Senin, 24 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kemendag Ajak Pelaku Usaha Lirik Pasar Non Tradisional Finlandia

Posted by: 1388 viewer

Kemendag Ajak Pelaku Usaha Lirik Pasar Non Tradisional Finlandia
Pasar Non Tradisional Finlandia

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Kementerian Perdagangan mengajak pelaku usaha, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM), untuk melirik potensi-potensi yang dapat digali di Finlandia sebagai negara tujuan ekspor nontradisional. Kerja sama antara Kemendag RI dan badan Findolainen Business Hub Ltd. dari Finlandia berusaha membangun momentum tersebut.

Hal tersebut mengemuka dalam forum bisnis ‘Peluang Pasar di Finlandia’, Kamis (4/11). Forum tersebut adalah bagian dari rangkaian acara pameran dagang internasional Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI–DE) 2021 yang berlangsung pada 21 Oktober–4 November 2021.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan menyampaikan, para pelaku usaha Indonesia diajak untuk mulai menjajaki pasar Finlandia yang semakin terbuka.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kegiatan ini dapat terwujud melalui pembicaraan Kemendag dengan Finpartnership dari Finlandia. Kita ingin bersama-sama mengembangkan produk-produk Indonesia agar dapat memanfaatkan pasar Finlandia dengan baik. Forum ini ingin mewujudkan hal tersebut,” kata Marolop secara virtual saat membuka forum bisnis.

Findolainen Business Hub Ltd. merupakan badan pelaksana (implementing agency) untuk program Finnpartnership. Finnpartnership sendiri merupakan program kemitraan bisnis di bawah Kementerian Luar Negeri Finlandia. Program tersebut bertujuan memberikan dampak ekonomi melalui promosi perdagangan antara Finlandia dan negara-negara berkembang.

Forum bisnis ‘Peluang Pasar di Finlandia’ digelar secara hibrida. Para peserta berasal dari pelaku usaha, eksportir, distributor, hingga perwakilan dinas yang membidangi perdagangan.

Forum tersebut turut menghadirkan narasumber Analis Perdagangan Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kemendag, Dhonny Yudho Kusuma; Managing Director Findolainen, Dea Viinikainen; dan CEO Sheo Home Living, Ayu Anandani sebagai pelaku usaha yang berhasil menembus pasar Finlandia.

Dhonny dari Kemendag menyampaikan perlunya pelaku usaha memanfaatkan market intelligence dalam aktivitas usaha. “Informasi yang didapatkan dari market intelligence dapat digunakan oleh produsen, eksportir, dan pelaku usaha lainnya untuk menentukan brand positioning, pengembangan produk selanjutnya, atau hal-hal lain yang dianggap perlu dalam pengembangan bisnis para pelaku usaha,” kata Dhonny.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara itu, Dea dari Findonlainen menyampaikan Finlandia berpotensi menjadi hub ke negaranegara nordic karena berbatasan dengan Swedia di barat, Rusia di timur, Norwegia di utara, dan Estonia di selatan. Ia juga mengatakan, karakteristik pembeli di Finlandia adalah menyukai data dan mengedepankan kejujuran.

“Secara karakteristik, penentu utama pembelian adalah kualitas. Faktor lain adalah keamanan, asal produk, dan citra merek. Kepatuhan terhadap standar Eropa dianggap sebagai suatu jaminan kualitas. Konsumen Finlandia semakin tertarik pada produk ekologis yang menghargai keberlanjutan. Konsumen Finlandia menyukai produk-produk yang sederhana, praktis, dan fungsional. Mereka menyukai desain kemasan yang minimalis dan memuat informasi detail. Selain itu, setiap musim memiliki preferensi tersendiri,” kata Dea.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...