Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kampus UMKM Shopee Surakarta Targetkan 10.000 Eksportir Baru Tahun Ini

Posted by: 1857 viewer

Kampus UMKM Shopee Surakarta Targetkan 10.000 Eksportir Baru Tahun Ini
Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming (kiri) bersama Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor. (Foto: Shopee)

Shopee Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Surakarta mendirikan Kampus UMKM Shopee Ekspor untuk mempersiapkan UMKM Surakarta Go Ekspor. Peresmian kampus Selasa (18/3/2021) menandai menandai komitmen jangka panjang Shopee untuk mewujudkan 10.000 eksportir asal Surakarta di akhir tahun ini. bangunan fisik 3 lantai yang berlokasi di tengah Kota Surakarta itu juga menjadi fasilitas komprehensif yang dapat dinikmati oleh seluruh pelaku UMKM yang berdomisili di Surakarta.

Dalam kunjungannya ke Kampus UMKM Shopee Ekspor yang berlokasi strategis di Banjarsari dekat Stasiun Solo Balapan, Gibran Rakabuming, Wali Kota Surakarta mengatakan, pembukaan Kampus UMKM Surakarta Ekspor yang diinisiasi Shopee menjadi langkah lanjutan untuk merangkul lebih banyak lagi pelaku bisnis asal Surakarta untuk bisa unjuk gigi ke pasar global kedepannya.

“Saya berharap dengan akses pembelajaran dan pendampingan yang semakin mudah, semakin banyak UMKM Surakarta yang tergerak untuk meningkatkan kualitasnya, dan menunjukkan mutu barang asli Surakarta yang berdaya saing,” ujar Gibran.

IKLAN INFOBRAND.ID

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia menyampaikan, diresmikannya Kampus UMKM Shopee Ekspor merupakan awalan kami dalam menjadikan Kota Surakarta sebagai cetak biru (blueprint) atau kota percontohan pendidikan ekspor UMKM pertama. Dengan mengedepankan lima fokus utama untuk mempersiapkan UMKM go global, yakni edukasi yang berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran dan logistik, serta ekspor.

“Kami harap pengembangan kapasitas dan kualitas produksi pelaku UMKM Surakarta bisa menjadi lebih terarah,” ujar Handhika.

Menitikberatkan pada pentingnya pendampingan hulu ke hilir secara konsisten dalam mewujudkan pelaku-pelaku eksportir baru dari Surakarta, Kampus UMKM Shopee Ekspor yang dibalut cat oranye khas Shopee ini dilengkapi dengan serangkaian program dan fasilitas yang mengakomodir seluruh kebutuhan bisnis para pelaku UMKM, antara lain:

Edukasi untuk UMKM: Layanan utama yang diberikan di Kampus UMKM Shopee Ekspor. Pelaku UMKM di Surakarta dapat langsung datang dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan pelatihan. Shopee telah menyusun kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan para penjual.

Adapun kurikulumnya mencakup antara lain:

IKLAN INFOBRAND.ID

  • Modul 1: Pembuatan & Pengaturan Toko di Shopee 
  • Modul 2: Pengaturan Pengiriman dan Cara Pemrosesan Pesanan
  • Modul 3: Pengaturan Fitur Promosi
  • Modul 4: Pemahaman Manajemen Toko
  • Modul 5: Mengenal Program-Program Penjual di Shopee dan Pengenalan Shopee Ekspor
  • Modul 6: Pemahaman Seller Centre dan Mengoptimalkan Manajemen Toko Lebih Lanjut
  • Modul 7: Meningkatkan Trafik Toko dengan Iklan Shopee
  • Modul 8: Memaksimalkan Traffic melalui Shopee Feed & Shopee Live
  • Modul 9: Persiapan Menuju Ekspor

Pendampingan bisnis untuk UMKM: Guna mengakomodir masukan, pertanyaan, serta memberikan pendampingan untuk para pelaku UMKM asal Surakarta, Kampus UMKM Shopee Ekspor menghadirkan Trainer Shopee dan tim Customer Service yang terdedikasi. Trainer Shopee diperuntukkan menjadi perpanjangan tangan Shopee bagi para pelaku UMKM terdaftar melalui program edukasi serta memberikan saran bagi para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan performa bisnisnya. 

