Ahad, 05 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Campina Kejar Pertumbuhan Dua Digit Tahun Ini

Posted by: 2160 viewer

Produsen es krim asal Surabaya, PT Campina Ice Cream Industry optimistis angka penjualan akan naik hingga 10%. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Campina Adji Andjono usai menjadi narasumpar pada acara “Seminar Strategi Marketing di Era Digital” yang diselenggarakan oleh Indonesia Brands Network di Jakarta (27/6).

Campina Kejar Pertumbuhan Dua Digit Tahun Ini
Direktur PT Campina Ice Cream Industry Tbk, Adji Andjono (Foto: Dedi Hidayat / INFOBRAND.ID)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Produsen es krim asal Surabaya, PT Campina Ice Cream Industry Tbk optimistis angka penjualan akan naik hingga 10%. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Campina Adji Andjono usai menjadi narasumpar pada acara Roadshow Forum Brand 2019 bertajuk "Strategi Marketing di Era Digital" yang diselenggarakan oleh Komunitas Indonesia Brand Network (IBN) dengan INFOBRAND.ID dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Trisakti, Kamis (27/6/2019).

“Tahun ini sebenarnya kami perkirakan penjualan akan tumbuh dikisaran 7% sampai dengan 8%. Namun, kami berharap semoga saja bisa tumbuh dua digit,” paparnya.

Walaupun dirasa agak sulit, Adji tetap percaya bisnis es krim masih menjanjikan di Tanah Air, terlebih Indonesia sebagai negara tropis yang notabene bersuhu cukup hangat.

IKLAN INFOBRAND.ID

“[Pertumbuhan] Masih terus kami dalami dan terus di-review hingga tengah tahun ini, apakah akan tetap berada pada jalur patokan awal atau perlu disesuaikan. Karena yang kami perhatikan, Bank Indonesia juga melakukan koreksi terhadap angka pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Adji, perjalanan bisnis semester pertama tahun ini tidak lepas dari situasi politik di dalam negeri yang baru saja usai menyelenggarkan pesta demokrasi.  

“Ya tahun politik ada pemilu, mau gak mau kita harus menyesuaikan. Apalagi untuk para pelaku usaha yang tentu saja menginginkan suana yang kondusif,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Adji juga  menyampaikan komentarnya terkait banyaknya pemain baru dalam industri es krim di Tanah Air dalam kurun waktu belakangan ini.

“Sekarang banyak produsen baru bermunculan, jumlahnya kira-kira 2 kali lipat dalam 3 tahunan terakhir,” sebutnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai pemain industri yang telah malang-melintang hampir setengah abad, Campina memiliki jurus tersendiri untuk menjaga konsumen agar tetap loyal. Pertama, Campina terus mengedukasi masyarakat dengan mengusung semangat sebagai produk yang berkualitas.

“Es krim kami memang tidak semurah produsen lain, tapi untuk urusan kualitas produk kami memiliki kelebihan dari sisi bahan baku yang berkualitas utama. Lalu, dari segi komposisi es krim dengan takaran yang pas dan baik pada setiap produknya,” katanya.

Kedua, Campina juga terus berinovasi dengan mengeluarkan produk terbaru sebagai respon atas kebutuhan pasar.  

“Strateginya lainnya adalah kami tetap mempertahankan kualitas perlayanan dan meningkatkan ekspansi bisnis. Untuk services, kami terus me-maintain hubungan baik dengan toko-toko yang loyal, karena bagaimana pun bisnis es krim itu kan tergantung dari jualannya toko-toko itu sebagai ujung tombak,” terangnya.

Dari sisi kinerja, Perusahaan dengan kode emiten CAMP tersebut sepanjang 2018 membukukan laba bersih Rp61 miliar, atau meningkat 42% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun, dari penjualan bersih juga  tercatat tumbuh sekitar 1,7% menjadi Rp961 miliar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai informasi, Campina melapas 15% sahamnya ke lantai bursa pada penghujung 2017 lalu melalui mekanisme initial public offering (IPO). Tercatat, CAMP merilis 885 juta lembar saham dengan harga penawaran perdana Rp330 per lembar saham. Adapun, market es krim di Indonesia diperkirakan mencapai Rp4 triliun dengan 20% diantaranya menjadi market share Campina.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...