Melihat pangsa pasar minuman hanya didominasi kepada kalangan menengah atas dan kurangnya produsen ready to drink (RTD) membidik target market class B dan class C, menggelitik PT Setia Pesona Cipta (SPC) untuk terjun ke bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) pada tahun 1999.
Pertama kalinya diciptakan produk AMDK dengan variasi kopi rasa capucinno dengan sajian dalam bentuk kopi dingin. Tak sedikit orang pesimis dan menganggap Kopi Granita adalah terobosan yang aneh. Karena sebagian masyarakat Indonesia terbiasa minum kopi panas. Tetapi ketika diluncurkan ke pasar ternyata kehadiran Granita mampu menepis anggapan bahwa minuman kopi dengan sajian dingin itu sangat aneh. “Dan kami mendapatkan respon yang baik. Dalam waktu singkat sukses melakukan penetrasi pasar,” jelas Yufo Sutantio, Manager Sales and Marketing SPC.
SPC merupakan salah satu perusahaan PIONEER dan Terbesar di Indonesia untuk produsen minuman yang memperkenalkan minuman kopi AMDK dengan sajian kopi dingin. Perusahaan ini sukses menembus pangsa pasar Kopi Ready to Drink. Permintaan yang tinggi membuat pihak SPC menambah kapasitas produksinya dengan mendirikan pabrik di Jawa Timur, setelah tiga pabrik sebelumnya yang dibangun di wilayah Jawa Barat.
Tak pelak, sejumlah penghargaan diraih dan makin mengokohkan posisi SPC sebagai produsen minuman RTD di Indonesia. Diantaranya, 7 tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan bergengsi bagi dunia bisnis yaitu TOP BRAND AWARD dari tahun 2012 – 2018. “Kesuksesan sebagai produsen minuman di Indonesia tidak lepas dari cinta dan loyalitas konsumen SPC. Kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik, berkualitas baik dan memiliki cita rasa tinggi hanya untuk para konsumen setia kami,”papar Yufo yang menyebutkan keunggulan Granita yang mengandung biji kopi 100%, menggunakan 100% gula asli dan prestasi dengan sejumlah penghargaan yang diraih.
Akhirnya terbentuk persepsi konsumen tentang Granita sebagai minuman Kopi Susu dengan positioning kopi dengan rasa yang Enak. Reputasi brand Granita pun mendapat apresiasi dari lembaga riset dan media. Dalam beberapa tahun terakhir Granita mendapat penghargaan di kategori Ready To Drink Coffee dari Top Brand Award dari tahun 2012-2018, lalu Sosial Media Award 2018 dan Indonesia Retail Marketing Award 2015.
Dengan prestasi ini justru membuat SPC konsisten memberikan after sales service dengan mempermudah customer berkomunikasi dengan pihak perusahaan dan menerima pengaduan melalui call centre. Juga menjaga kualitas produk dan konsisten memberi informasi kepada masyarakat, baik secara digital melalui social media maupun secara konvensional dengan berkunjung ke lapangan dan melakukan survey ke masyarakat. Diantaranya melakukan promosi lewat social media, menggelar banyak event below the line dan ikut terlibat dalam kegiatan sponsorship.
Sebagai produk Ready To Drink Coffee, saat ini Granita menguasai Traditional market dengan komposisi sebesar 70% dan digital market sebesar 30%. Dimana ke depannya PT Setia Pesona Cipta berkomitmen melakukan ekspansi lebih luas agar distribusinya merata ke seluruh Indonesia. Inovasi pun terus dilakukan dengan membuat varian rasa baru dan merubah packaging.-Adv