Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Elektronik, Fashion, dan Furnitur Mendominasi Transaksi Cicilan Selama Pandemi

Posted by: 1635 viewer

Elektronik, Fashion, dan Furnitur Mendominasi Transaksi Cicilan Selama Pandemi
Platform kredit akulaku.

JAKARTA - Barang elektronik, fashion pria dan furnitur menjadi barang paling banyak dibeli dengan cara dicicil selama masa pandemi. Kenaikan volume transaksi sejumlah barang tersebut melebihi 100% dibanding dengan permintaan tahun sebelumnya.

Demikian terungkap dalam laporan Akulalu, perusahaan rintisan berbasis digital (statup) yang bergerak dalam sektor pembiayaan. Akulalu mencatatkan adanya kenaikan transaksi cicilan yang signifikan pada sejumlah barang tersebut sepanjang tahun 2020.

Direktur PT Akulaku Silvrr Indonesia, Herryson mengungkapkan, produk elektronik masih menempati urutan teratas sebagai kategori barang yang paling diburu oleh konsumen Akulaku. Harga produk elektronik yang relatif tinggi mendorong konsumen untuk bertransaksi dengan memanfaatkan opsi cicilan Akulaku.

IKLAN INFOBRAND.ID

Namun, furnitur menjadi kategori produk dengan tingkat pertumbuhan penjualan tertinggi pada tahun lalu. Kenaikan volume pesanan pada berbagai produk furnitur mencapai lebih dari 650% pada periode November hingga Desember 2020.

“Dan yang menarik adalah, lonjakan permintaan pada kategori tersebut bukan hanya didominasi brand besar yang sudah akrab di telinga masyarakat. Permintaan terhadap berbagai produk UMKM dengan kualitas yang bersaing pun turut terangkat signifikan,” ujar Herryson.

Kenaikan permintaan terhadap kategori furnitur tersebut merupakan suatu indikasi bahwa pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat dengan meluangkan lebih banyak waktu di rumah. Kondisi ini kemudian membuat masyarakat untuk meningkatkan kenyamanannya di rumah dengan cara mendekorasi ulang dan menambah perabot rumah di tengah kondisi pembatasan sosial.

Dari kategori barang home and living setidaknya ada lima perlengkapan dan perabotan rumah tangga yang paling dicari pengguna Akulaku di sepanjang 2020. Di antaranya adalah rak penyimpanan, sofa, spring bed, perlengkapan dapur, dan kasur busa. Kebiasaan baru yang serba membatasi interaksi fisik turut mendorong konsumen untuk memperoleh berbagai perlengkapan sehari-hari di rumah melalui platform daring.

Di sepanjang kuartal IV 2020, Akulaku mencatat adanya pertumbuhan jumlah merchants pada kategori fashion pria sebesar 6 kali lipat. Sementara jumlah merchants pada kategori furnitur mengalami kenaikan sebesar 2 kali lipat. Sedangkan ketersediaan penjual produk elektronik yang terhubung dengan Akulaku mengalami pertumbuhan sebesar 100%.

IKLAN INFOBRAND.ID

Secara keseluruhan, jumlah pelaku usaha baru yang terhubung dengan Akulaku terus mengalami pertumbuhan signifikan di sepanjang 2020. Saat ini rata-rata terdapat sekitar 3.000 UMKM baru yang terhubung dengan platform Akulaku di setiap kuartal.

Akulaku berkomitmen untuk terus meningkatkan dukungan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan memberikan pendampingan kepada mitra merchant dalam mengoptimalkan peluang selama masa pandemi.

Komitmen tersebut diwujudkan bukan hanya sebatas mengikutsertakan merchant dalam berbagai inisiatif kampanye promosi yang bergulir secara periodik di sepanjang tahun, melainkan juga dengan melakukan kurasi barang yang akan sesuai dengan tema promosi, memberikan rekomendasi trend

kategori barang terlaris serta strategi penetapan harga (pricing strategy) di dalam platform Akulaku. Dengan demikian, mitra merchant dapat memanfaatkan momentum lonjakan pengunjung untuk mengoptimalkan transaksi penjualan mereka tanpa beban biaya yang signifikan.

Akulaku melihat perubahan kebiasaan masyarakat turut berperan dalam mengakselerasi adopsi berbagai layanan digital, tak terkecuali layanan pembiayaan. Penggunaan fitur cicilan belanja Akulaku yang bekerjasama dengan PT Akulaku Finance Indonesia, juga turut mendukung penjualan merchant selama masa pandemi ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Pada masa pandemi ini kami melihat semakin banyak pelaku UMKM yang bergabung dengan Akulaku dan mulai memaksimalkan platform ecommerce untuk berjualan secara online. Akulaku akan terus mendukung para pelaku UMKM untuk berjualan secara online dan memenuhi kebutuhan masyarakat melalui berbagai inovasi dan peningkatan pelayanan yang prima,” tutup Herryson.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson

1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson
INFOBRAND.ID - Memperingati ulang tahun ke-30, Dekkson, merek terkemuka dan produsen kunci pintu berkualitas di Indonesia, menggelar Fun Walk dalam ke...


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...