Senin, 26 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Lewat UMKM Academy, Pertamina Siap Tambah Mitra Binaan Naik Kelas

Posted by: 1676 viewer

Lewat UMKM Academy, Pertamina Siap Tambah Mitra Binaan Naik Kelas
Salah satu mitra binaan Pertamina, berpose bersama Direktur Utama PT Pertamina Persero Nicke Widyawati pada sebuah acara Kementerian BUMN. (Foto: Dok. Pertamina)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – PT Pertamina (Persero) akan menggelar program UMKM Academy mulai 10 November hingga 15 Desember 2020 nanti. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk menambah jumlah UMKM mitra binaan yang naik kelas. Tercatat hingga triwulan III bulan September 2020, terdapat 610 mitra binaan Pertamina yang naik kelas.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam siaran persnya mengatakan bahwa ada rangkaian proses yang harus dilalui mitra binaan sebelum dinyatakan layak mengikuti program UMKM Academy, seperti kurasi dan verifikasi.

“Kurasi dilakukan untuk mitra binaan dengan masa pinjaman minimal satu tahun dengan kolektibilitas lancar. Setelah itu terpilih 500 mitra binaan dan diverifikasi berdasarkan kemauan ikut serta program kondisi usaha, dan penggunaan teknologi guna menunjang usaha,” kata Fajriyah.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Fajriyah, tim kurator juga akan melihat perkembangan usaha dalam beberapa tahun terakhir. Adapun peninjauannya sendiri seperti stabilitas produksi dan hasil penjualan yang minimal stabil atau terus mengalami peningkatan.

“Selain itu, para mitra binaan peserta UMKM Academy juga diharapkan sudah melek digital untuk mempermudah pembinaan hingga naik kelas,” jelasnya.

Setelah terverifikasi, para mitra binaan akan dikelompokkan berdasarkan kelas hasil verifikasi. Yakni Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global. Hingga Rabu (4/11) lalu, hasil kurasi menunjukkan sudah ada 6 dari target 75 mitra binaan yang masuk kelas Go Modern. Kemudian terdapat 74 dari target 150 mitra binaan masuk kelas Go Digital. Lalu 39 dari target 125 mitra binaan masuk kelas Go Online dan 166 dari target 100 mitra binaan yang masuk kelas Go Global.

“Jumlah UMKM mitra binaan Go Global melebihi dari target awal kami. Ini membuktikan bahwa banyak mitra binaan yang sudah siap untuk memasarkan produknya hingga mancanegara. Selanjutnya untuk memenuhi target kelas yang lain, maka beberapa UMKM di kelompok Go Global akan dimasukkan dalam kelompok Go Digital dan Go Online,” tambahnya.

Jumlah tersebut masih fluktuatif dan terus bertambah hingga sebelum pelaksanaan kick of program UMKM Academy pada tanggal 10 November 2020 besok. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Sejumlah keuntungan akan didapatkan para mitra binaan peserta UMKM Academy ini. Diantaranya yaitu peningkatan jangkauan pasar produk mitra binaan. Peningkatan pengetahuan mitra binaan dalam melakukan pemasaran secara digital. Dan menambah kesiapan mitra binaan Pertamina agar adaptif terhadap teknologi. Serta adanya standarisasi produk, pelatihan pengelolaan branding, serta penggunaan teknlogi tepat guna.

Dengan naik kelasnya UMKM, maka diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dan penyediaan lapangan pekerjaan “Ini sebagai implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs). Diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Fajriyah.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar Startup Studio Indonesia Batch 8, Kominfo Gandeng 17 Startup

Gelar Startup Studio Indonesia Batch 8, Kominfo Gandeng 17 Startup
INFOBRAND.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memulai program akselerator Startup Studio Indonesia Batch 8. Menggandeng 17 sta...


Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Pokemon

Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Pokemon
INFOBRAND.ID - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, secara resmi mengumumkan peluncuran livery terbarunya yakni kartun Pokemon yang lucu pa...


Lindungi Pengguna, WhatsApp akan Batasi Screenshot Foto Profil

Lindungi Pengguna, WhatsApp akan Batasi Screenshot Foto Profil
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Aplikasi pesan instan, WhatsApp, tengah melakukan pengetesan untuk pembatasan tangkapan layar atau screenshot pada foto profil...


Garuda Indonesia Laksanakan CNY Sales Blitz di Kuala Lumpur

Garuda Indonesia Laksanakan CNY Sales Blitz di Kuala Lumpur
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Maskapai nasional Garuda Indonesia menggelar "Chinese New Year (CNY) Sales Blitz 2024" selama empat hari sejak 19 Fe...