Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Inovasi Bank Muamalat: Gencarkan Reformasi Layanan Digital Untuk Tingkatkan Loyalitas Nasabah

Posted by: 1846 viewer

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. mencatat selama pandemic Covid 19, terjadi pergeseran kebiasaan nasabah Muamalat menjadi lebih aktif menggunakan layanan digital. Bank Muamalat pun melakukan inovasi untuk menggencarkan reformasi layanan digital. Dengan layanan digital yang terintegrasi, nasabah Muamalat hanya perlu menggunakan ponsel pintarnya untuk melakukan seluruh aktivitas perbankan.

Inovasi Bank Muamalat: Gencarkan Reformasi Layanan Digital Untuk Tingkatkan Loyalitas Nasabah
Pembaruan layanan digital Bank Muamalat diharapkan dapat meninggkatkan loyalitas nasabah dan menjangkau generasi milenial.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. mencatat selama pandemic Covid 19, terjadi pergeseran kebiasaan nasabah Muamalat menjadi lebih aktif menggunakan layanan digital. Bank Muamalat pun melakukan inovasi untuk menggencarkan reformasi layanan digital. Dengan layanan digital yang terintegrasi, nasabah Muamalat hanya perlu menggunakan ponsel pintarnya untuk melakukan seluruh aktivitas perbankan.

Awaldi, Operation Director Bank Muamalat, mengatakan bahwa perkembangan layanan berbasis digital secara umum akan terus meningkat. Saat ini, telah terjadi pergeseran kebiasaan nasabah Muamalat menjadi lebih aktif menggunakan layanan digital, dan semakin sedikit yang datang ke kantor cabang.

Hal itu terlihat dari transaksi digital yang dilakukan nasabah selama pandemi Covid-19 mencapai 60% dari total sekitar 2 juta transaksi per bulan. Padahal, porsi transaksi digital sebelum pandemi hanya sekitar 30% dari total transaksi.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Selain kami memiliki nasabah yang sangat loyal, kami juga ingin memberikan layanan terbaik bukan hanya secara fisik tapi juga digital. Karena pandemi Covid-19, transaksi di cabang turun, ATM sekitar 30%, sedangkan 60% sisanya melalui mobile banking,” katanya kepada Bisnis.

Awaldi menjelaskan, Muamalat saat ini melakukan pembenahan mulai dari front end untuk meningkatkan layanan yang dinikmati nasabah hingga back end dengan reengineering infrastruktur digital, termasuk menggunakan sistem robotik.

Untuk front end, saat ini Muamalat telah memiliki sedikitnya lima layanan yang sangat memudahkan nasabah Muamalat, diantaranya:

  1. Digital Account Opening
  2. QRIS (Pembayaran melalui QR code)
  3. Smart Account Opening
  4. Smart Transaction alias Transaksi Tanpa Kertas
  5. Pemutakhiran SalamMuamalat untuk call center
  6. Muamalat DIN

“Target kami ialah customer experience, kami ingin nasabah kami bertransaksi dengan mudah dan sederhana. Di Muamalat, kami tidak hanya cari profit tapi nasabah mendapat bagi hasil. Di luar itu kami ingin nasabah bertransaksi dengan mudah, cepat dan convenient,” ujarnya.

Pada September 2020, lanjutnya, Muamalat akan melakukan soft launching digital account opening untuk nasabah baru.Peluncuran secara resminya

IKLAN INFOBRAND.ID

sendiri akan dilakukan setelah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Digital account opening, katanya, akan mendukung layanan branchless banking Muamalat di mana calon nasabah dapat membuka rekening tanpa harus ke bank. Muamalat akan meningkatkan kerja sama dengan masjid, pesantren dan organisasi Islam lainnya untuk membuka rekening baru.

“Sekarang sekitar 10% nasabah yang datang ke cabang kebanyakan karena membuka rekening. Nanti lewat ponsel bisa. Di cabang juga tidak pakai kertas atau formulir lagi, tinggal isi [melalui gawai], itu yang kami sebut smart account opening kalau dia datang ke cabang,” jelasnya.

Melalui smart account opening, Muamalat optimistis dapat memangkas waktu tunggu karena nasabah dapat langsung mendapatkan kartu ATM dan PIN untuk digunakan. Setelah membuka rekening, nasabah dapat menikmati semua kemudahan layanan digital Bank Muamalat melalui DIN.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson

1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson
INFOBRAND.ID - Memperingati ulang tahun ke-30, Dekkson, merek terkemuka dan produsen kunci pintu berkualitas di Indonesia, menggelar Fun Walk dalam ke...


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...