Jakarta, INFOBRAND.ID - PT Pertamina (Persero) mengembangkan konsep baru bisnis Bright Store. Targetkan 5000 outlet, Pertamina berkolaborasi dengan Alfamart untuk mengembangkan Bright Store di SPBU luar pulau Jawa.
Direktur Logistik dan Infrastrukur PT Pertamina (Persero), Mulyono mengungkapkan Perubahan karakter konsumen di era milenial membawa opportunity bisnis yang bagus untuk bisnis Non Fuel Retail (NFR). Potensi bisnis tersebut terlihat dari costumer behavior melalui ekosistem jaringan SPBU yang dimiliki Pertamina sebanyak 7000 lebih dengan traffic yang sangat tinggi.
“Pertamina telah memiliki Bright Store yang saat ini sudah tersebar di 195 lokasi. Bright Store ini diharapkan dapat menjadi bagian dari channel SPBU di seluruh Indonesia sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen SPBU yang singgah untuk beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali: Stop in & Refresh,” ujar Mulyono.
Mulyono menyatakan perlua ada kolaborasi dengan minimarket yang memiliki jarinan luas agar bisnis NFR bisa berkembang. Pertamina kemudian menggandeng Alfamart untuk mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU melalui mekanisme Co Branding Bright Store by Alfamart atau Alfamidi di luar Pulau Jawa.
Kerjasama dengan Alfamart ini diresmikan dalam bentuk penandantanganan MoU antara Pertamina dengan Alfamart, yang ditandatangani oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur, Mulyono dan Direktur Merchandising Alfamart, Harryanto Susanto serta Direktur Corporate Affairs Solihin.
“Saat ini sudah ada 200 toko Alfamart di area SPBU Pertamina. Kedepan akan berubah menjadi Bright by Alfamart/Alfamidi dan berlaku seluruh SPBU baik COCO (milik Pertamina) maupun DODO (Milik Swasta),” ungkap Mulyono.
Sementara itu, Direktur Corporate Affairs Alfamart, Solihin menambahkan bahwa kerjasama ini, dapat mencakup kerjasama promosi kedua belah pihak, menunjang produk UMKM dan Private Lable Pertamina, serta adanya sharing dalam investasi.
“Hal yang tak kalah menarik dalam kerjasamanya ini adalah bagi pengusaha swasta SPBU (DODO), diberlakukan kebijakan khusus franchise fee,” imbuh Mulyono.
Menurut Mulyono, dengan adanya Kolaborasi kekuatan jaringan SPBU Pertamina dengan kehandalan operasional Alfamart di Indonesia, akan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Inovasi Konsep Baru Bright Store
Sebelumnya, Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Retail (PTPR) menawarkan konsep baru Bright Store dengan konsep lebih modern, nyaman dan tetap terjangkau sehingga akan memberikan pengalaman baru kepada pelanggan setia SPBU Pertamina. Konsep baru tersebut diresmikan Pertamina dalam acara grand opening New Bright Store di SPBU COCO 31. 128.02 MT Haryono, Jakarta.
VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan peresmian konsep baru Bright Store ini dilaksanakan sebagai salah satu komitmen Pertamina dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen dan wujud adaptasi terhadap tantangan bisnis sesuai customer behaviour di era milenial.
Fajriyah menambahkan, konsep baru Bright Store selain menyediakan makanan dan minuman, juga akan mengembangkan bisnis terkait automotive dengan Bright Olimart dan Enduro Express. Selain itu, khusus untuk SPBU dengan area yang lebih luas dan traffic pelanggan yang lebih tinggi, Pertamina pun dapat mengembangkan bisnis terkait advertising dan jasa lainnya seperti co-working space.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PTPR, Iin Febrian menjelaskan konsep baru Bright Store adalah menjadi tempat singgah yang modern dan selalu memberikan experience setiap harinya kepada konsumen.
“Hal ini merupakan inovasi bisnis yang akan dijalankan PTPR secara agresif bekerja sama dengan pengusaha SPBU maupun pihak lainnya yang terkait, termasuk UMKM binaan Pertamina,” jelas Iin.
Iin menambahkan bahwa konsep New Bright Store akan diimplementasikan di 10 outlet area Jakarta, Bekasi, Purwakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya, dan akan dilanjutkan di kota lainnya. Ditargetkan dalam 5 tahun ke depan, terdapat 3.000 outlet Bright Store yang telah dioperasikan.
Untuk mendukung transaksi yang lebih aman di masa pandemi, lanjut Iin, Bright Store menyediakan layanan pembayaran cashless dengan program promo yang tersedia seperti promo top up dan transaksi e-money Bank Mandiri, TapCash BNI, promo dengan kartu debit/kredit, promo tukar poin MyPertamina, serta cashback saldo LinkAja.
“Konsep baru Bright Store ini harapannya bisa semakin dicintai dengan terus berupaya meningkatkan standardisasi pelayanan kepada pelanggan,” tambah Iin.