Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

PR Newswire Mengawali 2022 dengan Jaringan Distribusi Berita yang Lebih Luas

Posted by: 1221 viewer

PR Newswire Mengawali 2022 dengan Jaringan Distribusi Berita yang Lebih Luas
Sekilas Distribusi dan Jaringan PR Newswire di Asia Pasifik

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PR Newswire, penyedia layanan distribusi berita, serta perangkat lunak dan layanan earned media yang terkemuka di dunia, mengalami pemulihan bisnis secara signifikan sepanjang 2021. Hal ini mencerminkan pertumbuhan positif di beragam industri, dari sektor makanan dan minuman hingga logistik.

Tahun lalu, lebih dari 69.000 rilis berita didistribusikan PR Newswire di Asia Pasifik—meningkat 36% dari 2020. "Sepanjang tahun lalu, kami gembira atas kinerja bisnis PR Newswire di pasar-pasar utama di Asia Pasifik. Kinerja ini bahkan melampaui kinerja sebelum pandemi terjadi," ujar Lynn Liu, Head, Audience Development and Distribution Services, PR Newswire, Asia Pasifik. "PR Newswire juga memperluas jaringan distribusi berita di pasar-pasar utama dengan mempererat kemitraan dengan media-media berita di seluruh Asia Pasifik."

Mempererat Kemitraan dengan Media-Media Berita di Asia Pasifik

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada 2021, 5.650 wartawan dan pemengaruh (influencer) di Asia Pasifik mendaftarkan diri untuk menerima kiriman rilis berita dari PR Newswire. Kalangan ini menjadi sumber informasi utama dalam pemberitaan. Lebih lagi, wartawan dan pemengaruh menjadi bagian dari bank data media PR Newswire yang luas, mencakup lebih dari 85.000 wartawan dan pemengaruh dari 35.000 media berita.

PR Newswire juga memperluas kolaborasi ini dengan dukungan 248 kantor berita dan media berita ternama. Kini, jumlahnya mencapai lebih dari 1.700 di Asia Pasifik.

Sejumlah Kemitraan Konten yang Dijalin PR Newswire di Asia Pasifik

  1. Di seluruh Asia Tenggara, PR Newswire menjalin 64 kemitraan, termasuk  portal-portal berita seperti Singapore News Live, Energy Asia dan Wego Travel Blog, yang dikunjungi hampir satu juta orang. Di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan pasar-pasar lain di Asia Tenggara, PR Newswire memperluas jaringan kemitraan media dalam bahasa Inggris dan bahasa-bahasa lokal hingga mencapai 540 anggota, termasuk portal-portal berita seperti AsiaOne dan Yahoo! Finance.
     
  2. Di Hong Kong dan Taiwan, PR Newswire merekrut 18 mitra baru, termasuk The Taiwan Times, salah satu portal berita berbahasa Inggris yang paling berpengaruh di Taiwan, serta ETtoday, portal berita yang paling banyak dikunjungi di Taiwan, bahkan menjangkau 88% pengguna internet lokal. Hingga kini, PR Newswire telah berkolaborasi dengan 180 mitra media di kedua pasar tersebut. Beberapa mitra media terkemuka ini adalah Yahoo! Taiwan, sina.com.tw, HiNet, PCHome, Yam, ET Net, investor.com.tw, Morningstar Asia, China Financial Services Holdings Limited, dan Societe Generale, Hong Kong.
     
  3. Di Korea Selatan, PR Newswire menjalin kemitraan baru dengan sembilan media berita, termasuk The Korea Herald, koran berbahasa Inggris yang terlengkap di Korea Selatan dan berdiri sejak 1953, serta The Herald Business, harian bisnis dan keuangan terkemuka di Korea Selatan. PR Newswire juga memperluas jaringan mitra media di negara ini menjadi 70 anggota. Di sisi lain, PR Newswire mendistribusikan rilis berita ke beberapa media berita arus utama dan portal berita di Korea Selatan, termasuk Yonhap, kantor berita ternama di Korea Selatan, Naver, mesin pencari informasi dan portal berita terbesar di Korea Selatan yang menguasai lebih dari 90% pangsa pasar, serta Daum, salah satu portal web terpopuler di Korea Selatan, dan The Korea Economic Daily, koran bisnis ternama.
     
  4. Di Tiongkok Daratan, PR Newswire meningkatkan jumlah mitra konten sebanyak 124, serta mempererat kolaborasi dengan media-media berita lokal di sektor-sektor bisnis, teknologi, dan kesehatan, serta media yang menyajikan kabar terbaru tentang perusahaan terbuka. Mitra-mitra baru PR Newswire termasuk China Trade News, Gelonghui, ZOL, dan Qianzhan Business Information. Hingga kini, PR Newswire telah membangun jaringan kemitraan yang mencakup lebih dari 980 media di Tiongkok Daratan, termasuk media-media berita milik negara dan media-media industri seperti China Daily, National Business DailyScience and Technology DailyChina Business Network, TMTPost, China.org.cn, serta Huanqiu.com. 

