JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memberikan madu dan vitamin untuk anak menjadi usaha yang gampang-gampang susah. Memahami kebutuhan tersebut, PT Herba Utama, produsen herbal terkemuka di Indonesia berinovasi menghadirkan Madu Enak Stick, yang diyakini akan disukai oleh anak-anak, sehingga lebih mudah untuk memberikannya.
Madu dan vitamin C sendiri, menjadi penting diberikan untuk anak, karena kandungan di dalamnya sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak. Selain untuk mempertebal imun, madu juga bisa menjadi teman sehat untuk si kecil supaya tidak terserang penyakit, apalagi disituasi pandemi seperti satu setengah tahun belakangan ini.
Berkat inovasi ini, Madu Enak Stick meraih penghargaan Top Innovation Choice Awards 2021 yang diberikan oleh TRAS N CO Indonesia Bersama dengan Infobrand.Id untuk inovasi Madu Enak Stick, Madu dalam kemasan Stick dengan kandungan Vitamin C khusus untuk anak-anak.
Melalui acara BrandTalks, Frendi Pranacitra R selaku Marketing Manager PT Herba Utama hadir memberikan wawasan baru kepada masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi madu dan asal-usul munculnya Madu Enak Stick ini hadir di masyarakat. Dijelaskan, bahwa inovasi lahirnya Madu Enak Stick dari penjualan madu yang sering kali dilihat dipasaran yang sedikit, makanya perusahaan mencoba melakukan hal baru supaya masyarakat akan lebih familiar lagi dengan madu khsususnya anak-anak.
“Kami membuat dengan kemasan stick karena memang ingin melakukan inovasi sebagai madu yang pertama dengan bentuk stick yang cocok untuk anak-anak,” jelas Frendi.
Menurutnya, anak-anak memang kerap kali senang dengan sesuatu hal baru, apalagi tentang kemasan-kemasan unik. Melalui inovasi tersebut juga menjadi bukti nyata bahwa perusahaan secara konsisten dengan market pasar yang dituju. Karena pesaing dalam hal madu masih menggunakan kemasan yang general sehingga penjualan dalam produk madu masih sangat kecil didapatkan.
Herba Grup sendiri merupakan perusahaan yang berkonsisten menjadi perusahaan dengan produk-produk herbal. Untuk produk madu stick sendiri selain dalam pengemasannya yang beda dari yang lain juga terdapat empat varian rasa yang disajikan oleh PT Herba Utama serta karakter-karakter lucu yang sangat cocok untuk anak.
Dengan berbagai macam kemasan hingga rasa, perusahaan juga tak lupa akan manfaat yang ditawarkan oleh Madu Enak Stick seperti manfaat madu dan vitamin C di dalamnya. Dan varian produk ini juga bisa disajikan langsung atau di campur di makanan anak-anak.
Sejak lauching pada tahun 2018, produk Madu Enak Stick ini memang belum langsung dikenal oleh seluruh masyarakat. Namun, PT Herba Utama mempunyai inovasi lain dalam berpromosi. Hal itu bisa dilihat dari penetrasi dan distribusi yang dilakukan di beberapa sekolah SD, tempat wisata, dan via guru dengan memperkenalkan produk kepada anak-anak disambut respon positif terhadap Madu Enak Stick sehingga menaikkan angka penjualan.
“Sampai tahun 2020 kemarin, Madu Enak Stick menjadi kontributor dari bisnis kita,” ungkap Frendi.
Secara pertumbuhan dari brand madu itu sendiri, sangat signifikan diatas 60% selama masa pandemi, memang setengahnya itu didominasi oleh Madu Enak Stick sendiri. Produk ini mendominasi dikarenakan pemerataan produk yang sudah luas dan dan harga yang terjangkau mulai dari Rp1.000 – Rp1.500 dan yang terakhir dari segi produk kemasan yang memang tidak ada bentuk madu lain seperti yang dilakukan PT Herba Utama pada inovasinya tersebut.
Lebih lanjut lagi soal presentase penjualan, Madu Enak Stick sendiri capai 50% keuntungan untuk perusahaan. Karena selain mempunyai produk yang khusus untuk anak-anak, madu enak juga terdiri dari kemasan sachet dan botol yang terbuat dari madu asli dan sangat cocok dikonsumsi ketika musim pandemic seperti ini.
Dalam melakukan promosi selama masa pembatasan sosial, perusahaan melakukan siasat penting dengan memanfaatkan ranah digital seperti sosial media, dibantu juga promosi dengan influencer. Akan tetapi perusahaan juga tidak meninggalkan aktivitas offline yang dilakukan, aktivitas tersebut diubah dalam bentuk kegiatan CSR disertai dengan sampling untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan pertolongan atau terpapar virus covid-19.
Target perusahaan sendiri kedepannya dinyatakan Frendi akan mengadakan edukasi-edukasi socialing kepada masyarakat, dikarenakan hampir semua brand ditahun ini memasuki pasar yang berhubungan dengan Covid-19. Oleh karena itu sebagai perusahaan herbal akan mengedukasi lebih baik lagi kepada masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi madu untuk mempertebal daya tahan tubuh.
“Selain itu kita juga akan melauching produk-produk baru nantinya dengan inovasi yang tidak kalah menarik dari Madu Enak Stick ini,” tutup Frendi.