Senin, 04 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bidik PDB USD7 Triliun, Pertumbuhan Ekonomi RI Harus 7% per Tahun

Posted by: 2281 viewer

Bidik PDB USD7 Triliun, Pertumbuhan Ekonomi RI Harus 7% per Tahun
Ilustrasi ekonomi Indonesia

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam kurun waktu 25 tahun mendatang setidaknya harus mencapai 7% per tahun untuk bisa menjadi negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai USD7 triliun pada 2045 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Rizal Affandi Lukman dalam acara bertajuk Towards a USD7 Trillion Economy: Opportunities and Challenges di Hotel JW Marriott Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (20/11).

Rizal menyampaikan, langkah itu juga untuk mencapai target lima besar negara dengan ekonomi terkuat. Pasalnya, pertumbuhan yang stagnan di angka 5% per tahun (pertumbuhan ekonomi saat ini), PDB yang akan dihasilkan hanya sebesar USD5 triliun.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Tentu saja ini target yang cukup berat ya. Harus diupayakan dengan berbagai cara,” ujarnya. Tapi kata dia, dengan dukungan yang dimiliki Presiden Joko Widodo, maka perubahan dapat dilakukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7% per tahun.

“Dengan dukungan Presiden dan Wapres, tentunya ini akan menjadi modal untuk melakukan perubahan besar. Kita butuh perubahan struktural yang dilakukan untuk mencapai 7%. Sumber pertumbuhan adalah ekspor dan investasi,” jelasnya.

Selain penguatan industri, lanjut Rizal, pemerintah juga tengah berupaya merampungkan seluruh perjanjian kerjasama perdagangan dengan berbagai negara dan komunitas internasional. Saat ini, sedikitnya 17 perjanjian sudah bisa dimanfaatkan dan 12 lainnya tak lama lagi bakal rampung untuk membuka pasar ekspor yang lebih luas.

“Karena titik masalah terbesar dalam peningkatan ekspor dan investasi ada pada regulasi yang tak lama lagi akan disederhanakan,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun

Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Selimut menjadi salah satu barang yang dibutuhkan ketika kita tidur, utamanya saat udara dingin, selimut yang lembut ten...


Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian

Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash, sabun cuci tangan yang diformulasikan dengan antibakteri untuk melindungi tangan dari...


Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger

Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger
INFOBRAND.ID, JAKARTA -  Bagi sebagian orang, kegiatan riding sudah jadi bagian dari gaya hidup bukan? Mengendarai motor kesayangan melewati jala...


Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya

Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelesiran atau traveling biasnya dilakukan ke gunung, pantai, atau tempat wisata alam lainnya. Namun, selalu ada aja kondisi y...