Menghubungkan Dunia Bisnis dengan Media

Pada 2021, PR Newswire menggelar 12 ajang daring dan kegiatan yang berlangsung secara tatap muka, serta kunjungan media di Beijing, Ho Chi Minh City, Hong Kong, Shanghai, Singapura, Sydney, dan Taipei. Sejumlah wartawan senior dan pemimpin redaksi turut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan ini. Lewat sejumlah ajang tersebut, kalangan wartawan bertemu dengan praktisi komunikasi perusahaan, serta mengulas cara-cara meningkatkan komunikasi antara perusahaan dan media. PR Newswire juga menerbitkan APAC Media Landscape series yang mengulas tren dan perkembangan di sembilan pasar di Asia Pasifik.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sejumlah Tren Rilis Berita pada 2021

Pada 2021, PR Newswire mendistribusikan hampir 70.000 rilis berita di Asia Pasifik. Rilis-rilis berita ini memuat berbagai kinerja bisnis dan pencapaian penting dari ribuan perusahaan dan organisasi di seluruh dunia. Kalangan perusahaan dan organisasi yang menggunakan layanan PR Newswire ini termasuk Facebook, Huawei, Microsoft, Amazon, the International Olympic Committee, The China International Import Expo (CIIE) Organizing Committee, China Global Television Network (CGTN), dan beberapa badan PBB.

Dari berbagai rilis berita yang didistribusikan PR Newswire, berikut beberapa tren penting sepanjang 2021:

  • Pada 2021, lebih dari 1.900 rilis mengulas netralitas karbon serta lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola (ESG), mencerminkan sikap dunia bisnis yang semakin mengutamakan tanggung jawab sosial perusahaan.
  • Lebih dari 5.200 rilis berita berkaitan dengan Kecerdasan Buatan (AI), mengalami peningkatan 35% dari 2020. Penggunaan AI di beragam sektor juga menjadi topik populer.
  • Sejak Juni 2021, 180 perusahaan menyebutkan "metaverse" dalam rilis berita yang beredar di Asia Pasifik. Perusahaan-perusahaan ini termasuk Baidu, Huawei, Samsung, dan Amazon.
  • Jumlah rilis berita di sektor-sektor makanan dan minuman, pertambangan/logam, logistik/transportasi, produk-produk lingkungan hidup, serta jasa mengalami kenaikan di atas 50%. Di antara sejumlah sektor ini, jumlah rilis berita di sektor makanan dan minuman mengalami kenaikan tertinggi, yakni 80%.
  • Sebanyak 880 rilis berita tentang merger dan akuisisi didistribusikan PR Newswire sepanjang 2021—mengalami kenaikan tahunan sebesar 60%; jumlah rilis berita di sektor investasi dan keuangan melonjak 70%.
  • Hampir 9.000 rilis berita tentang produk dan layanan baru diedarkan PR Newswire, bahkan, peluncuran produk di sektor komputer/elektronik mengambil porsi lebih dari setengah di antara rilis-rilis berita tersebut.
  • Sejalan dengan pemulihan industri penyelenggaraan kegiatan (event) di Asia Pasifik, rilis-rilis berita tentang pameran dan ajang yang berlangsung secara tatap muka mengalami kenaikan tahunan di atas 40%. Di antaranya, jumlah rilis berita tentang China International Import Expo (CIIE), China International Fair for Trade in Services (CIFTIS), Consumer Electronics Show (CES), dan pameran-pameran internasional lainnya bertambah hampir dua kali lipat untuk setiap acara dibandingkan 2020.
  • Jumlah rilis berita tentang uji klinis dan riset medis melonjak 60%, dan kenaikan ini diperkirakan berlanjut pada tahun ini.
  • Didorong pemulihan bertahap di sektor pariwisata, jumlah rilis berita tentang ekspansi perusahaan di sektor ini meningkat lebih dari dua kali lipat. Berkat kegigihan pelaku industri, pemulihan sektor pariwisata semakin terlihat jelas.

"Terlepas dari tantangan global akibat Covid-19 yang diprediksi berlanjut pada 2022, kami sangat optimis bahwa kalangan perusahaan yang bertahan dari pandemi berada pada posisi yang baik untuk meningkatkan daya tahan bisnis, dan menangkap peluang baru di tengah kondisi pasar yang tengah berubah," tambah Liu. "PR Newswire ingin bekerja sama dengan dunia bisnis dan media berita di Asia Pasifik pada tahun ini, serta mengatasi tantangan berikutnya secara bersama-sama."

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


NETA V-II, EV Pertama NETA yang Diproduksi Secara Lokal di Bekasi

NETA V-II, EV Pertama NETA yang Diproduksi Secara Lokal di Bekasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT NETA Auto Indonesia, menggelar kegiatan upacara simbolik untuk produksi pertamanya, yakni Neta V-II yang menjadi kendaraan...


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...