Kamis, 30 November 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

LinkAja Catat Pendapatan Operasional Tumbuh 30 Persen

Posted by: 675 viewer

LinkAja Catat Pendapatan Operasional Tumbuh 30 Persen
LinkaAja

INFOBRAND.ID-Layanan dompet digital LinkAja mencatat pendapatan operasional (revenue growth) tumbuh sebesar 30 persen pada tahun 2022. Pada periode yang sama, beban operasional (operational expense) turun sebesar 50 persen. Namun, demikian LinkAja tidak memerinci berapa total pendapatan dan beban operasional tersebut.

Direktur Keuangan dan Strategi LinkAja Reza Ari Wibowo mengatakan, pada tahun 2022 perusahaan masih berfokus pada kolaborasi dengan BUMN, terutama dengan ekosistem Telkomsel, Pertamina, dan Himpunan Bank Negara (Himbara).

LinkAja telah mendigitalisasi rantai pasok tradisional Telkomsel pada sekitar 300.000 retailer dengan kenaikan pendapatan mencapai hampir 90 persen.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kedepan, digitalisasi ekosistem tradisional Telkomsel ini akan berlanjut ke tingkat distributor. Di ekosistem Pertamina, LinkAja semakin memperkuat posisinya di aplikasi MyPertamina. Hal ini disertai dengan pertumbuhan pendapatan eksponensial sebesar 1.600 persen.

Di samping itu, terkait kontribusi pada layanan Himbara, LinkAja juga memperlihatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 80 persen. Baca juga: Ingat, Mulai Besok Naik KRL Tak Bisa Pakai LinkAja "Saat ini industri teknologi dunia sedang mengalamai perubahan paradigma dari yang tadinya growth at-all-cost menjadi path to profitability dan sustainability. Di LinkAja, kami sudah melakukan perubahan menuju profitabilitas dan keberlanjutan secara bertahap semenjak 2021 dengan membaca arah pergerakan industri," ujar dia.

Untuk menuju profitabilitas Link Aja juga mencatat rasio pendapatan terhadap biaya promosi bisa ditekan dari 1,3 kali menjadi 0,1 kali. "Hal ini mengindikasikan penurunan ketergantungan pendapatan operasional perusahaan terhadap insentif jangka pendek seperti cashback," imbuh dia.

 Reza membidik proyeksi pertumbuhan pendapatan sebesar lebih dari 80 persen dengan penurunan beban operasional sebesar 35 persen dibandingkan tahun 2022. Salah satu strategi yang dilakukan adalah LinkAja bakal menggandeng beberapa perusahaan di bawah Kementerian BUMN untuk menjadi penyedia layanan disbursement insentif.

"Dengan demikian, LinkAja mampu mendapatkan userbase besar yang bersifat captive tanpa biaya akuisisi dan retensi," tutup dia.

 


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Perbesar Fanbase Jakmania, Macan Kemayoran Rilis Persija Apps

Perbesar Fanbase Jakmania, Macan Kemayoran Rilis Persija Apps
INFOBRAND.ID-Dalam rangka menyambut ulang tahun Persija Jakarta ke-95 dan membangun kedekatan dengan para fans, Macan Kemayoran (julukan Persija) melu...


Sinar Mas Land Gelar Festival UMKM 2023 di The Breeze BSD City

Sinar Mas Land Gelar Festival UMKM 2023 di The Breeze BSD City
INFOBRAND.ID-Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah menjadi roda penggerak perekonomian Indonesia karena memberikan dampak sign...


HUT Ke-45, NutriSari Hadirkan Produk Kemasan Jadul Botol Kaca

HUT Ke-45, NutriSari Hadirkan Produk Kemasan Jadul Botol Kaca
INFOBRAND.ID-Sebagai merek yang telah hadir selama 45 tahun di Indonesia, NutriSari ikut menemani perjalanan keluarga Indonesia melalui serangkaian pr...


Beby Tsabina Jadi Brand Ambassador, barenbliss Luncurkan Mousse Tint Terbaru

Beby Tsabina Jadi Brand Ambassador, barenbliss Luncurkan Mousse Tint Terbaru
INFOBRAND.ID-Brand kosmetik barenbliss (BNB) resmi memperkenalkan brand ambassador terbarunya, Beby Tsabina, pada November ini. Pada kesempatan itu, B...