INFOBRAND.ID, JAKARTA - Media sosial tentu sudah tak asing lagi di telinga kita, jika dimanfaatkan dengan benar terdapat banyak manfaat yang dapat diambil dari penggunaannya. Tak terkecuali untuk mereka yang berprofesi sebagai humas alias public relations, peran media sosial saat ini begitu penting.
Humas di era digital diharuskan lebih kreatif dan inovatif dalam mempublikasikan suatu informasi. Media sosial bisa menjadi salah satu strategi bagi humas untuk berkomunikasi dengan publik di tengah era digital.
Pasalnya, media sosial menjadi wadah aspirasi publik untuk memberikan kritik dan saran terhadap perusahaan. Apalagi jika perusahaan tersebut mengalami krisis, maka peran media sosial begitu efektif sebagai alat komunikasi perusahaan/brand dengan publik.
“Di era new media, sekarang ini kita tidak bisa lagi mengandalkan media mainstream,” kata Prof Dr Widodo Muktiyo, Staf Ahli Menteri Kominfo, dalam ajang INFOBRAND PUBLIC RELATIONS FORUM, yang digelar oleh INFOBRAND.ID, Selasa (28/2/2023), di The Sultan Hotel, Jakarta.
Oleh karena itu, dia mengajak insan humas untuk lebih memaksimalkan potensi media sosial, karena menurut dia berdasarkan data Kominfo 2020, media sosial menjadi sumber informasi yang sering diakses masyarakat dibanding yang lainnya. Mengalahkan televisi, radio, portal berita online, dan mecdia cetak.
“Berdasarkan data Kominfo 2020 media sosial menempati urutan pertama sebagai tempat masyarakat mencari informasi dengan 76%, disusul Televisi 59,5%, berita online 25%, web resmi pemerintah 14%, media cetak 9,7%, radio 2,6%,” kata Widodo.
Sedangkan untuk sumber yang paling dipercaya oleh masyarakat data Kominfo menyebutkan media sosial menjadi sumber informasi terpercaya kedua setelah televisi, sementara situs resmi pemerintah dan berita online berada di bawahnya.
“Melihat data-data yang ada, tentunya insan public relations harus mampu memaksimalkan peran media sosaial dalam menginformasikan segala hal kepada masyarakat,” jelasnya lagi.
Prof Widodo juga menambahkan, pemerintah RI juga sangat mendukung pertumbuhan digital di Indonesia, dengan memberikan akses ke seluruh provinsi di Indonesia, pada 2020 setidaknya terdapat 459.111 KM terbentang di seluruh Indonesia.
“Terdiri dari 344.007 km Kabel Darat, 115.004 km Kabel Bawah Laut, 12.399 km Palapa Ring 446.712 km Operator Telekomunikasi, dengan jumlah Desa/Kelurahan di Indonesia yang telah tersambung mobile broadband 4G sebanyak 70.670 Desa/Kelurahan,” tandasnya.
INFOBRAND PUBLIC RELATIONS FORUM 2023 sendiri, diselenggarakan oleh INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis, untuk menjawab perkembangan dan tren teknologi digital yang terjadi di Indonesia. Dimana teknologi digital telah mempengaruhi berbagai hal dalam kegiatan bisnis, termasuk aktivitas Public Relations.
Ajang INFOBRAND PUBLIC RELATIONS FORUM 2023, dihadiri oleh ratusan praktisi PR dari sedikitnya 30 perusahaan dan brand di Indonesia. Ajang tersebut juga diikuti oleh dua penghargaan bergengsi, Top Digital Public Relations Award 2023 dan Top Official Store Award 2023.
Susilowati Ningsih, CEO INFORBAND.ID dalam kata sambutan saat membuka kegiatan mengatakan, kehadiran teknologi digital telah mengubah bagaimana cara dan tren berkomunikasi dengan public. Perkembangan teknologi digital dalam beberapa tahun terakhir juga telah mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia.
Lebih lanjut Susi menjelaskan, kegiatan INFOBRAND PUBLIC RELATIONS FORUM 2023 juga diikuti dengan kegiatan awarding, TOP DIGITAL PUBLIC RELATIONS AWARD 2023, penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan dan brand-brand yang sukses dalam memanfaatkan digital PR dalam berkomunikasi, menjalin enggagement dengan publik untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap produk dan perusahaan.
Sementara OFFICIAL STORE AWARD 2023, sebuah apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada Official Store atau Official Shop yang sukses mengoptimalkan aktivitas brand, produk atau jasa melalui marketplace.
“Dua penghargaan tersebut, tentunya kami harapkan dapat menjadi tolok ukur keberhasilan brand maupun perusahaan dalam menjalankan aktivitas brand dan perusahaan, baik itu membangun official store bagi brand-brand yang menjual produknya di marketplace, dan aktivitas Digital Public Relations bagi brand maupun perusahaan,” tandasnya.