Posted by: Agus Aryanto 29-07-2022 12:37 WIB 511 viewer
INFOBRAND.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan upaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat setelah Pandemi adalah melalui produk UMKM kreatif. Menurutnya, UMKM kuliner yang lebih mudah dan cepat mengembangkan usahanya. Untuk itu, UMKM kuliner perlu didukung agar kembali memberikan kontribusi, seperti tahun 2020 telah menyumbang 41% terhadap PDB ekonomi kreatif.
Menurut Menparekraf, selama pandemi, usaha kuliner terbukti dapat bertahan bahkan bisa berkembang, mampu menggerakkan perekonomian bahkan menyerap tenaga kerja paling banyak. Menteri pun secara khusus mengapresiasi ajang penghargaan “eKuliner Awards 2022” sebagai upaya #PulihBersama mengembalikan semangat pelaku UMKM di Indonesia untuk masuk ke dunia digital dalam memasarkan produknya. Dia berharap dari acara ini akan lahir para juara produk UMKM kreatif dan kuliner kita yang bisa mendunia sehingga dapat menjadi lokomotif pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi.
“Ujungnya adalah pemberdayaan masyarakat dan UMKM, yang dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya demi kebangkitan ekonomi nasional,” ujar Sandiaga Uno.
Sejak eKuliner Awards 2021, Paxel melihat peningkatan pertumbuhan UMKM yang positif. Hal ini diharapkan dapat mendorong program Indonesia Spice Up The World yang digaungkan oleh Pemerintah.
Zaldy selaku Co-founder Paxel mengugkap, dalam ekosistem Paxel sendiri setidaknya ada kenaikan jumlah pelaku usaha kuliner sebesar 30% sejak 2021. Angka ini juga diikuti dengan penyerapan tenaga kerja dari sisi UMKM Kuliner sebesar 6 juta pekerja. Hal ini sejalan dengan harapan Pemerintah yang mendorong UMKM go digital, guna meraih omzet yang semakin berlipat.
Melalui teknologi dan logistik, Paxel telah mewujudkan mimpi UMKM kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru se-Indonesia. Zaldy menyebutkan kenaikan omzet UMKM kuliner lewat penjualan online menjadi bukti bahwa pelaku bisnis kuliner saat ini sudah mulai sadar pentingnya melek digital.
“Fakta menariknya kami dapati bahwa permintaan produk kuliner banyak berasal dari kota-kota besar seperti Jabodetabek, yang kemudian dikirimkan dari daerah, sehingga ekonomi di daerah sangat terbantu. Dari data Paxel, adanya kenaikan omzet para pemenang eKuliner 2021 senilai 56%. Ini menjelaskan secara tidak langsung bahwa UMKM kuliner di daerah sudah mampu bersaing melalui platform online,” tambahnya.
Sejak 2018 hingga saat ini, Paxel telah memiliki lebih dari 2 juta UMKM Kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kategori makanan beku, makanan segar dan makanan tahan lama, yang didorong melalui layanan sameday delivery dan platform JajanBedaKota, PaxelMarket.
Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia untuk kembali bangkit di masa pemulihan saat ini, Paxel kembali menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner Awards 2022” bagi UMKM kuliner online yang turut didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).
Berdasarkan data transaksi penjualan UMKM kuliner selama periode 1 Juli 2021 hingga 30 Juni 2022, terdapat 18 UMKM kuliner online dari 10 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dari kota: Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Magelang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya dan Denpasar. Kategori yang diluncurkan adalah; Kuliner makanan beku dari kota besar utama, Kuliner makanan segar dari kota besar utama, Kuliner makanan tahan lama dari kota besar utama, Kuliner makanan beku dari kota besar lainnya, Kuliner makanan segar dari kota besar lainnya, dan Kuliner makanan tahan lama dari kota besar lainnya.
Berikut daftar UMKM Kuliner Online pemenang penghargaan “eKuliner Awards 2022”:
Seluruh pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa trofi dan seragam chef eksklusif yang diserahkan langsung oleh Menteri Sandiaga Uno, serta review produk kuliner dari influencer dan media. Tidak lupa, Sunlight dan Unilever Professional turut mendukung acara dan memberikan hadiah produk kepada para pemenang.
Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com
BARDI Smarthome Lebarkan Sayap ke Singapura
INFOBRAND.ID - BARDI smarthome, brand asli dari Indonesia perangkat elektronik berbasis artificial intelligence (AI) kian dikenal. Setelah sukses mere...
Waroeng Steak&Shake Malang Support HUT ke-35 Arema FC
INFOBRAND.ID-Salah satu restoran di Malang mengikuti perayaan HUT ke-35 Arema FC. Uforia ini menarik perhatian publik hingga ke media sosial salah sat...
Indihome Semarak Gelar Kompetisi Cover Lagu, Dukung Kreativitas Penggiat Musik
INFOBRAND.ID- IndiHome baru-baru ini menyelenggarakan kompetisi cover lagu yang bertajuk i-Music Cover Competition. Acara yang dihelat secara online i...
Dukung Kemandirian Nasional, Onemed Gencar Produksi Alkes
INFOBRAND.ID- Kementerian Kesehatan RI mencatat jumlah produk alat kesehatan (alkes) dari luar negeri yang beredar di Indonesia mencapai 154.041 atau...