Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kerja Sama Tokko dan LinkAja Dorong Inklusi Digital Untuk UMKM Indonesia

Posted by: 1592 viewer

Kerja Sama Tokko dan LinkAja Dorong Inklusi Digital Untuk UMKM Indonesia
Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama Tokko dan LinkAja

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Tokko, sebagai salah satu platform pembuatan toko online baru saja mengumumkan kolaborasinya tahun ini dengan aplikasi dompet digital populer LinkAja. Kolaborasi ini dibuat dengan tujuan mengedukasi UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasi bisnis mereka lewat pembuatan kanal toko online melalui fitur website gratis yang disediakan Tokko.

Dengan menargetkan lebih dari 65.000 merchant LinkAja yang akan mendapat pelatihan digital melalui Webinar dan juga pendampingan dalam upaya mendigitalisasikan bisnis mereka dengan metode edukasi yang disediakan oleh aplikasi Tokko. Peresmian kerja sama tersebut ditandai oleh penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan secara virtual oleh kedua perwakilan dari PT. Beegroup Financial Indonesia (Tokko) dan PT. Fintek Karya Nusantara (LinkAja) pada tanggal 2 Juli 2021.

Mewakili Tokko, VP of Acquisition and Growth PT Beegroup Financial Indonesia, Arlan Andhika mengatakan kerja sama ini merupakan langkah awal dari perjalanan panjang Tokko untuk mengambil peran dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia lewat teknologi digital. Kondisi pandemi saat ini tentunya membuat para pelaku UMKM dihadapkan dengan ketidakpastian bisnis karena ketergantungan mereka terhadap transaksi offline.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Sinergi dengan LinkAja ini bertujuan saling memperkuat kedua pihak dalam mengembangkan kualitas produk dan mengedepankan peningkatan teknologi, khususnya di periode pandemi. Selain itu, keterbukaan akses terhadap keahlian kedua pihak diharapkan mampu menghadirkan solusi yang tepat untuk produk dan ekosistem yang tangguh bagi UMKM Indonesia,” kata Arlan.

Kerja sama antara Tokko dan LinkAja nantinya akan menjalankan pilot project berupa pelatihan online melalui webinar yang akan diberikan oleh Tokko kepada mitra LinkAja, yang menjual berbagai produk di kategori seperti makanan, minuman, busana, kecantikan dan kesehatan, serta kebutuhan rumah tangga.

Selain itu dengan adanya kolaborasi ini guna mendukung mitra UMKM dari Tokko agar mendapatkan visibilitas yang lebih luas sehingga mitra Tokko dapat menjangkau pengguna LinkAja melalui special banner yang akan ditampilkan pada aplikasi LinkAja. Terlebih pada periode PPKM, inisiatif ini juga diharapkan dapat membantu merchant LinkAja mentransformasi bisnis mereka dari offline ke online.

Tokko, aplikasi yang hadir sejak Oktober 2020, merupakan bagian dari PT BeeGroup Financial Indonesia yang menaungi aplikasi pencatatan keuangan populer BukuKas. Dalam 10 bulan sejak diluncurkan, Tokko telah menggandeng 1,4 juta mitra dan 400.000 pengguna aktif yang tersebar di lebih dari 500 kota di seluruh Indonesia.

Hingga Juni 2021, LinkAja telah memiliki 71 juta pengguna terdaftar yang tersebar di kota tier dua dan tiga, dan di antaranya ada sebanyak 1,1 juta mitra UMKM  dari seluruh pengguna yang terdaftar pada platform LinkAja.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ke depannya, Tokko dan LinkAja akan terus berupaya untuk mengedukasi para pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan platform digital serta lebih familiar terhadap mekanisme penjualan online, khususnya di era digital. Kemitraan ini juga memperkuat sinergi kedua pihak guna mengambil peran dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...