Rabu, 11 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Granita, Pioneernya Kopi Ready To Drink

Posted by: 10118 viewer

Granita, Pioneernya  Kopi  Ready To Drink
dok. Granita

Melihat pangsa pasar minuman hanya didominasi kepada kalangan menengah atas dan kurangnya produsen ready to drink (RTD) membidik target market class B dan class C, menggelitik PT Setia Pesona Cipta (SPC) untuk terjun ke bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) pada tahun 1999. 

Pertama kalinya diciptakan produk AMDK  dengan variasi kopi rasa capucinno dengan sajian dalam bentuk kopi dingin. Tak sedikit orang pesimis dan menganggap Kopi Granita adalah terobosan yang aneh. Karena sebagian masyarakat Indonesia terbiasa minum kopi panas. Tetapi ketika diluncurkan  ke pasar ternyata kehadiran Granita mampu menepis anggapan bahwa minuman kopi dengan sajian dingin itu sangat aneh. “Dan kami  mendapatkan respon yang baik. Dalam waktu singkat sukses melakukan penetrasi pasar,” jelas Yufo Sutantio, Manager Sales and Marketing  SPC.

SPC merupakan salah satu perusahaan PIONEER dan Terbesar di Indonesia untuk produsen minuman yang memperkenalkan minuman kopi AMDK dengan sajian kopi dingin. Perusahaan ini  sukses menembus pangsa pasar Kopi Ready to Drink.  Permintaan yang tinggi membuat pihak SPC menambah kapasitas produksinya  dengan mendirikan  pabrik di Jawa Timur, setelah tiga pabrik sebelumnya yang dibangun di  wilayah Jawa Barat.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tak pelak,  sejumlah penghargaan diraih dan  makin mengokohkan posisi SPC sebagai produsen minuman RTD di Indonesia. Diantaranya, 7 tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan bergengsi bagi dunia bisnis yaitu TOP BRAND AWARD dari tahun 2012 – 2018.  “Kesuksesan  sebagai produsen minuman di Indonesia tidak lepas dari cinta dan loyalitas konsumen SPC. Kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik, berkualitas baik dan memiliki cita rasa tinggi hanya untuk para konsumen setia kami,”papar Yufo yang menyebutkan keunggulan Granita yang mengandung biji kopi 100%, menggunakan 100% gula asli dan prestasi dengan sejumlah penghargaan yang diraih.

Akhirnya  terbentuk  persepsi konsumen  tentang Granita sebagai minuman Kopi Susu dengan  positioning kopi dengan rasa yang Enak. Reputasi brand Granita pun mendapat apresiasi dari lembaga riset dan media. Dalam beberapa  tahun terakhir Granita mendapat penghargaan di kategori Ready To Drink Coffee  dari Top Brand Award dari tahun 2012-2018, lalu Sosial Media Award 2018 dan  Indonesia Retail Marketing Award 2015.

Dengan prestasi ini justru membuat SPC konsisten memberikan after sales service dengan mempermudah customer berkomunikasi dengan pihak perusahaan dan menerima pengaduan melalui call centre. Juga menjaga kualitas produk dan konsisten memberi informasi kepada masyarakat, baik secara digital melalui social media maupun secara konvensional  dengan berkunjung ke lapangan dan melakukan survey ke masyarakat. Diantaranya melakukan promosi lewat social media, menggelar banyak event below the line dan ikut terlibat dalam kegiatan sponsorship.

Sebagai produk Ready To Drink Coffee,  saat ini Granita menguasai Traditional market dengan komposisi sebesar 70% dan digital market sebesar 30%. Dimana ke depannya PT Setia Pesona Cipta berkomitmen melakukan ekspansi  lebih luas agar distribusinya merata ke seluruh Indonesia. Inovasi pun terus dilakukan dengan membuat varian rasa baru dan merubah packaging.-Adv

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta

FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta
INFOBRAND.ID - Memasuki hari keempat, pameran tanaman hias Floriculture Indonesia International (FLOII) Expo 2024 semakin meriah dan dipadati pengunju...


RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun

RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun
INFOBRAND.ID-Pelemahan daya beli masyarakat saat ini berimbas pada berbagai industri di Indonesia, termasuk industri pariwisata. RedDoorz, platform te...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif

INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif
INFOBRAND.ID - Dalam perjalanan waktu, hanya sedikit merek yang mampu bertahan dan terus berkembang, melintasi dekade demi dekade. Merek-merek ini tid...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 

INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 
INFOBRAND.ID - Customer satisfaction, atau kepuasan pelanggan menjadi prasarat agar produk atau layanan dari sebuah brand dipilih kembali, atau bahkan...