Kamis, 04 Juni 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

3 Kunci Manajemen Pemasaran di Era Digital

Posted by: 08-01-2020 16:19 WIB 1155 viewer

3 Kunci Manajemen Pemasaran di Era Digital
PPM School of Management, Ketua Center for Innovation and Collaboration, Dr. Wahyu T . Setyobudi, ATP, CPM

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Digitalisasi telah menimbulkan suatu fenomena yang disebut dengan Digital Darwinism, yaitu ketika perkembangan teknologi lebih cepat dari kemampuan perusahaan mengantisipasinya. Dalam ruang pengamatan, kita melihat ratusan brand yang telah mapan berguguran satu demi satu. Survival of the fittest, demikianlah hanya yang mampu beradaptasi yang akan bertahan bahkan unggul di era baru ini.

Sayangnya, menemukan suatu resep jitu yang berlaku secara umum dalam konteks lingkungan disruptif ini sangatlah sulit. Dave Snowden, seorang pemikir manajemen dari IBM mengungkapkan bahwa konteks pengambilan keputusan di era teknologi ini telah mengarah pada sifat kompleks, bahkan chaotic. Sifat ini ditandai dengan best practices yang tidak lagi relevan. Suatu praktek marketing yang berhasil di suatu brand, belum tentu memberikan hasil yang sama jika diterapkan di brand lain. Sifat alamiah keputusan di konteks ini adalah mencari novel practices, atau sesuatu yang selalu baru.

Untuk menyikapi hal tersebut, PPM School of Management, Ketua Center for Innovation and Collaboration, Dr. Wahyu T . Setyobudi, ATP, CPM mengungkap tiga kunci yang dapat menjadi pegangan para pemasar atau brand owner di era digital ini yaitu: collaboration, innovation, dan agility.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kolaborasi perlu dilakukan dengan berbagai pihak antara lain konsumen, supplier, EO, agency, distributor, pemerintah daerah, dan bahkan tidak menutup kemungkinan dengan kompetitor. Kerjasama ini diarahkan untuk menggalang co-creation dimana nilai baru yang relevan diciptakan dari sinergi antar pihak,” kata Wahyu pada INFOBRAND.ID.

Dengan kolaborasi yang intens, lanjut Wahyu, dapat menjadi bahan bakar dari inovasi pemasaran. Dimana inovasi sendiri telah memiliki dimensi kebaruan dan relevan dalam perspektif pelanggan. Sehingga diperlukan usaha terus menerus untuk selalu terdepan dalam pemanfaatan digital trend di seluruh dimensi pemasaran, mulai dari proses analitik, perumusan strategi, hingga eksekusi.

“Baik untuk produk, maupun inovasi harga yang dinamis, channel yang beragam dan cara komunikasi dua arah yang lebih tajam dan bervariasi,” ujarnya.

Kunci terakhir yang tak kalah penting untuk para pemasar adalah dimana brand perlu menerapkan agility mindset dan practices. Agility merupakan suatu sifat manajemen yang mengutamakan kecepatan eksekusi dan akselerasi pembelajaran, sehingga mampu menghasilkan keputusan pemasaran yang cepat dan berkualitas.

“Sudah bukan masanya lagi, pengembangan produk atau layanan yang makan waktu lama dengan sistem waterfall, menunggu semuanya sempurna baru launching. Produk disempurnakan oleh feedback langsung dari konsumen, dalam suatu proses co-creation yang terus menerus. Tentu adaptasi konsep agile ini memerlukan suatu struktur organisasi dan mindset baru dalam menjalankan proses pemasaran,” jelas Wahyu.

Berangkat dari 3 prinsip kompetisi di era baru yaitu Kolaborasi, Inovasi dan Agility, Wahyu menyarankan beberapa tips sebagai berikut:

  1. Mulai menambahkan digital analytics sebagai suplemen dalam riset periodik yang dilakukan saat ini.
  2. Mendorong komunikasi dua arah dengan pelanggan untuk mendapatkan insight dan feedback langsung.
  3. Seiring dengan preferensi pelanggan yang berubah sangat cepat, perlu kecepatan juga untuk mengantisipasinya, bahkan untuk membentuk preferensi tersebut.
  4. Melibatkan pelanggan sebagai subyek yang aktif, menjadi agen dalam upaya komunikasi brand.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online

Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online
Terjadinya penurunan penjualan drastis di semua pelaku bisnis saat ini, membuat pengusaha khawatir dan gusar akan masa depan bisnisnya, ketakutan akan...


Pandemi Covid-19 : Masihkah Konsumen Setia pada Merek?

Pandemi Covid-19 : Masihkah Konsumen Setia pada Merek?
Kesetiaan merek adalah sikap konsumen dalam memilih dan membeli merek produk tertentu yang disenangi serta konsisten terhadap merek tersebut dibanding...


Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal

Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dampak dari wabah covid-19 secara mendalam akan membentuk stay @ home lifestyle yang bakal menjadi kenormalan baru atau...


Dampak Virus Corona, Pelaku Bisnis Dipaksa Go Digital

Dampak Virus Corona, Pelaku Bisnis Dipaksa Go Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Ketidakpastian kapan wabah virus corona atau covid-19 akan berakhir membuat para pelaku bisnis banyak yang beralih ke ra...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index