Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Akhir 2023, Bank Mandiri Proyeksikan Inflasi Turun ke 3 Persen

Posted by: 508 viewer

Akhir 2023, Bank Mandiri Proyeksikan Inflasi Turun ke 3 Persen
Bank Mandiri/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank Mandiri memproyeksikan inflasi Indonesia dapat turun ke kisaran 3-3,2 persen pada akhir 2023 dengan strategi pengelolaan pasokan pangan yang baik.

Berbicara dalam media gathering virtual di Jakarta, Selasa (22/8/2023), Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro menyatakan, perkiraannya menunjukkan tingkat inflasi Indonesia dapat berada pada rentang 3-3,2 persen di akhir tahun 2023.

"Perkiraan inflasi ini lebih baik dibandingkan proyeksi awal di 3,6 persen. Inflasi yang terkendali akan mendukung pertumbuhan dan stabilitas sektor keuangan," katanya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, menurut dia lagi, saat ini inflasi semakin terkendali meskipun tantangan El Nino dapat meningkatkan potensi gangguan pasokan pangan. 

Hingga Juli 2023, inflasi tercatat 3,08 persen secara year on year (yoy) dan telah kembali dalam target Bank Indonesia di kisaran 2-4 persen.

Dia menambahkan, El Nino diperkirakan dapat mempengaruhi produksi pangan di Indonesia sehingga perlu dipersiapkan strategi untuk mengantisipasinya. 

Kenaikan harga pangan sejak 2022 mayoritas dipengaruhi oleh kenaikan akan biaya input petani bersamaan dengan permintaan yang kembali pulih pasca pandemi.

Potensi El Nino atau musim kemarau ekstrem pada 2023 akan menyebabkan penurunan curah hujan di Indonesia. Puncak El Nino diperkirakan terjadi pada Agustus-September 2023. 

IKLAN INFOBRAND.ID

El Nino dikhawatirkan mempengaruhi ketersediaan air dan produktivitas tanaman pangan.

Sementara itu, pemerintah telah membahas persiapan menghadapi dampak El Nino, fenomena pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normalnya di Samudera Pasifik bagian tengah yang dapat menurunkan curah hujan dan memicu kekeringan di wilayah Indonesia.

Pemerintah juga terus konsisten dalam mengendalikan inflasi dengan berbagai upaya stabilisasi antara lain dengan menjaga pasokan dan kelancaran distribusi, serta mengantisipasi dampak gangguan cuaca dan risiko kekeringan.

Inflasi terus melanjutkan tren penurunan. Inflasi tahunan pada Mei 2023 tercatat empat persen dibanding periode sama tahun sebelumnya (yoy), menurun dari April 2023 yang sebesar 4,3 persen (yoy) dan merupakan angka terendah sejak awal tahun.

Selama ini, pemerintah terus melakukan upaya stabilisasi harga pangan dalam rangka menjaga ketahanan pangan. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Hal tersebut tercermin pada pergerakan inflasi harga pangan bergejolak (volatile food) yang melambat ke level 3,3 persen (yoy), lebih rendah dari April 2023 yang sebesar 3,7 persen (yoy).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...