Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

FLEI Expo Sukses Selenggarakan Pameran Franchise & lisensi Pertama Kalinya di JIEXPO Kemayoran

Posted by: 760 viewer

FLEI Expo Sukses Selenggarakan Pameran Franchise & lisensi Pertama Kalinya di JIEXPO Kemayoran
PR FLEI 20th

INFOBRAND.ID- Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) edisi ke-20 untuk kesekian kalinya digelar dan terselenggara dengan sukses. Namun kali ini FLEI benar-benar membuktikan eksistensinya sebagai “Market Leader of The Biggest & Most Comprehensive Franchise, License & Business Opportunities Exhibition in Indonesia”.

Bagaimana tidak, sejak 20 tahun terselenggara, di edisi ke-20 inilah pertama kalinya dalam sejarah FLEI harus merekolasi venue yang semula direncanakan digelar di Jakarta Convention Center yang selama ini menjadi “markas utama” FLEI ke Jakarta International Expo (JIExpo Kemayoran) akibat dampak dari renovasi beberapa hall di JCC Senayan untuk keperluan kenegaraan yang berimbas pada relokasi ini.

Sebelumnya pada acara Opening Ceremony FLEI edisi ke-20 pada tanggal 5 Mei 2023 yang berlangsung dengan khidmat. Acara dibuka oleh MC untuk mempersilahkan para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya, disambung setelahnya oleh pemutaran Official Video FLEI 20th.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kata sambutan pertama dan selamat datang dari pihak organizer dipaparkan langsung oleh Bapak Royanto Handaya selaku President Director dari Panorama Media, beliau menyampaikan “Relokasi venue yang semula direncanakan direncanakan di Jakarta Convention Center ke JIExpo Kemayoran di Hall D2 ini tidak menghalangi FLEI untuk membawa hal-hal baru, diantaranya kami menyajikan “Ultimate Business Conference” dengan tema GRAB. RUN. GROW.

Tema GRAB bertujuan untuk melahirakan wiraswastawan atau wiraswastawati baru baik dari kalangan pensiunan, karyawan yang ingin mencari penghasilan tambahan, pekerja paruh waktu hingga ibu rumah tangga. Tema RUN diusung demi mondorong dan juga melengkapi perubahan atas tuntutan evolusi dari Digital for Business. Adapun tema GROW memotivasi baik dari Franchisor maupun Franchisee untuk berani berkembang bahkan hingga berekspansi ke mancanegara.”

Dilanjutkan pemaparan riset data pertumbuhan ekonomi nasional khususnya di bidang waralaba oleh Ketua Umum dari Asosiasi Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI) yaitu  Tri Raharjo, SE, MM, menurutnya saat ini pertumbuhan ekonomi nasional kembali bangkit, di tahun 2022 mencapai 5,31% tumbuh lebih baik dibandingkan tahun pertama pandemi di 2020 yang merosot hingga -2,07% dan di tahun kedua pandemi 2021 pertumbuhan ekonomi mulai naik mencapai 3,69%, bahkan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2022 setelah pandemi tumbuh lebih baik jika dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi yang hanya 5,02%.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi, kami meyakini sektor ekonomi bisnis yang semakin adaptif terhadap perubahan yang terjadi termasuk sektor Franchise, License dan Kemitraaan yang semakin bergeliat dan kembali bertumbuh. Tentu hal ini akan mendorong iklim yang kondusif dan menjadi spirit positif tersendiri bagi para pelaku usaha khususnya Waralaba, Kemitraan dan Lisensi yang kami wadahi salah satunya dengan adanya Pameran FLEI Expo ini.

Sambutan selanjutnya dipaparkan  Levita G. Supit selaku Vice Chairwoman Permanent Committee Franchising, Licensing & Network Marketing dari KADIN Indonesia. ia memaparkan, Bisnis waralaba adalah bisnis creative, innovative & proven, hingga saat ini bisnis waralaba masih terus berkembang, banyaknya brand waralaba internasional yang melakukan invasi ke Indonesia menunjukkan pasar Indonesia yang begitu menjanjikan, tentu hal ini didukung oleh populasi kita yang telah mencapai 270 juta jiwa.

IKLAN INFOBRAND.ID

 

Bisnis waralaba Indonesia sendiripun sudah terbukti mampu Go International di antaranya ekspansi bisnis ke Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Eropa, Amerika bahkan hingga ke Timur Tengah. Itulah alasan utama kami (Kamar Dagang Indonesia) untuk terus mensupport bisnis waralaba dengan mengadakan FLEI Edisi ke 20 di tahun 2023 ini.

 “Dimana di acara ini kami menghadirkan 200 brand baik lokal maupun internasional sehingga masyarakat khususnya calon entrepreneur dan para pelaku usaha itu sendiri bisa melihat dan mendapatkan banyaknya masukan, pengetahuan hingga informasi terupdate seputar waralaba,” ujar Levita.

FLEI edisi ke-20 kali ini dihadiri juga oleh perwakilan dari 3 kementerian sekaligus yaitu Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Staff Ahli Menteri Bidang Ekonomoi Makro dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Bapak Rulli Nuryanto, S.E, M.Si. yang hadir langsung pada acara Opening Ceremony ini memaparkan, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional dengan jumlah 64 juta, yang merupakan pelaku usaha terbesar yaitu tercatat 99,8% dengan sumbangsih terhadap PDB negara sebesar 60,51% dan jika bicara mengenai penyerapan tenaga kerja tercatat ada 96,9% dari total tenaga kerja di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sehingga apabila UMKM kita berkembang kuat dan bertumbuh kinerjanya, maka akan bertumbuh juga kinerja perekonomian nasional kita. Untuk itu saya kira usaha dengan konsep waralaba ini juga bisa memberi ruang dan dukungan bagi para pelaku usaha termasuk UMKM untuk berkembang dan meningkatkan omsetnya, antara pemilik waralaba dengan mitranya diharapkan dapat terjalin kerja sama usaha yang saling menguntungkan dan juga bisa tercipta transfer knowledge maupun transfer pengalaman sesama pelaku usaha.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...