Ahad, 05 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Blibli, Dongkrak Loyalitas Pelanggan dengan Inovasi Teknologi Digital

Posted by: 363 viewer

Blibli, Dongkrak Loyalitas Pelanggan dengan Inovasi Teknologi Digital
Blibli

INFOBRAND.ID-Tahun 2022, PT Global Digital Niaga Tbk. (Blibli) melakukan survei terhadap pelanggannya dengan menggunakan metode NPS (Net Promoter Score). Hasilnya ternyata kurang menggembirakan. Sebanyak 44% pelanggan Bibli masuk dalam kelompok detractor, atau tidak puas dengan layanan Blibli.

Mereka mengeluhkan loyalty program yang kurang baik. Padahal, hasil studi McKenzie menyebutkan, program loyalty yang baik sangat penting bagi bisnis.

Fakta lain yang didapat, sebagaimana diungkapkan Ari Chandra, Operations Business Intelligence Associate Lead Blibli, jumlah pelanggan Blibli yang tidak kembali berbelanja lewat platform ini setelah enam bulan lamanya mencapai 50%, yang berakibat pada timbulnya potential lost sebesar Rp 486 miliar per tahun. Maka, Blibli pun menggulirkan program peningkatan loyalitas pelanggan melalui strategi dan inovasi berbasis teknologi digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami merancang suatu strategy framework yang dimulai dari understanding the frame of our business and process, mencakup ekosistem Blibli Tiket Group yang terdiri dari Blibli, tiket.com, dan Ranch Market, serta USP (unique selling point) kami,” kata Ari. Strategy framework Blibli berfokus pada dua hal, yaitu outstanding loyalty program dan elevated after service experience yang pada akhirnya akan menciptakan strong customer engagement.

Strategi outstanding loyalty terdiri dari leverage ecosystem synergyunique loyalty benefit, dan seamless program experience. “Pertama-tama, kami melihat salah satu keunggulan Bilbli adalah ekosistemnya (Blibli Tiket Group), yang mencakup online dan offline, mulai dari lifestyle hingga financial services, di mana kami mengover 88% dari customer needs dengan potensi pasar sebesar US$ 436 miliar,” Ari menjelaskan.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, strategi utama Bibli ialah melakukan integrasi antarbisnis. Dengan demikian, perusahaan ini bisa memiliki data yang lebih kaya, produk yang lebih baik, dan lebih banyak fasilitas yang diberikan kepada pelanggan.

“Pada akhirnya ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan, pesanan berulang makin banyak, retensi user lebih tinggi, dan biaya akusisi lebih rendah. Salah satu wujud nyata strategi ini ialah Blibli Tiket Reward, program yang memberikan benefit lintas platform (menggabungkan benefit), sehingga pelanggan Blibli mendapatkan manfaat dan insentif lebih untuk tetap di ekosistem Blibli,” tutur Ari. Blibli Tiket Reward, tambahnya, sudah dibangun sebelum Blibli melakukan initial public offering (IPO) pada November 2022.

Sementera itu, untuk strategi elevated after sales experience, Senior Business Transformation Officer Blibli Vicky Wahyu Saputra mengatakan, layanan pascajual ini dimulai dengan dukungan customer service yang andal. Karena itu, ia menegaskan, Blibli selalu memberikan perhatian pada kualitas dan skills yang terbaik untuk melayani customer.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Memberikan case assignment kepada customer service agent berdasarkan load dan kapasitasnya saja sudah tidak relevan lagi,” Vicky menandaskan. 

Ia menilai, customer service agent merupakan pekerjaan yang cukup menantang, karena mereka harus menguasai berbagai topik, antara lain promosi, payment, dan delivery. Maka, yang dibutuhkan ialah bagaimana Bibli mengoptimalkan knowledge dan skills para customer service agent, serta menggunakan teknologi untuk melakukan case assignment dengan bulls routing concept, yakni memberikan customer cases kepada para agen dengan skills tertinggi.

Vicky menambahkan, bulls eyes routing ini memiliki tiga parameter, yaitu agent knowledge skill proficiencyagent availability status, dan agent capacity & current load.

Di samping itu, Blibli juga memberikan tools yang lengkap kepada agen, berupa integrated data viewer (IDV), yakni single point touch platform untuk mencari data dengan cepat. Semua informasi terkait dengan customer profile & account, data order, seller & product data, serta empowerment tools terkoneksi dalam sistem ini untuk mempermudah dalam melayani pelanggan. Juga, ada informasi terkait dengan analisis behavior, member vocal, dan customer segmentation, yang memungkinkan customer service agent Blibli melakukan personalized service.

“Dengan adanya IDV ini, kami mampu mengurangi handling time untuk collecting data, berkurang 62%, atau hanya membutuhkan waktu kurang dari dua menit,” ungkap Ari. Dan, hasilnya, bulls eye routing ini mampu menurunkan handling time hingga 10% dan meningkatkan produktivitas hingga 7%.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selanjutnya, memberikan personalized atau tailored service merupakan suatu keharusan untuk tim Blibli. Untuk itu, perusahaan ini menggunakan data dan teknologi, serta membentuk dedicated team untuk memberikan layanan ini.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...