JAKARTA - Pertumbuhan tersebut didorong oleh penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diikuti kebijakan kerja dan sekolah dari rumah (WFH dan SFH), membuat permintaan akses internet luar biasa dari masyarakat. Datareportal mencatat ada peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2021 sebesar 27 juta pengguna (naik 15% dibandingkan Januari 2020). Berdasarkan data “We are Social and Hootsuite”, saat ini total pengguna interet di Indonesia mencapai sekitar 74% dari total populasi.
Sebagai salah satu pemain bisnis internet di tanah air, MyRepublic sudah tentu melihat tren tersebut sebagai peluang untuk meningkatkan pangsa pasar. Mulailah, MyRepublik merespon demand dengan beberapa strategi berikut.
Pertama, memperkuat digital marketing untuk mengubah perilaku pelanggan dari offline ke online yang ditempuh dengan cara memaksimalkan fitur berlangganan digital (Customer order portal dan FAB Digital). Kedua, aktif mengadakan kuis online, informasi promo, dan produk menarik untuk menarik minat pelanggan, serta memaksimalkan website SEO. Selain itu mereka juga menjalin kerjasama dengan mitra e-commerce dan bank dalam memberikan added value bagi pelanggan lama maupun baru.
Sementara kegiatan branding, marketing dan selling ditempuh dengan meluncurkan WhatsApp bisnis dan telegram untuk digital journey berlangganan, Web self care, serta Customer order portal.
Semua perkara customisasi diarahkan kepada sistem otomatisasi digital. Mulai dari info promo dan produk serta upsell produk, cara berlangganan dan pembayaran, layanan mandiri, pelayanan ke pelanggan, dan after sales. Dari sisi pricing, MyRepublic juga menerapkan strategi product simplification dengan harga kompetitif.
Dengan strategi dan inovasi tersebut, MyRepublik berhasil mencapai performa bisnis cemerlang. Lebih dari itu, mereka juga berhasil melakukan marketing campaign yang efektif untuk menghasilkan leads agar menjadi pelanggan potensial, serta menciptakan engagement dan retention kendati interaksi fisik tetap diminimalisir.
Tak berlebihan jika kinerja MyRepublik kemudian diapresiasi dengan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 dan Customer Experience Service Quality Award 2020.
Memasuki tahun 2021, MyRepublic konsisten untuk menyempurnakan proses digitalisasi dan branch empowerment. Mereka menargetkan peningkatan mutu pelayanan dengan prinsip Faster Communication, Faster Decision, Faster Service, Better service, serta Better customer journey. Untuk mengantisipasi komplain pelanggan, MyRepublik memiliki network monitoring yang akan memberikan respon cepat jika ada masalah dengan jaringan.
Tahun ini, MyRepublic fokus dengan strategi high penetration (saat ini My Republic hadir di 13 besar di Indonesia), Faster service, dan dedicated salesman. Mereka juga hadir di layanan OTT Apps sebagai tambahan hiburan untuk pelanggan, di samping menyediakan add on router yang ekslusif.(***)
Nurur R Bintari