Ahad, 05 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Branding Melalui Jasa Endorser di Era Digital, Seberapa Efektif?

Posted by: 2138 viewer

Branding Melalui Jasa Endorser di Era Digital, Seberapa Efektif?
Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo

JAKARTA, INFOBRAND.IDEra digital boleh dibilang telah dikuasai oleh para remaja yang kreatif dalam memanfaatkan kecanggihan dan kemudahan teknologi, terutama media sosial. Bagi penggunanya, istilah endorser pun bukan lagi hal yang tabu.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak endorser yang dilakukan oleh para remaja melalui media sosial seperti Instagram maupun Youtube. Bahkan beberapa brand pun telah menggunakan jasa selebriti dan selebgram sebagai promosi produk atau bisnis mereka.

Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo saat diwawancara INFOBRAND.ID mengatakan bahwa penggunaan jasa endorser seperti selebgram, influencer maupun Youtuber oleh para pelaku brand tentunya dapat mendongkrak brand awareness dari merek itu sendiri. Apalagi, kata dia, saat ini pengguna internet telah mencapai angka 171 juta jiwa yang tentunya ini akan mempermudah para pelaku brand untuk mempromosikan produknya secara digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meski menurut Tri penggunaan jasa endorser sah-sah saja untuk para pelaku brand, tapi mereka juga harus memperhatikan tingkat eksekusinya agar dapat berjalan dengan baik.

“Menurut saya ini yang paling penting. Jangan sampai kita sudah melakukan jasa endorser, tapi setelah mereka posting produk kita di sosial media mereka, orang cari produk tersebut ternyata susah didapatkannya. Itu jangan sampai terjadi. Karena kalau sudah begitu nanti dapat menurunkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual,” kata Tri.

“Jadi pastikan juga distribusinya sudah bagus, produknya kompetitif, transaksinya juga lebih mudah, kesiapan sales atau marketing internalnya juga sudah ready. Sehingga orang yang melakukan transaksi itu dimudahkan dengan adanya pola penjualan yang sudah disiapkan sedemikian rupa,” sambungnya.

Lebih lanjut Tri mengatakan bahwa pemilihan endorser yang tepat juga harus menjadi perhatian khusus. Hal ini tentunya agar strategi pemasaran yang sudah dirancang bisa berjalan dengan efektif.

“Saya kira jumlah followers mereka juga sangat berpengaruh. Lalu kita juga bisa lihat followers mereka siapa saja. Apakah cocok dengan produk atau jasa yang akan kita jual. Ketika cocok, tentu seberapa efektif itu perlu kita tanyakan ke mereka. Karena tergantung juga dengan goal kita itu apa. Tujuannya brand awareness atau sales? Nah itu bisa kita ukur dan pastikan itu terdeliver secara baik. Karena nantinya itu akan berbanding lurus dengan result akhir,” tutup Tri. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...