JAKARTA, INFOBRAND - perubahan yang terjadi di masa new normal. Perubahan yang paling signifikan adalah penggunaan digital online yang semakin meningkat drastis. Masyarakat di masa new normal sangat berhati-hati dan memiliki pola hidup untuk meminimalisir interaksi langsung dengan orang lain. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan COVID19 yang masih mengkhawatirkan.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah memiliki berbagai inovasi digital yang mampu dimanfaatkan masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan berbagai perubahan yang tidak terduga. Sebelum new normal, fenomena digital memang menunjukan persentasi yang terus meningkat. Dunia bisnis memasuki era digitalisasi industry 4.0.
Corporate Secretary BRI, Amam Sukriyanto, menjelaskan saat ini Bank BRI telah memiliki berbagai layanan perbankan yang terintegrasi sehingga masyarakat tetap mampu bertransaksi dengan aman dan nyaman di tengah imbauan physical distancing.
“Berbagai terobosan ini membuat masyarakat tetap dapat mengakses perbankan meskipun gerak menjadi terbatas,” ujar Amam.
Berikut adalah berbagai inovasi digital BRI untuk memberikan pelayanan di masa new normak:
- BRIMO, Pembukaan rekening simpanan serta transaksi transfer dan pembayaran secara online
BRImo merupakan aplikasi yang memiliki fungsi mobile banking dan internet banking di dalam satu aplikasi, dengan menu transaksi yang lebih lengkap dan menarik.
Aplikasi ini memiliki fitur transfer, berbagai pembayaran, top-up uang elektronik (BRIZZI), cek mutasi rekening, dan banyak layanan perbankan lainnya. Melalui aplikasi ini juga, nasabah tidak perlu datang ke kantor bank untuk membuka rekening baru.
- Pinjaman Digital Ceria
Melalui produk Ceria yang diluncurkan pada 2019, Bank BRI menjadi bank pertama di Indonesia yang memiliki produk pinjaman digital.
Aplikasi ini sudah fully digital, dengan sistem digital verification, digital scoring, hingga digital signature sehingga masyarakat dimudahkan ketika mengajukan personal loan. Nasabah bisa melakukan semuanya melalui smartphone, tidak perlu datang ke kantor BRI.
- Layanan Virtual Assistant SABRINA
SABRINA yang diluncurkan pada 2018 merupakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) berbasis chat yang berfungsi layaknya Customer Service. SABRINA bisa dimanfaatkan untuk mencari tahu lokasi Kantor BRI, informasi promo dan produk BRI, info dan kegiatan Bank BRI, serta layanan bantuan.
“Cukup dari gadget, maka nasabah bisa mendapatkan layanan bantuan BRI secara real time,” urai Amam.
SABRINA bisa diakses melalui Facebook Messenger, WhatsApp, dan Telegram dengan nomor 08121214017.
- Agen BRILink, Transaksi penarikan dan setoran tabungan tak lagi harus datang ke kantor bank
Masyarakat dapat memanfaatkan Agen BRILink terdekat untuk melakukan penarikan dan setoran tabungan. Saat ini BRI telah memiliki agen berjumlah 428 ribu orang, yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat tak perlu mendatangi kantor BRI untuk bertransaksi. BRI juga memiliki lebih dari 18 ribu mesin ATM dan lebih dari 3800 mesin CRM.
Masih banyak lagi program dan layanan BRI berbasis digital yang bisa digunakan dalam kondisi new normal. Layanan digital BRI diluncurkan agar nasabah BRI bisa lebih mudah, lebih cepat, dan tentunya aman dari ancaman penularan COVID19.