Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Menkop UKM: Realisasi Pengadaan Produk UMKM Capai Rp221,49 Triliun

Posted by: 438 viewer

Menkop UKM: Realisasi Pengadaan Produk UMKM Capai Rp221,49 Triliun
Pengadaan produk UMKM/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan hingga 1 November 2023 realisasi pengadaan barang dan jasa (PBJ) UMKM telah mencapai Rp221,49 triliun.

"Sampai dengan 1 November 2023, telah tercatat kemajuan dengan realisasi PBJ UMKM sebesar Rp221,49 triliun dan produk dalam negeri (PDN) sebesar Rp474,62 triliun," kata dia di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Menurut Teten lagi, angka tersebut menandakan ada kemajuan dalam realisasi PBJ UMKM. Laporan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mencatatkan belanja barang/jasa UMKM telah capai 37,6 persen dari target pemerintah yang menetapkan 40 persen.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Target 40 persen belanja UMKM itu kan baru tercapai 37,6 persen. Ini angka sudah cukup bagus jika dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi masih terus harus kami perjuangkan," ujarnya.

Dia menambahkan, pada 2022 PBJ Indonesia sempat dihadapkan pada tantangan yang mana lebih dari separuh transaksi belum tercatat di Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Hal itu menunjukkan adanya peluang besar untuk mampu dimanfaatkan lagi, terutama dalam swakelola dan pengadaan langsung.

Meskpun 87 persen UMKM telah terlibat dalam e-katalog dengan sejumlah besar produk, Menkop Teten menilai produk UMKM masih banyak yang belum terjual.

Untuk itu, saat ini ia menyoroti perlunya mengatasi berbagai isu strategis yang mencakup optimalisasi pasar untuk produk UMKM bersertifikasi TKDN, sosialisasi PBJ dan TKDN yang belum merata, pemberdayaan UMKM untuk bersaing di era disrupsi global serta adaptasi terhadap inovasi yang cepat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...