Senin, 06 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Literasi Finansial Diperlukan dalam Meningkatkan Angka Pemasaran Properti

Posted by: 1649 viewer

Literasi Finansial Diperlukan dalam Meningkatkan Angka Pemasaran Properti
Foto dari Lamudi.co.id

JAKARTA, INFOBRAND.ID Lamudi.co.id mencatat tingkat disetujuinya pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) masih berkisar pada rata-rata 19,80 persen dalam periode Januari-Maret 2022. Hal ini menunjukan bahwa pelaku sektor properti masih memiliki peran penting dalam mengedukasi para calon pembeli dengan literasi finansial memadai terutama sebelum melakukan proses pengajuan KPR pada bank.

Hal ini terjadi di tengah gencarnya pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah mengalokasikan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar Rp23 triliun untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mensubsidi pembelian rumah melalui penyaluran KPR ke beberapa bank.

Ini menandakan bahwa selain pentingnya sinergi pemerintah dengan pengembang Indonesia dalam menyediakan alternatif perumahan dengan harga terjangkau, developer, agen properti, dan bank memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat dengan literasi finansial memadai agar mereka lebih paham mengenai kondisi finansial mereka masing-masing.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Disini pemegang kepentingan sektor properti harus lebih mempertimbangkan penyampaian informasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan secara finansial sebelum pengajuan KPR lewat bank kepada seluruh calon pembeli properti. Ini menunjukan bahwa pengembang dan agen properti harus lebih siap memainkan peran proaktif dalam bagian edukasi publik,” Imbuh Mart Polman, CEO Lamudi.co.id

Literasi finansial yang dimaksud antara lain berupa penentuan budget mengenai rumah yang ingin dibeli, pengetahuan mengenai uang muka minimal dan tenor KPR, pelunasan terhadap semua cicilan kredit yang masih tertunggak, pengetahuan tentang manajemen keuangan dan pengetahuan mengenai pentingnya asuransi properti. 

“Ini semua harus berhasil dikomunikasikan melalui jasa konsultasi tepercaya, disini pengembang dan agen harus beradaptasi dengan tuntutan pasar baru dimana ketersediaan informasi memadai memiliki korelasi langsung terhadap pemasaran properti,” tambah Mart

Generasi milenial dan generasi Z merupakan klasifikasi demografi  pencari properti utama dalam platform Lamudi.co.id atau 53,2 persen. Generasi milenial dan generasi Z inilah merupakan pencari properti pertama yang semakin menuntut mudahnya akses informasi terhadap pencarian properti terutama dalam segi pembiayaan rumah. Generasi ini juga memiliki tingkat penghasilan yang beragam.

Menurut data dari Kementerian Keuangan, pembangunan rumah harga terjangkau untuk MBR masih berada pada tahap 56,75 persen dari 70 persen yang ditargetkan pada tahun 2024 yang setara dengan 11 juta rumah tangga.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Ini merupakan kesempatan bagi kami, pelaku sektor properti untuk mencari solusi jangka panjang dalam meningkatkan akses terhadap kepemilikan properti terutama dalam segi edukasi. Kami memastikan bahwa jaringan agen yang bekerja dengan kami dibekali dengan kemampuan konsultasi properti yang menggabungkan pengetahuan pasar properti dan strategi pemasaran digital. Ini dilatarbelakangi oleh keinginan kami untuk mempermudah pengalaman pencarian properti semua orang melalui layanan satu atap,” tutup Mart

Lamudi.co.id kini telah bermitra dengan lebih dari 15 ribu jaringan agen properti yang dilengkapi dengan kemampuan konsultasi finansial untuk mendukung literasi keuangan para calon pembeli properti. Dalam mempermudah perjalanan pencarian properti bagi semua, tenaga agen Lamudi.co.id telah dibekali dengan literasi digital memadai dalam utilisasi data online.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Lensa Terbaru dari SOny, FE 24-50mm F2.8 G dan FE 16-25mm F2.8 G

Ini Lensa Terbaru dari SOny, FE 24-50mm F2.8 G dan FE 16-25mm F2.8 G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sony mengumumkan peluncuran dua produk lensa terbarunya di Indonesia yakni lensa ringkas 35mm full-frame yang kompatibel denga...


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...