Senin, 04 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Program Suluh Rimbo Milik PT. Sari Aditya Loka Join Penjurian Top CSV Award 2021

Posted by: 1722 viewer

Program Suluh Rimbo Milik PT. Sari Aditya Loka Join Penjurian Top CSV Award 2021
Penjurian Top CSV Award 2021 - PT. Sari Aditya Loka (foto istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT. Sari Aditya Loka dikenal sebagai perusahaan yang memiliki Visi sebagai Perusahaan Agribisnis  yang paling produktif dan Inovatif  di dunia dan Misi menjadi panutan dan  berkontribusi untuk pembangunan  serta kesejahteraan Bangsa. Bergerak di bidang perkebunan dan industry Kelapa Sawit. Perusahaan pengelola Kebun Sawit seluas 5479 hektar ini dengan total area tertanam seluas 5020 hektar.

Selain itu, perusahaan ini juga mengelola banyak proyek perkebunan plasma dengan luas tanam 2858 hektar. Perusahaan juga memiliki pabrik pengelolahan minyak sawit dengan kapasitas pengelolahan 120 ton/jam.

Dalam menjalankan program tanggung jawab sosialnya, PT. Sari Aditya Loka memiliki program Suluh Rimbo, yaitu Implementasi Pusat pembelajaran Komunitas untuk Masyarakat Suku Anak Dalam di Kabupaten Sarolangun dan Merangi di Provinsi Jambi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Program ini di latar belakangi dari Warga SAD masih terbiasa  dengan pola hunting &  gathering di dalam Hutam. Sementara itu hasil dari  kegiatan ekonomi tersebut  penuh dengan  ketidakpastian serta Pengetahuan dan  ketrampilan warga SAD  terkait konsep budidaya  masih relatif kurang.

Sementara itu, Program Suluh Rimbo sendiri memiliki  Pendirian 2 unit kebun  pembelajaran budidaya untuk  SAD wilayah Merangin dan  Sarolangun, Penyuluhan dan Diskuis  Terfokus terkait budidaya  teknis, Penyediaan komoditas  pertanian, perikanan dan  peternakan sesuai minat  masing-masing warga.

Tujuan dari program ini adalah mengenalkan konsep  budidaya kepada warga SAD  baik peternakan, perikanan  dan pertanian, memfasilitasi usulan  kegiatan ekonomi budidaya  setiap KK berdasarkan minat  warga, mengenalkan konsep  pengelolaan keuangan  modern, dua unit kebun pembelajaran  menjadi sumber ketahanan  pangan warga.

Berkat proogram baru tersebut, PT. Sari Aditya Loka berhasil masuk dalam nominasi penjurian Top CSV Award yang diadakan oleh Infobrand.id bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia yang digelar, Senin (27/9/21).

Untuk targetnya sendiri, Sinung Rahardjo perwakilan dari PT. Sari Aditya Loka menjelaskan “Kami membidik Warga SAD mengenal proses budidaya, serta SAD memiliki sumber  pendapatan alternatif baru  dari suatu proses kegiatan  budidaya, dan SAD tidak  bergantung penuh kepada  kegiatan hunting and  gathering.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Diketahui, proses pembelajaran di kegiatan Suluh Rimbo ada berbagai macam, salah satunya adalah Penyuluhan dan Pelatihan Rutin Non Teknis dimana didalamnya memfasilitasi pembuatan 12 Buku Tabungan, Diskusi terfokus terhadap  permasalahan teknis yang  dihadapi, Proses Pendampingan  terhadap pengelolaan  demplot maupun milik  pribadi, dan yang sedang ON Process  ada Demplot  tanaman obat kerja sama  dengan UNJA – Matching Fund.

Selain itu, ada juga supporting program seperti akses layanan umum guna Pembagian rutin bahan makanan  setiap bulan untuk 313 KK, Layanan Pendidikan – 391 Siswa, Layanan Kesehatan, dan Fasilitasi Layanan Kependudukan.

