangat populer di Indonesia, media sosial Facebook ini cocok sekali jadi ladang untuk mengenalkan bisnis. 

Ditambah lagi target audiens begitu banyak, tak hanya mengenalkan bisnis, Facebook juga bisa digunakan untuk meningkatkan engagement, traffic website, dan mendapatkan leads. 

4. Instagram 
Media sosaial paling populer berikutnya adalah Instagram dengan pengguna lebih dari 61 juta pengguna aktif di Indonesia. Menariknya, pengguna media sosial yang satu rumah dengan Facebook ini didominasi pengguna usia 18-24 tahun.

Di Instagram, kita bisa membuat konten menarik dengan memanfaatkan beberapa layanan, seperti Feed, Instagram Story, dan IG TV. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan layanan itu, Anda bisa membuat membuat konten untuk promosi produk, launching produk terbaru, video testimonial, hingga sesi live di Instagram Live dan juga bisa membuat video tutorial di IG TV. 


5. Twitter 
Pengguna Twitter boleh dibilang pengguna yang sangat cepat dalam merespon topik yang sedang trending. Hal itu juga terbukti dari statistik market share di Twitter Indonesia pada 2019 mengalami lonjakan menjadi 42,75 persen. 

Informasi menarik ini bisa jadi alasan mengapa kita harus mencoba Twitter Marketing. Ditambah lagi, jumlah pengguna Twitter di Indonesia menempati posisi terbanyak setelah Instagram.  

Selain itu, di Twitter, memungkinkan kita untuk mendapatkan exposure lebih tinggi. Tweet bisa muncul di timeline pengguna yang menyukai, meretweet, membalas, dan mem-promote tweet tersebut. 

6. Line
Media berbasis pesan selain WhatsApp ini juga cukup populer di Indonesia, Line mengklaim penggunanya mereka mencapai 90 juta pengguna saat ini. Menariknya 80 persennya adalah dari kalangan remaja. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, media sosial ini punya Line@,platform khusus untuk memudahkan pemilik bisnis menjalankan strategi marketingnya. 

Hebatnya lagi Line@ telah terintegrasi dengan kontak Line, sehingga kontak yang telah tersimpan di akun Line akan secara otomatis tersimpan di Line@. Jadi, kita tak perlu menginput satu persatu kontak untuk mengirim broadcast pesan. 


7. TikTok
Platform berbagi video singkat TikTok belakangan ini makin digemari, bahkan beberapa perusahaan saat ini menggunakan media sosaial untuk mempromosikan produk mereka.

Beberapa brand ataupun pengusaha online diketahui sudah cukup banyak yang melakukan strategi marketing lewat TikTok karena faktanya memang bisa mendatangkan banyak keuntungan. 

Pasalnya, TikTok memiliki jangkauan sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, bahkan paruh baya, semuanya tertarik menonton TikTok sebagai hiburan yang menyegarkan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hasil Studi Herbathos: Anak Muda Apresiasi Jamu sebagai Gaya Hidup Alami

Hasil Studi Herbathos: Anak Muda Apresiasi Jamu sebagai Gaya Hidup Alami
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan jamu PT Herbathos untuk Indonesia merilis studi yang menunjukkan bahwa kalangan muda mengapresiasi jamu sebagai war...


4 Model Suzuki Ini Raih Penghargaan Otomotif Award 2024

4 Model Suzuki Ini Raih Penghargaan Otomotif Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru-baru ini berhasil meraih penghargaan dalam ajang OTOMOTIF Award 2024 untuk empat model mo...


Oppo Luncurkan Find N3 Edisi Spesial Liga Champions

Oppo Luncurkan Find N3 Edisi Spesial Liga Champions
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel Oppo, baru-baru ini menghadirkan ponsel lipat Find N3 edisi Liga Champions yang merupakan kolaborasi dengan UEFA...


Duta Besar dan Forum Anak Sampaikan Pesan Perdamaian, Persatuan, dan Pelestarian Lingkungan pada BPF 2024

Duta Besar dan Forum Anak Sampaikan Pesan Perdamaian, Persatuan, dan Pelestarian Lingkungan pada BPF 2024
INFOBRAND.ID-Edisi ketiga Borobudur Peace & Prosperity Festival (BPF), yaitu BPF 2024, telah sukses diselenggarakan pada periode Perayaan Waisak a...