Jum'at, 12 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

67.6% UKM Optimis terhadap Pertumbuhan Bisnis pada 2022, Sejasa Dukung Pemulihan Industri Layanan Penyedia Jasa

Posted by: 1385 viewer

67.6% UKM Optimis terhadap Pertumbuhan Bisnis pada 2022, Sejasa Dukung Pemulihan Industri Layanan Penyedia Jasa
Service Provider Sejasa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Survei tahunan yang dilakukan Sejasa, mengenai pertumbuhan bisnis penyedia jasa sektor UKM selama 2021 pada layanan servis elektronik, kebersihan, perbaikan rumah, hingga kecantikan, menunjukkan bahwa sepanjang 2021 telah terjadi peningkatan pemulihan UKM dan tingkat optimisme para pelaku industri jasa sektor UKM terhadap pertumbuhan bisnis di 2022. Optimisme tetap dirasakan oleh para penyedia jasa meskipun pandemi Covid-19 telah memberikan dampak dan pukulan yang cukup keras. Dampak yang dirasakan termasuk pivot atau pemotongan biaya hingga celah untuk dapat berinovasi.

Sejasa yang dinaungi oleh Recommend Group yang berasal dari Singapura, telah melakukan survei pada Januari 2022 kepada 797 UKM yang bergerak di bidang layanan penyedia jasa di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Makassar, dan kota-kota lainnya. 

Dalam memahami tantangan yang dihadapi penyedia jasa selama pandemi, Sejasa menemukan data bahwa 26 persen para penyedia jasa menghadapi persaingan yang cukup ketat, 23.5 persen lainnya mengalami peningkatan biaya bisnis, dan 21.3 persen menyatakan adanya fluktuasi permintaan pelanggan yang sangat dipengaruhi oleh situasi saat ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari hasil survei yang dilakukan, lebih dari 70 persen penyedia jasa di Indonesia yang berafiliasi dengan Sejasa, telah berhasil mempertahankan bahkan meningkatkan pendapatan mereka pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya. “Perubahan tren layanan penyedia jasa pada 2021, sangat mempengaruhi industri jasa sektor UKM. Akan tetapi, melalui survei yang kami lakukan, kami menemukan 73.6 persen mitra Sejasa berhasil meningkatkan pendapatan dan keuntungan mereka pada 2021. Hal ini, tentunya menunjukkan bahwa tahun 2021 telah menjadi tahun pemulihan bagi para mitra kami,” kata Anthony Eka Wijaya, Co-Founder Sejasa.

Di antara para penyedia jasa yang berhasil meningkatkan pendapatan, terdapat 44.9 persen dari mereka mengalami peningkatan pendapatan hingga lebih dari 50 persen. Meskipun begitu, penting untuk melihat bahwa 22.2 persen responden lainnya mengalami penurunan di akhir 2021 dan 73.4 persen dari keseluruhan responden menyatakan bahwa mereka mengalami kenaikan biaya bisnis.

Meskipun, situasi saat ini cukup menantang, tetapi sebanyak 67.6 persen para pelaku bisnis tetap merasa optimis akan adanya pemulihan sebelum akhir 2022. 

“Kami mengharapkan adanya peningkatan volume untuk industri layanan penyedia jasa pada 2022, sebab para pelaku bisnis merasa optimis akan pemulihan pada akhir 2022. Kami juga terus mendukung industri layanan penyedia jasa dan berusaha mendapatkan lebih banyak penyedia jasa profesional untuk memenuhi permintaan,” kata Anthony Eka Wijaya, Co-Founder Sejasa.

“Recommend Group sebagai perusahaan induk Sejasa, saat ini telah memeriksa lebih dari 80.000 perusahaan dan individu profesional layanan jasa di ASEAN dan secara aktif bekerja dengan penyedia jasa untuk menstandarisasi cakupan layanan, harga, meningkatkan kualitas, pembayaran tanpa uang tunai, hingga memberikan jaminan layanan dan perlindungan asuransi,” tutup Jes Min Lua, Co-Founder dan CEO Recommend Group.

IKLAN INFOBRAND.ID

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Belanja di Matahari, Pengguna Indodana PayLater dan Pelanggan Matahari Berkesempatan dapat Uang Tunai dan Voucher

Belanja di Matahari, Pengguna Indodana PayLater dan Pelanggan Matahari Berkesempatan dapat Uang Tunai dan Voucher
INFOBRAND.ID - Menyambut Hari Raya Idul Fitri, PT Indodana Multi Finance dikenal dengan brand Indodana Finance dan perusahaan pembiayaan terkemuka mel...


WINGS Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy

WINGS Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy
INFOBRAND.ID - WINGS Care meluncurkan inovasi terbaru, yaitu So Fresh Minyak Angin Aromatherapy yang siap menemani kapan pun dan di man...


Luncurkan Ecopreneur Challenge, FLEI ajak Mahasiswa Inovasi Bisnis Hijau

Luncurkan Ecopreneur Challenge, FLEI ajak Mahasiswa Inovasi Bisnis Hijau
INFOBRAND.ID - Dalam upaya mendorong kesadaran dan kepedulian generasi masa depan terhadap lingkungan, Franchise & License Expo Indonesia (...


Sambut Lebaran, AQUA Elektronik Tebar Promo Berkah Ketupat

Sambut Lebaran, AQUA Elektronik Tebar Promo Berkah Ketupat
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Tidak hanya hadir dengan inovasi canggih dan terkini pada produk elektronik rumah tangga, brand elektronik terbaik AQUA...