Sedangkan untuk dampak kegiatan dari Porgram Suluh Rimbo ini ada 2 dampak, yaitu untuk Internal dan Eksternal Perusahaan. Untuk internal sendiri program ini merupakan Wujud Implementasi Misi Perusahaan yaitu Menjadi  panutan dan berkontribusi untuk pembangunan serta  kesejahteraan Bangsa, juga pemenuhan kaidah ISPO dan PROPER yang berdampak  terhadap keberlanjutan Perusahaan, Perusahaan juga mendapatkan pandangan positif dari stakeholder melalui awarding maupun kerja sama multipihak serta mengurangi kesenjangan sosial antara Perusahaan dan warga transmigrasi dengan warga SAD sehingga berdampak pada keberlanjutan perusahaan.

“Sedangkan untuk Eksternal, 74 KK saat ini kami telah memiliki sumber pendapatan alternatif  dari bidang perikanan, peternakan, hortikultura, karet, rotan  jernang dan jual beli ( reseller), Warga SAD mula mengenal kegiatan budidaya dan mempraktekkan sharing ilmu pengetahuan dari Program  Suluh Rimbo, 12 KK SAD telah mengenal tata cara pengelolaan keuangan modern melalui perbankan, Warga SAD memiliki sumber ketahanan pangan dari kebun  percontohan yang telah dibangun bersama, Warga SAD tercukupi            kebutuhan dasarnya mulai dari  pemenuhan pangan, Kesehatan dan Pendidikan.” tambah Sinung.

Menanggapi pemaparan presentasi yang dihadirkan oleh PT. Sari Aditya Loka, Drs. Mas Achmad Daniri, MEc, selaku Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance (2019) dan Anggota Dewan Pakar KNKG serta Ketua Umum Asosiasi GRC Indonesia menyatakan “Saya sangat PT. Sari Aditya Loka dalam menjalankan kegiatan ini, karena para stakeholder yang terkait juga terjun langsung membantu dan tidak hanya berjalan sendiri-sendiri atau dibebankan hanya kepada perusahaan saja”

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai informasi, TOP CSV Award 2021 merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program “creating share value”. Top CSV Award terselenggara berkat kerjasama INFOBRAND.ID sebagai Indonesia number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, dan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga.

Penjurian dilakukan oleh Dr. Gancar C Premananto, CMD, selaku Head of Management Department FEB, Universitas Airlangga, dan Senior Consultant & Mentor CSV, Tri Raharjo, selaku CEO TRAS N CO Indonesia, sekaligus Founder Komunitas Indonesia Brand Network, dan Drs. Mas Achmad Daniri, MEc, selaku Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance, Pakar Good Corporate Governance (GCG), dan Penulis Buku Lead By CSV.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND GROUP mengatakan, setelah proses penjurian, dan pengumuman serta masuk dalam Nominasi TOP CSV Award 2021. Sedangkan penghargaan TOP CSV Award 2021 akan diberikan bersamaan dengan pengelangaraan Webinar Nasional pada tanggal 14 Oktober 2021, dengan Tema "CSR to CSV", yang bertujuan mengedukasi

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


MyRepublic Dinobatkan Sebagai Penyedia Internet Tercepat di Indonesia oleh Ookla

MyRepublic Dinobatkan Sebagai Penyedia Internet Tercepat di Indonesia oleh Ookla
INFOBRAND.ID-MyRepublic, sebuah perusahaan penyedia layanan internet berbasis fiber optik, telah dinobatkan sebagai penyedia Internet Tercepat di In...


Dipercaya Masyarakat, Hartadinata Abadi Sabet Top Digital Public Relations Award 2024

Dipercaya Masyarakat, Hartadinata Abadi Sabet Top Digital Public Relations Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen perhiasan emas, PT Hartadinata Abadi Tbk sukses menyabet penghargaan Top Digital Public Relations Award 2024 dari med...


Melalui Santan Siap Pakai, Sasa Boyong Penghargaan Top Digital PR Award 2024

Melalui Santan Siap Pakai, Sasa Boyong Penghargaan Top Digital PR Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand bumbu masak, Sasa baru-baru ini menerima penghargaan Top Digital Public Relations Award 2024 untuk kategori Santan...


Sukses Edukasi Masyarakat, Madurasa Raih Top Digital PR Award 2024

Sukses Edukasi Masyarakat, Madurasa Raih Top Digital PR Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – PT Madurasa Unggulan Nusantara berhasil memperoleh penghargaan Top Digital Public Relations Award 2024 untuk kategori ma...