Sabtu, 02 Juli 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Kominfo Dorong Startup Digital Raih Peluang

Posted by: 15-06-2022 16:36 WIB 140 viewer

Kominfo Dorong Startup Digital Raih Peluang
Dok. Kominfo

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pemerintah terus melakukan langkah strategis untuk percepatan transformasi digital nasional. Melalui program HUB.ID Accelerator 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengembangkan ekosistem digital nasional khususnya startup digital dengan membuka program yang memungkinkan pelaku start up digital mengembangkan jejaring dan mendapatkan investasi itu.

"Registrasi program HUB.ID Accelerator 2022 telah resmi dibuka pada 11 Juni 2022 melalui laman www.hub.id dan ditutup pada tanggal 10 Juli 2022," tutur Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan di Jakarta Pusat, Senin (13/06/2022).

Menurut Dirjen Semuel, tahun ini program HUB.ID Accelerator menargetkan peningkatan jumlah business matchmaking dengan pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan investor.

“Pada tahun 2022 ini, Kominfo tetap menyelenggarakan program yang memiliki fokus untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, kerja sama bisnis, dan investasi bagi startup digital," ujarnya.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo  menyatakan pengembangan ekosistem digital dalam program HUB.ID Accelerator 2022 melibatkan tiga komponen penting, diantaranya infrastruktur, dukungan regulasi, dan ketersediaan talenta digital yang mumpuni.

“Seluruh teknologi digital yang tersedia di sekitar kita sekarang, sudah mulai banyak diisi oleh para pelaku industri teknologi digital dari dalam negeri. Kita patut bangga dengan makin meningkatnya semangat "digital entrepreneurship" di kalangan anak muda yang ditunjukkan makin banyak startup digital tumbuh dan berkembang,” jelasnya.

Dirjen Semuel menegaskan penyelenggaraan program HUB.ID Accelerator merupakan implementasi peran Kementerian Kominfo sebagai leading sector dalam upaya percepatan transformasi digital.

"Tidak hanya sebagai regulator dan fasilitator, melainkan juga akselerator. Kominfo menyiapkan masyarakat agar bisa hidup di era ekonomi digital dengan berbagai program literasi digital, meningkatkan adopsi teknologi di sektor-sektor strategis, serta membersamai UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia," jelasnya.

Mengenai target startup digital yang akan difasilitasi, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo menargetkan 25 startup digital dengan kriteria pada posisi seeds sampai dengan pre-series A.

"Banyak fitur-fitur program yang kita laksanakan di HUB.ID Accelerator dengan mengukur kebutuhan dari dua sisi, yaitu menyelaraskan sinergi kebutuhan startup digital dengan mitra bisnis dan investor," jelas Direktur I Nyoman Adhiarna.

Seluruh startup yang terpilih akan mengikuti serangkaian tahapan seperti monitoring, business matchmaking, startup gathering, promotional roadshow dan networking seasin di enam kota.

“Keenam kota itu yakni Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Medan Kita berharap, banyak fitur-fitur program yang dilaksanakan oleh HUB.id ini dengan mengukur kebutuhan dari dua sisi yaitu kebutuhan startup digital dan mitra bisnis, serta investor. Kedua-duanya harus kita perhatikan,” ujar Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo.

Lewat program HUB.ID Accelerator, Direktur I Nyoman Adhiarna beharap akan ada banyak startup digital dan mitra bisnis yang bergabung dan bekerjasama di dalam program yang dilaksanakan selama lima bulan ke depan. Pada akhirnya, Kementerian Kominfo mengharapkan ekosistem ekonomi digital nasional akan berkembang.

“Melalui kerjasama dan kontribusi aktif seluruh komponen bangsa dalam kegiatan seperti hari ini, kami percaya bahwa kita dapat mewujudkan Indonesia yang berdaya saing, inovatif, serta dapat mengembangkan ekosistem digital yang produktif menuju Indonesia terkoneksi makin digital, makin maju!” tandasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


IHATEC Bentuk Divisi Marketing Research Produk Halal Pertama di Indonesia

IHATEC Bentuk Divisi Marketing Research Produk Halal Pertama di Indonesia
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Potensi pasar halal di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat. State of Global Islamic Economy Report 2020/2021 yang meng...


DPR Dukung Potensi dan Peluang BPR untuk Go Public

DPR Dukung Potensi dan Peluang BPR untuk Go Public
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Potensi dan peluang Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk mendapatkan pendanaan dari pasar modal melalui skema go public mulai t...


Usung Tema Inspiring The Future, Pameran Megabuild Indonesia 2022 Dibuka Kementerian PUPR

Usung Tema Inspiring The Future, Pameran Megabuild Indonesia 2022 Dibuka Kementerian PUPR
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pameran arsitektur, desain interior dan konstruksi, Megabuild Indonesia 2022 kembali digelar mulai Kamis 16 Juni 2022-Minggu 1...


Kominfo Dorong Startup Digital Raih Peluang

Kominfo Dorong Startup Digital Raih Peluang
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pemerintah terus melakukan langkah strategis untuk percepatan transformasi digital nasional. Melalui program HUB.ID Accelerato...