Rabu, 20 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Membangun Marketing Channel di Media Digital

Posted by: 13-03-2019 16:03 WIB 24 viewer

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Ketua Umum Asosiasi E-Commerce (idEA), Ignatius Untung

Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru sebatas melakukan Sales Channel, belum sebagai sarana atau channel  membangun brand. 

Alasan mereka masuk ke ranah digital karena angka penjualannya lebih terukur dan bisa dievaluasi. Sayangnya,  yang diharapkan masuk ke media digital ini bukan hanya untuk sales channel, tapi juga marketing channel. Artinya,  masuk digital channel bukan melulu untuk jualan.

Lima tahun yang lalu pemilik platform yang mendatangi pemilik brand. Kalau sekarang pemilik brand yang datang  ke pemilik platform, “Eh, saya mau jualan ke tempat kamu, dong,”. Tapi belum berorientasi membangun brand. Mungkin ada tapi belum banyak.

Pemilik brand  masih belajar tentang digital dalam arti yang paling gampang adalah jualan.  Supaya bisa jadi pemenang  dia harus kompetitif, memiliki value yang paling mahal dari proses ini semua, bukan hanya jualan, melainkan benefit memperoleh data. Penetrasi seperti apa, seberapa laris produknya, semua bisa diukur dari online. Kalau offline tak terukur. Seperti memasang billboard,  berapa banyak yang terjual,  itu tak bisa diukur.

Banyak pemilik brand yang tidak mempunyai frame work yang benar tentang membangun brand. Di online orang punya kontrol terhadap opini, kalau di offline tidak punya, sehingga kita misalnya harus memfasilitasi good apparel dan mempunyai strategi menghadapi  bad aparel.  Nah, kalau mereka yang belum berpengalaman di digital, akan kelabakan.

Jadi harus bisa masuk kedua-duanya (online dan offline). Kekuatan tetap ada di  brand concept-nya. Bicara  marketing mix itu  ada 4M yakni market, merchandise ,  media dan message . Semua bauran ini harus kuat. Yang tidak disadari pemilik brand adalah mereka terlalu fokus pada media.

Jangan salah! Tak sedikit pemilik brand  yang lahir di era digital  yang tak mengerti bagaimana membangun brand. Ukuran kesuksesan brand itu loyality. Nah, kalau sekarang customer didorong dengan diskon terus,  transaksi penjualan memang meningkat karena diskon. Tapi kalau diskonnya dihentikan, Kira-kira turun nggak penjualannya? Pasti turun.

Soal sumber daya manusia (SDM), perlukah merekrut orang-orang muda? Kalau menurut saya jangan orang-orang muda, justru orang yang berpengalaman membangun brand. Konsumen yang baik, belum tentu menjadi brand owner yang baik. Belum tentu bisa menjadi brand manajer yang baik, karena sehari-hari dia sebagai konsumen. Tapi begitu dia harus keluar, melihat dari kacamata pemilik brand, nah bisa saja berbeda.

Sukses sebagai konsumen tidak   menjamin mereka sukses sebagai marketer. Jadi, sebenarnya bukan marketnya milenial, terus pemilik brand-nya harus milenial. Yang penting adalah orang yang bisa mengerti siapa pun target marketnya itu.

Brand itu bukan sekedar diingat saja. Kalau menurut teori saya, awareness itu level kesuksesan brand yang paling dasar. Karena sekedar ingat tak menjamin kita akan membeli brand itu. Artinya awareness bukan jaminan membeli. Bicara ekonomi digital tahun 2020 yang kabarnya potensi pasar bisa  mencapai US$ 130 milyar?  Di sektor apa saja? Contoh, ada portal properti, apakah itu dihitung? Seperti saya ada portal rumah123.com yang penjualannya mencapai Rp 400 triliun per tahun. Kalau. Sejak 2015 sampai sekarang rumah123.com tumbuh 15 kali.[]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan

Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan
Banyak pembelajaran menarik bisa dipetik saat mengamati berbagai bisnis. Kali ini kita bahsa aspek yang dikaitkan dengan preferensi konsumen.  Me...


Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???

Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???
Kalimat diatas seringkali kita dengar dari beberapa orang terhadap barang yang sangat mahal. Tentunya akan lebih berbahaya jika diucapkan bagi tenaga...