Fasilitas pendukung performa bisnis UMKM: Selain edukasi dan layanan pendampingan yang disediakan, Kampus UMKM Shopee Ekspor juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM di kota Surakarta untuk dapat menjaga dan meningkatkan performa bisnisnya. Semua fasilitas yang tersedia dapat digunakan oleh para pelaku UMKM secara gratis di Kampus UMKM Shopee Ekspor. Adapun fasilitas yang tersedia, antara lain;

  • Fasilitas bantuan pembuatan toko: layanan pembuatan dan pengaturan toko bagi pelaku UMKM yang belum terdaftar di Shopee, termasuk pembuatan akun Shopee, pengambilan foto dan upload produk, serta pendaftaran layanan Gratis Ongkir. Penyelenggaraan event edukasi bagi Pelaku UMKM yang belum terdaftar di Shopee untuk memahami layanan dan fitur Shopee.
  • Fasilitas edukasi: ruangan training berkapasitas 30 orang, dengan program edukasi hulu ke hilir lengkap dari cara pembuatan & pengaturan toko, fitur promosi & manajemen toko, cara meningkatkan traffic sampai ke persiapan menuju ekspor. Pusat Edukasi (education corner - berisi informasi tentang cara pembuatan dan pengaturan toko dan fitur promosi Shopee dengan laptop serta ponsel yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mencoba fitur seller center, dan aplikasi shopee.
  • Fasilitas manajemen logistik: tempat simulasi sistem gudang dengan berbagai peralatan yang layaknya ditemukan di sistem inventaris toko online seperti rak, peralatan pengemasan, barcode scanner, dan printer thermal.
  • Fasilitas pemasaran: studio foto, live streaming room lengkap dengan backdrop, sistem lighting, tripod serta mikrofon yang bisa langsung digunakan oleh pelaku UMKM.
  • Fasilitas ekspor: Pusat Ekspor (export corner - berisi informasi dan panduan persiapan ekspor serta pojok pameran berbagai produk ekspor dari kota Solo).
  • Fasilitas Ruang Meeting: 4 ruang pertemuan yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM dan Shopee Trainer untuk pelatihan dan pendampingan secara individu

Fasilitas Kampus UMKM Shopee Ekspor ini dapat digunakan secara gratis untuk para pelaku UMKM khususnya di Kota Surakarta. Adapun cara-cara menggunakan fasilitas tersebut bisa dengan datang langsung dan mendaftar bagi yang belum bergabung bersama Shopee.

Saat ini, tercatat telah ada sekitar 40.000 UMKM di Kota Surakarta yang terdaftar di Shopee, dan 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif. Kerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta ini sejalan dengan langkah strategis lainnya yang dilakukan Shopee untuk meningkatkan kualitas para pelaku UMKM tanah air.

Shopee juga mencatatkan keberhasilannya dalam program ekspor dengan peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun (Juni 2020 - Januari 2021). Melanjutkan komitmen tersebut, di bulan Februari 2021, 1,5 juta produk pedagang lokal berhasil diekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina. Program Ekspor Shopee ini juga akan terus dikembangkan dengan menambahkan jangkauan ekspor baru. Tidak hanya di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam yang telah berjalan sejak bulan Maret, tapi juga telah merambah ke Amerika Selatan, yaitu Brasil.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam mendukung program pemerintah untuk memajukan UMKM, Shopee Indonesia juga berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor untuk dapat mewujudkan tercetaknya 500.000 eksportir baru hingga tahun 2030. Program kolaborasi antara Shopee dengan Sekolah Ekspor ini turut didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dan sudah dimulai sejak awal Maret 2021. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...