Kamis, 14 November 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Lebih Dinamis, Ini Agenda Baru di Trade Expo Indonesia 2019

Posted by: 16-10-2019 15:09 WIB 152 viewer

Lebih Dinamis, Ini Agenda Baru di Trade Expo Indonesia 2019
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita Ketika Memberikan Sambutan Pada Trade Expo Indonesia 2019

Pemerintah terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 guna memperbesar efek positif bagi perekonomian nasional. Terbaru, sinergi kementerian dan lembaga semakin terlihat dalam beberapa kegiatan pendukung yang baru hadir di TEI tahun ini. 

Beberapa kegiatan tersebut yaitu stan ASEAN, Gelar Wicara Trade and Investment Forum yang menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani; Cilacap Business Forum 2019; Trade Start Up Conference; Paviliun Promosi Hasil Pertanian dan Perikanan; dan kegiatan Forum Kementerian Luar Negeri.

Selain itu, ada pula peluncuran Situs Web Ekspor Impor Kemendag http://exim.kemendag.go.id, sebagai terobosan peningkatan daya saing Indonesia melalui fasilitasi perdagangan dan pengamanan akses pasar negara tujuan. 

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan jajarannya berupaya menyediakan informasi terkait ekspor selengkap mungkin.

"Situs ini memuat sistem informasi mekanisme ekspor, seperti persyaratan ekspor, tarif, serta tindakan nontarif (NTM) komoditas ekspor pada 17 negara yang sudah melakukan ratifikasi perjanjian dagang. Sistem ini akan membantu pelaku usaha dalam menentukan negara tujuan ekspor berdasarkan skema yang lebih mudah dan menguntungkan," ujarnya di ICE BSD, Rabu (16/10). 

Mendag mengharapkan para Kepala Dinas Perdagangan Provinsi, Kabupaten/Kota di daerah agar melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha di daerahnya masing-masing untuk memahami ketentuan, persyaratan, tarif, Ketentuan Asal Barang (ROO), dan NTM di negara tujuan ekspor. 

Sebelumnya, telah dilakukan pula penandatanganan Pernyataan Bersama Penyelesaian Subtansi Perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Korea Selatan (IK-CEPA). 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Dody Edward mengungkapkan kegiatan pendukung yang telah rutin dilakukan di tahun-tahun sebelumnya juga kembali dilaksanakan, seperti Seminar Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi. Kemudian, terdapat pula Diskusi Regional; Kompetisi Usaha Rintisan (Start Up) Berorientasi Ekspor (Export Start Up Competition); Konsultasi Bisnis; dan Gelar Wicara. 

Selain itu, lanjut Dody, pemerintah juga menganugerahkan eksportir Indonesia yang telah berprestasi meningkatkan nilai ekspornya secara berkesinambungan.

Tahun ini Penghargaan Primaniyarta diberikan kepada 26 perusahaan penerima Primaniyarta 2019 yang dibagi dalam empat kategori, yaitu Kategori Eksportir Berkinerja (8 perusahaan), Kategori Eksportir Pembangun Merek Global (5 perusahaan), Kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru (5 perusahaan), dan Kategori Eksportir Potensi Unggulan (8 perusahaan).

Pemerintah juga memberikan Penghargaan Primaduta kepada buyer mancanegara yang secara konsisten meningkatkan nilai impor dari Indonesia. Tahun ini, Primaduta Award akan diberikan kepada 45 buyers yang terbagi dalam tiga kategori pasar tujuan (pasar utama, pasar potensial dan pasar prosfektif). Dari 45 buyers tersebut, terdapat penghargaan kategori khusus “Challenging Market” yang diberikan kepada 4 buyers dari 4 negara.

“Diharapkan berbagai kegiatan dalam TEI 2019 mampu meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global yang pada akhirnya mendorong peningkatan ekspor Indonesia,” tuturnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Indonesia Raup US$4,1 Miliar di China International Import Expo 2019

Indonesia Raup US$4,1 Miliar di China International Import Expo 2019
 Partisipasi Indonesia pada The 2nd China International Import Expo (CIIE) 2019 yang digelar di Shanghai, Tiongkok pada 5—10 November 2019...


RI-Kolombia Rencanakan Studi Kelayakan Perjanjian Dagang

RI-Kolombia Rencanakan Studi Kelayakan Perjanjian Dagang
Indonesia dan Kolombia akan segera memulai studi kelayakan bersama (Joint Feasibility Study/JFS) dalam rangka penjajakan pendalaman akses pasar sejuml...


Bos Gojek Sowan ke Kominfo, Bahas Regulasi?

Bos Gojek Sowan ke Kominfo, Bahas Regulasi?
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi bersama manajemen mendatangi kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk bert...


Incar Pasar Syariah, Investree Hadir di 14th IFSB Summit

Incar Pasar Syariah, Investree Hadir di 14th IFSB Summit
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sebagai satu-satunya perusahaan fintech lending yang memperoleh izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan untuk 2 (dua) lini bisn...