Selasa, 23 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Di Ajang MotoGP Mandalika 2023, Omzet UMKM Pertamina Tembus Rp689,6 Juta

Posted by: 652 viewer

Di Ajang MotoGP Mandalika 2023, Omzet UMKM Pertamina Tembus Rp689,6 Juta
UMKM binaan Pertamina di MotoGP Mandalika/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mencatat omzet atau hasil penjualan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan mencapai Rp689,6 juta di gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023, di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), 13-15 Oktober.

Angka tersebut naik jika dibandingkan omzet UMKM di gelaran serupa pada 2022 sebesar Rp452 juta.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, dirinya melihat kesiapan UMKM yang ternyata sudah buka dari Jumat 13 Oktober 2023 lalu, untuk itu pihaknya senang bisa mengajak UMKM yang sudah dikurasi untuk hadir pada event ini. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Selain membuka pasar, mereka juga memenuhi kebutuhan penonton. Kami belajar dari event sebelumnya banyak sekali yang memang membutuhkan makanan minuman, itu yang diperlukan oleh penonton. Tapi ada juga kerajinan khas Lombok," kata dia dalam keterangan tertulisnya dikutip Senin (16/10/2023).

Nicke juga mengunjungi beberapa stan UMKM yang berada di Pertamina Mandalika International Circuit, di Lombok Tengah, NTB.

Dia mengungkap Pertamina memang mengajak UMKM binaan itu agar bisa membuka pasar lebih luas dan go global.

Dia mengharapkan Pertamina bisa semakin menggerakkan UMKM di Lombok, sehingga ke depan UMKM mitra binaan mampu bertambah penghasilannya dan semakin beragam pula produk yang dihasilkan.

"Tentu kami berharap Pertamina makin menggerakkan UMKM di Lombok ini, sehingga Lombok makin mendunia. Dengan event-event selanjutnya, produk UMKM ini juga makin beragam dan tentu terjadi pemutaran ekonomi mereka," ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina berkomitmen untuk terus memberdayakan UMKM lokal di Lombok pada gelaran tersebut.

Keikutsertaan UMKM binaan Pertamina, menurut dia, secara nasional atau secara umum bisa meningkatkan penghasilan dari UMKM tersebut. Kemudian juga bisa meningkatkan perekonomian dari daerah maupun nasional. 

"Ini juga merupakan salah satu ajang promosi daerah khususnya Lombok untuk memperkenalkan apa yang khas dari Indonesia, sehingga wisatawan dari luar negeri bisa merasakan sesuatu hal yang khas di Lombok," jelasnya.

Sama seperti di 2022, Pertamina memboyong 50 UMKM mitra binaan pada booth-booth pendukung acara. Sebanyak 42 mitra merupakan produsen makanan dan minuman khas nusantara. Sedangkan delapan mitra menjual kerajinan, di antaranya berupa aneka tenun, kerajinan anyaman bambu, mutiara, kaos khas Lombok hingga batik Sasambo motif unik NTB.

"Kami harapkan ke depannya ini memiliki multiplier effect yang lebih tinggi bagi nasional, sehingga wisatawan yang kembali datang ke Lombok, bisa mencari kembali produk yang mereka nikmati saat ini," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka

Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pameran dagang internasional tahunan untuk industri makanan dan minuman, perhotelan dan pariwisata paling komperhensif di Indo...


Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM

Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Global CEO Indonesia dan Jawa Pos sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung perkembangan olah r...


Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital

Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital
INFOBRAND.ID - Aplikasi digital dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis secara lebih efisien. Astra Financial melalui sejumlah pr...


Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta

Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menghadirkan budi daya melon hidroponik lewat pembangunan green house (ru...