Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gandeng Wahid Foundation, JTI Indonesia Dukung Penguatan Ekonomi Perempuan

Posted by: 590 viewer

Gandeng Wahid Foundation, JTI Indonesia Dukung Penguatan Ekonomi Perempuan
JTI Indonesia bersama Wahid Foundation mendukung penguatan ekonomi perempuan/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Japan Tobacco International (JTI) Indonesia dan Wahid Foundation mendeklarasikan Desa Damai di dua desa di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam mendukung penguatan ekonomi perempuan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Dua desa mendeklarasikan Desa Damai itu yakni Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo dan Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo. Selain deklarasi Desa Damai digelar di lapangan Dusun Curahjati, Desa Grajagan.

Direktur Eksekutif Wahid Foundation, Mujtaba Hamdi mengatakan, sasaran utama dari program Desa Damai di Desa Bangsring dan Grajagan adalah para pelaku ekonomi di dua desa itu, di mana 70 persen di antaranya adalah perempuan. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Melalui program ini diharapkan pemberdayaan perempuan dalam konteks ekonomi memiliki dampak yang signifikan dalam menciptakan perdamaian," kata dia dalam keterangan tertulisnya dikutip Senin (18/9/2023).

Dia menambahkan, apresiasi atas dukungan Japan Tobacco International (JTI) Indonesia, serta pemerintah desa dan pemerintah daerah setempat.

Menurutnya lagi, deklarasi Desa Damai dibarengi juga dengan kegiatan deklarasi oleh perwakilan desa serta kegiatan bazar dan kegiatan ini mencerminkan penguatan nilai perdamaian melalui elemen kewirausahaan.

Selain itu, juga diberikan bantuan alat pendukung usaha kepada 30 pelaku usaha mikro kecil dan mengambil (UMKM) di dua desa tersebut.

"Mengambil pendekatan pemberdayaan ekonomi kepada para pelaku UMKM penting untuk memperkuat resiliensi (kemampuan untuk bangkit). Pemberdayaan ekonomi merupakan pendekatan strategis dalam pencegahan dan pengendalian konflik sosial," jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan meletakkan perempuan sebagai aktor utama, lanjut Mujtaba, pemberdayaan ekonomi menjadi wahana interaksi sosial sekaligus peningkatan taraf hidup.

Sementara itu, Corporate Affairs & Communications Manager JTI Indonesia Putri Sasongko mengatakan bahwa JTI Indonesia merasa bangga bisa berperan dalam program pengembangan Desa Damai, dan menyaksikan secara langsung bagaimana program ini secara nyata memberi kontribusi terhadap komunitas masyarakat di Desa Grajagan maupun Desa Bangsring.

Dia meyakini, untuk mewujudkan Indonesia yang semakin maju membutuhkan masyarakat yang berdaya dan terbuka pada nilai-nilai keberagaman. Hal itulah yang mendorong JTI Indonesia berpartisipasi dalam pengembangan Desa Damai di wilayah-wilayah yang memiliki tantangan sosial dan ekonomi.

"Dengan harapan bahwa program yang dilakukan akan mendukung kehidupan masyarakat yang dituju menjadi lebih resilien dan memiliki kemampuan yang lebih baik di masa yang akan datang," ungkapnya.

Program pemberdayaan Wahid Foundation bekerja sama dengan Japan Tobacco International (JTI) Indonesia telah berjalan sejak bulan April 2023.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Deklarasi dan Bazar Desa Damai, Andreas Dwi Prasetyo mengatakan kegiatan bazar ini bazar yang dikelola oleh UMKM binaan Wahid Foundation ini berlangsung dua hari untuk menyemarakkan rasa damai dalam keberagaman di Desa Grajakan dan Bangsring.

"Semakin kokoh-nya toleransi beragama maka akan turut membantu tercapainya kemakmuran ekonomi, terlebih dalam prosesnya mendorong partisipasi perempuan," katanya.

Kepala Desa Grajagan, Supriono menegaskan bahwa kultur masyarakat Desa Grajagan memang majemuk, lima agama (Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Katolik) hidup rukun dan berdampingan di desa itu.

"Kami sering mengadakan kegiatan bersih desa, dan sebelum itu melakukan doa lima agama, pun dalam kegiatan sosial kami juga terhubung saling membantu, kami mengajak selalu kelompok agama dan para tokoh dan umat untuk kegiatan-kegiatan desa," tuturnya.

Berbagai produk unggulan pelaku UMKM binaan Wahid Foundation di dua desa itu turut dipamerkan. Hal ini dilakukan agar produk-produk yang dihasilkan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat umum, dan nantinya dapat lebih berkembang dan mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...