Menjadi bagian dari keluarga Indonesia adalah tujuan PT Softex Indonesia sejak berdiri di tahun 1974. Demikian halnya ketika perusahaan ini membangun popok dewasa Confidence yang terlahir dari konsep sederhana ketika melihat usia senior membutuhkan perawatan yang baik agar tetap aktif dan bahagia. “Kami melihat potensial market dalam kehidupan sehari-hari para keluarga senior Indonesia,”kata Nirma Sofiawati, Head of Marketing Adult Care, PT Softex Indonesia.
Konsep brand Confidence dibangun untuk mengakomodir kebutuhan konsumen dalam tahapan kehidupan menyongsong hari tua. Understanding the consumer needs menjadi prioritas dalam membangun dan mengembangkan brand.
Tak ayal, dengan mengusung positioning “The Expert of Adult Care”, Confidence konsisten menjaga kualitas sebagai produsen popok dewasa terbaik. Prestasi pun diraih. Hampir setiap tahun Confidence mendapat penghargaan Top Brand Award (2012-2018) sebagai popok dewasa terbaik yang di sukai konsumen Indonesia.
Confidence juga memecahkan rekor MURI lewat kampanye “10.000 Testimoni untuk Yang Terkasih”. “Prestasi ini merupakan hasil kerja keras brand Confidence untuk selalu hadir bagi masyarakat Indonesia,”tutur Nirma.
Penetrasi pasar terus dilakukan agar selalu dekat dengan konsumen Indonesia. Melalui jaringan distribusi nasional dari pasar umum, pasar modern hingga institusi dan komunitas. Sejalan dengan kemajuan perkembangan media digital, Confidence juga melakukan penetrasi ke digital platform agar semakin dekat dengan konsumen. Alhasil, 3 tahun berturut-turut meraih “Indonesia Digital Popular Brand Award” yang diinisiasi TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID.
Prestasi yang didapatkan brand Confidence tak lepas dari strategi brand untuk memimpin pasar. “Confidence selalu menjadi first innovator di kategorinya,”terangnya.
Aktifitas pemasaran menjadi elemen penting bagi Confidence. Alokasi dana kegiatan pemasaran menjadi kunci agar berjalan efisien dan efektif. “360° Integrated Marketing Communication menjadi pondasi kami menjalankan aktifitas pemasaran yang didasari campaign theme,”ujarnya.
Komposisi tradisional marketing masih mendominasi aktifitas pemasaran digital Confidence. Nirma menyadari bahwa perlunya integrasi antara Tradisional Marketing dengan Digital Marketing sehingga aktifitas pemasaran yang dilakukan terintegrasi dari semua lini media mulai ATL, BTL hingga Digital.
Menurut Nirma, kehadiran Confidence memberikan multiplier effect di industri Adult Care sehingga kondisi pasar lebih kompetitif. Terbukti, Produk open type Confidence berdasarkan data Nielsen September 2018 memiliki share tertinggi di Indonesia. “Brand Confidence menganalisa peluang berdasarkan peta pasar dan bereaksi terhadap kebutuhan pasar dengan cara berinovasi dan melakukan ekspansi pada tiap elemen pemasaran, baik dari segi product, price, place & promotion,”ungkap Nirma sambil menyebut popok dewasa Confidence sudah masuk ke pasar ekspor. “Ini tak mudah karena harus berkompetisi dengan local brand. Kolaborasipun dilakukan dengan distributor atau buyer setempat untuk memahami kondisi pasar,” -Adv