Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Amartha Salurkan 302 Miliar Rupiah Guna Naiknya UMKM Sektor Kuliner

Posted by: 1410 viewer

Amartha Salurkan 302 Miliar Rupiah Guna Naiknya UMKM Sektor Kuliner
Sumiati Salah Stau Mitra Amartha

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT. Amartha Mikro Fintek (Amartha) perusahaan fintech pionir peer-to-peer lending yang berfokus pada pembiayaan modal usaha dan pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pedesaan, telah menyalurkan pendanaan sebesar 302 miliar rupiah hingga bulan Agustus 2021, untuk pengembangan UMKM di sektor kuliner di Indonesia. Pendanaan ini mengalami peningkatan dari periode tahun sebelumnya, yakni sebesar 292 miliar rupiah di sepanjang tahun 2020.

Sektor kuliner sendiri merupakan sektor yang cukup mendominasi di Amartha. Sekitar 60% mitra Amartha menjalankan usaha di bidang kuliner, mulai dari usaha warung makan, warung kopi, industri kuliner olahan seperti keripik, hingga aneka camilan yang diproduksi dalam skala rumah tangga. Selama 11 tahun beroperasi, Amartha telah membina hampir 500 ribu mitra yang bergerak di sektor kuliner yang tersebar di pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha mengatakan “Amartha memberdayakan berbagai sektor usaha mikro salah satunya adalah sektor kuliner. Kami melihat, sektor kuliner memiliki potensi untuk tumbuh lebih luas lagi dalam pemasarannya dan terbukti memiliki resiliensi lebih baik di kala pandemi. Sektor kuliner tetap dapat diterima oleh pasar, sehingga risiko gagal bayar pada sektor kuliner dapat diminimalisir, karena pasarnya terbilang cukup stabil”.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pertumbuhan jumlah mitra Amartha yang bergerak di sektor kuliner pun mengalami peningkatan. Hingga Agustus tahun 2021, lebih dari 69 ribu mitra menggeluti bidang kuliner untuk mengembangkan usahanya, meningkat dari data tahun 2020 yakni sebesar 64 ribu mitra. Angka ini berpotensi terus mengalami pertumbuhan seiring dengan penyaluran modal usaha dan berbagai edukasi kewirausahaan yang dilakukan.

Untuk mendukung perkembangan sektor kuliner, Amartha menjalin kemitraan dengan perusahaan lainnya untuk bersama-sama mendongkrak potensi UMKM kuliner, yaitu dengan memberikan pelatihan kewirausahaan, edukasi literasi digital dan finansial, serta memberikan akses permodalan bagi pelaku usaha UMKM kuliner di pedesaan.

Aria kembali melanjutkan, “Sektor kuliner tidak terlepas dari tantangan untuk memperluas jangkauan pasar. Umumnya dipengaruhi oleh faktor sulitnya akses permodalan, serta rendahnya tingkat literasi digital para pelaku UMKM. Padahal, dengan mengoptimalkan teknologi, pelaku UMKM kuliner ini bisa memperluas jangkauan pemasaran hingga ke seluruh pelosok Negeri. Oleh sebab itu, Amartha berupaya untuk mengerahkan edukasi dan layanan keuangan digital bagi mitra kami untuk meningkatkan skala usahanya”.

Untuk memastikan kualitas pinjaman di platform Amartha, perusahaan menerapkan strategi kombinasi online-offline atau lebih dikenal dengan hybrid system. Amartha menggunakan pendekatan machine learning untuk menentukan credit scoring yang akurat dengan menganalisa historikal pengembalian pinjaman, tingkat kehadiran mitra dalam majelis, hingga analisa psikometris.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...