Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Perhumas Keluarkan Lima Rekomendasi Humas 4.0 Integritas dan Kolaborasi Jadi Modal Utama

Posted by: 2648 viewer

Perhumas Keluarkan Lima Rekomendasi Humas 4.0 Integritas dan Kolaborasi Jadi Modal Utama
Foto: Perhumas

Konvensi Humas 4.0 mengeluarkan lima poin rekomendasi yang nantinya bisa dijadikan sebagai acuan untuk praktisi humas di berbagai lintas sektor industri di Indonesia mulai dari pemerintah, swasta dan organisasi kelembagaan. Ketua Umum BPP Perhumas, Agung Laksamana, membacakan kelima rekomendasi tersebut diantaranya, 

1. Karakter

Humas 4.0 harus memiliki karakter yang adaptif, kreatif, responsive dan punya agenda setting. Selain itu humas juga harus mengedepankan sikap membela kepentingan NKRI. Ini penting untuk melihat sejauh mana integritas para praktisi humas di Indonesia. 

IKLAN INFOBRAND.ID

2. Kolaborasi

Humas 4.0 harus memiliki spirit kolaborasi yaitu komunikasi strategis yang dibangun antar lembaga, tidak boleh lagi ego sektoral.

3. Kebijakan

Khusus untuk humas pemerintah, perlu ada reposisi peran humas secara tepat sehingga humas bisa bekerja lebih efektif dan tepat sasaran. Pemerintah diharapkan membuat regulasi yang mengikuti perkembangan jaman.

4. Kompetensi

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk mendukung Roadmap Making Indonesia 4.0, Perhumas akan meluncurkan akreditasi humas 4.0 dimana nantinya semua humas harus memiliki standart kemampuan soft skill berbasis digital. Pemerintah diharapkan mewajibkan para praktisi humasnya untuk mengambil sertifikasi tersebut agar humas memiliki kompetensi yang memiliki daya saing yang kuat. 

5. Kode Etik Kehumasan 

Kode etik Perhumas harus segera direvisi menjadi kode etik humas 4.0 sehingga humas memiliki komitmen dan integritas tinggi terhadap pekerjaan yang dijalankannya. 

“Lima rekomendasi ini kalo dianalogikan seperti chipnya ya. Softwarenya itu NKRI. Jadi Humas 4.0 harus punya karakter yang berintegritas terlebih dahulu, baru setelah itu diikuti oleh pendukung lainnya seperti bagaimana berkolaborasi dengan organ di luar dari lingkungan lembaganya karena humas harus sudah mulai memikirkan hal-hal yang strategis”, ujar Agung dalam konferensi pers yang digelar Perhumas di acara Konvensi Humas 4.0. 

Ketua Panitia Konvensi Humas 4.0, Benny Butarbutar, juga menyampaikan pada dasarnya rekomendasi ini merupakan hasil pemikiran panjang dari Perhumas dan sejumlah lembaga dari berbagai industri baik dari pemerintah dan swasta. Karena jika Humas Indonesia tidak segera bertransformasi maka momentum untuk memanfaatkan 40 persen kinerja humas yang tergantikan oleh artificial intelligent akan terbuang sia-sia. Benny berharap konvensi ini bisa membuka pandangan humas di segala sektor untuk terus meningkatkan kualitasnya. 

IKLAN INFOBRAND.ID

“Generasi 4.0 ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi khususnya untuk praktisi humas. Karena ke depan humas bukan lagi orang yang ada dibelakang, tetapi justru humas harus berada di depan menentukan strategi apa saja yang harus diterapkan agar kepentingan lembaganya tercapai. Membangun citra dan reputasi di jaman yang sudah serba teknologi bukan perkara mudah. Itu mengapa rekomendasi ini bisa menjadi panduan bagi kita semua untuk menjawab tantangan humas di masa depan”, ungkap Benny di Ballroom Djakarta Theater. 

Rekomendasi Humas 4.0 yang dibuat oleh Perhumas langsung diberikan ke perwakilan masing-masing stakeholder diantara humas pemerintah yang diwakilkan oleh Ani Natalia – Kasubdit Humas Dirjen Pajak dan Boy Kelana Subroto sebagai perwakilan dari humas swasta. Dengan lima rekomendasi ini, diharapkan ke depan semua lembaga dan perusahaan di  Indonesia bisa berkolaborasi dengan baik dalam memajukan dan mempertahankan citra dan reputasi Indonesia di tingkat internasional. 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...