September 1991, PT Excelso Multirasa membangun gerai pertamanya di Mal Plaza Indonesia. Brand EXCELSO diciptakan untuk memenuhi permintaan pasar menengah atas. “Kami menghadirkan kopi yang berkualitas, menepis image kopi yang bercampur jagung,”jelas Direktur Utama PT Excelso Multirasa, Kevin Christopher Mergonoto.
Dalam perkembangannya EXCELSO terus berinovasi baik dari segi produk makanan dan minuman tapi juga desain gerai dan pelayanannya.
Hingga 2018, EXCELSO memiliki lebih dari 140 gerai di 40 kota besar Indonesia. Kini brand EXCELSO telah dikenal kalangan penikmat kopi karena kualitas kopi terbaiknya yang kita sebut Indonesian Hospitality.
Dalam hal ini EXCELSO terus melakukan campaign yang menyerukan “The Finest Indonesian Coffee” bahwa produk kopi yang dijual merupakan produk kopi berkualitas dan asli Indonesia.
Untuk itu EXCELSO terus berinovasi serta beradaptasi terhadap perubahan tren pasar dengan melakukan aktivitas branding serta promotions pada channel digital tanpa melupakan channel konvensional.
Prestasi demi prestasi diraih. EXCELSO 4 kali memperoleh penghargaan Franchise Top of Mind (2012,2013,2014,2016). Lalu Indonesia Best of the Best Quality Service Award 2016, BRI Culinary Award Best Coffee Shop 2017, Franchise Market Leader 2017, Superbrand 2017, Indonesia Netizen Brand Choice Award 2018 dan Indonesia Digital Popular Brand 2017 yang diselenggarakan oleh FranchiseGlobal.com.
EXCELSO memiliki produk favorit varian kopi Kalosi Toraja, Avocado Coffee serta berbagai produk minuman Frappio yang merupakan fancy coffee. Produk-produk ini memakai bahan baku terbaik dan cara pengolahan yang tepat.”Kami percaya, dengan bahan baku dan cara pengolahan yang baik akan menghasilkan produk yang berkualitas, didukung dengan pemasaran melalui channel digital dan konvensional,”terang Kevin.
Bauran pemasaran pun digunakan untuk mendongkrak kinerja penjualan. Dimana dari sisi produk, EXCELSO terus melakukan inovasi dengan mengeluarkan produk-produk yang relevansi dengan permintaan dan tren pasar setiap 3 bulan sekali.
Dari segi harga, EXCELSO memberikan harga sesuai dengan kualitas produk dan dapat diterima di kelasnya. Lalu, dari sisi promosi, EXCELSO banyak melakukan promosi untuk mendongkrak penjualan dan bekerjasama dengan bank-bank di Indonesia untuk memberikan benefit lebih kepada konsumen.
EXCELSO juga gencar melakukan promosi dengan channel digital seperti menggunakan LINE & E-Voucher yang tersedia pada marketplace di Indonesia. “Dan, tanpa melupakan konsumen yang loyal, kami juga mempunyai aplikasi member untuk konsumen EXCELSO yang memberikan benefit berupa diskon serta cashback. Dalam hal aktifitas pemasarannya, EXCELSO membaginya menjadi dua yakni, aktifitas konvensional dan digital. “Bagi kami, experience customer yang terbaik adalah ketika brand itu hadir pada media digital dan dapat memenuhi ekspektasi customer ketika berinteraksi langsung.
Tak ayal, multiplier effect tercipta. Kehadiran EXCELSO dapat memberi manfaat bagi konsumennya. Hal ini tercermin dari pertumbuhan jumlah outlet yang bertambah setiap tahun. Ekspansi terus dilakukan secara konsisten. “Dan saat ini kami berada pada posisi very proud local brand chainstore coffeeshop yang berdampingan dengan chainstore coffeeshop dari luar negeri yang berada di Indonesia. In terms of market size masih sangat menjanjikan di Indonesia,”ungkap Kevin.-Adv