Es Krim Campina adalah es krim tertua di Indonesia. Lahir 22 juli 1972 di kota Surabaya, Jawa Timur. Diciptakan produsen es krim, Darmo Hadipranoto beserta istri yang kala itu ingin menyenangkan hati anaknya yang sangat gemar makan ice cream. Dan kini, setelah 46 tahun, Campina menjelma menjadi salah satu es krim terbesar di pasar Indonesia.
Sejatinya di tengah persaingan ekonomi global, dimana tak sedikit bisnis yang tumbang, tapi pertumbuhan penjualan Campina masih cukup positif, diatas 10%. Maklum, potensi pasar di Indonesia masih besar dan cukup mendukung perkembangannya.
Meski merk lama tapi pihak Campina terus melakukan inovasi produk-produk baru dan meningkatkan kualitas existing product-nya. Selain itu melakukan pemasaran melalui berbagai media sehingga komunikasi dengan konsumen dapat terus terjalin.
Campina unggul karena kualitas produk yang terjaga dan relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Kendati merk lama tapi Campina terus mengikuti perkembangan jaman.
Tak pelak, terbentuk persepsi bahwa Campina menghadirkan produk yang berkualitas tinggi, asli Indonesia, dan merk yang sangat dikenal masyarakat di tanah air.
Es krim dengan bahan-bahan berkualitas senantiasa menemani keluarga Indonesia diberbagai suasana. Sejumlah penghargaan pun diraih Campina. Mulai TOP Brand Award, TOP Brand Kids Award, WOW Brand, Original Brand, Indonesian Green Company, Digital Brand, Social Media Award, Indonesian Digital Popular Brand Award, Best Brand, dan meraih Rekor Bisnis (ReBi) Indonesia.
Penetrasi pasar Campina cukup menyeluruh di berbagai channel. Mulai dari general trade, minimarket, hingga supermarket. Jangkauannya pun sudah sampai Papua. “Namun kami berharap dapat terus memperluas jangkauan channel kami di Indonesia,” tutur Harwindra Yoga, Marketing Communication Manager PT Campina Ice Cream Industry.
Selain itu, tambahnya, penggunaan bahan yang berkualitas menjadi salah satu keunggulan Campina. Buah dan bahan asli dan natural masih menjadi pilihan utama dalam pemilihan bahan baku.
Alhasil, penerapan 360 degree marketing strategy menjadi salah satu cara Campina untuk dapat mengkomunikasikan keunggulan produknya di segala platform. Mulai dari advertising, below the line activity, sponsorship, dan sebagainya.
“Ke depannya kami akan terus mengembangkan penetrasi channel khususnya di luar Jawa, karena jumlah konsumen luar Jawa ternyata juga cukup tinggi,” kata Mustofa Saadji, Brand Manager Campina seraya mengungkapkan market share Campina sampai saat ini mencapai sekitar 20% di pasar es krim tanah air. Campina juga makin concern ke pasar online, dengan ecommerce es krim www.icecreamstore.co.id. -adv