Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Promosikan Asian Games 2018, Kominfo Gelar Pesta Rakyat dan Kompetisi Konten Kreatif

Posted by: 2439 viewer

Promosikan Asian Games 2018, Kominfo Gelar Pesta Rakyat dan Kompetisi Konten Kreatif
Pesta Rakyat Bali

Pelaksanaan Asian Games 2018 makin dekat, kurang dari 28 hari lagi, gelaran olah raga terbesar di Asia itu akan berlangsung di Jakarta, Palembang dan sekitarnya. Berbagai kegiatan untuk menyemarakkan digelar oleh semua kalangan, dari  masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar berbagai event untuk meningkatkan dukungan masyarakat dalam pelaksanaan Asian Games 2018, mulai dari kompetisi konten kreatif dan pesta rakyat. Sejumlah kegiatan itu dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik. 

Pesta Rakyat dikemas sebagai kegiatan terbuka bagi masyarakat untuk unjuk kreatifitas dalam bentuk tarian dan kreasi konten digital dalam bentuk foto atau video. Kompetisi tarian modern digelar di panggung Pesta Rakyat yang juga dimeriahkan dengan pameran produk UMKM lokal dan potensi wisata setempat. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Gelaran Pesta Rakyat bertema Semangat Sang Juara itu telah berlangsung di Jambi, Pekan Baru (Riau), Solo (Jawa Tengah), Makassar (Sulsel), Padang (Sumbar) dan Banyuwangi (Jatim). 

Dalam minggu ini sampai pertengahan Agustus akan berlangsung di Denpasar (Bali), Sorong (Papua Barat), Medan (Sumut),  Ambon (Maluku), Lombok (NTB), Yogyakarta (DIY), Banjarmasin (Kalsel), Bandung (Jabar), dan Bandar Lampung (Lampung). Di Banyuwangi dan Denpasar, Pesta Rakyat dilaksanakan bersamaan dengan Torch Relay atau estafet api obor Asian Games 2018 keliling Indonesia. 

Dalam Pesta Rakyat yang digelar dalam ajang Car Free Day (CFD), masyarakat sekitar lokasi, selain mengikuti Kompetisi Tarian Modern, juga bisa mengikuti kuis atau trivia dengan merchandise yang menarik serta mendaftarkan diri menjadi Duta Suporter Indonesia atau memberikan dukungan untuk atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018. 

Duta Suporter Indonesia

Duta Suporter Indonesia (DSI) yang digagas oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara merupakan aplikasi untuk menggalang dukungan dan partisipasi para pengguna internet di Tanah Air.  Aplikasi itu diluncurkan untuk mengajak masyarakat, khususnya pengguna internet, ikut mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Hal tersebut disebabkan tingginya angka pengguna internet di Indonesia yang menjadi nilai tambah istimewa, terutama generasi muda (milenial).

IKLAN INFOBRAND.ID

Sejak diluncurkan Kementerian Kominfo pada 10 Juli lalu, tercatat hingga update data terakhir Minggu (22/7/2018), sebanyak 82.777 menjadi pendukung aplikasi DSI. Sedangkan jumlah Duta telah mencapai 3126.

Jumlah user yang terdata aktif di aplikasi DSI per tanggal 22 Juli berjumlah 30.808 dan melalui mobilesite yakni 55.095. Kemudian untuk pemenang kuis harian yang ada di aplikasi DSI yaitu sebanyak 150. Sementara untuk keseluruhan jumlah vote yang dilakukan pengguna internet untuk memilih para DSI telah mencapai 105.366.

Berdasarkan data yang dihimpun terakhir per tanggal 22 Juli, sebanyak 3327 menjadi partisipan aktif aplikasi DSI dari 34 provinsi di Indonesia yang terbagi menjadi dua kategori yaitu duta dan suporter.

Berbagai aktivitas untuk meramaikan penggunaan aplikasi DSI sejak pertama kali diluncurkanpun telah dilakukan Kementerian Kominfo melalui kanal-kanal yang ada di media sosial.  Salah satunya konten tentang aplikasi DSI di forum Kaskus dengan judul thread Nonton Pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta, Gratis!

Aplikasi DSI juga sempat menjadi trending topic pertama di Twitter, bahkan ketika masih dalam tahap soft launching tanggal 7 Juli dengan tagar #DutaSuporterIndonesia dan #DutaSuporter. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Kementerian Kominfo juga mencatat, partisipan aktif DSI melalui kanal Facebook telah menjangkau 11.107.800 dan impresions 27.649.133. Sedangkan di Instagram, total jangkauan mencapai 9.000.504 dan impresions 17.988.052. Lalu untuk Twitter, jumlah impresions pada akun @dutasuporter yakni 31.800, 659 profile visit, 48 mention dan 2123 telah menjadi followers.

Melalui aplikasi DSI, nantinya, setiap provinsi akan terpilih dua DSI yang bakal ikut menghadiri pembukaan Asian Games 2018 tanggal 18 Agustus di Jakarta serta menonton beberapa cabang pertandingan olahraga selama empat hari. Tak hanya itu, para voters yang beruntung pun juga berkesempatan untuk bergabung dalam Pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta dan mendapatkan sejumlah hadiah yang menarik.

Kompetisi Menulis

Kompetisi menulis mengenai Asian Games 2018 ini mulai dibuka pendaftarannya sejak 7 Juni lalu dan telah berakhir pada 17 Juli. Karya tulis yang dikirimkan dibagi menjadi dua tema yaitu Dukung Bersama Asian Games dari Daerahku dan Aku Bangga Indonesia sebagai Tuan Rumah Asian Games.

Peserta dapat mengirimkan karya tulisnya pada batas waktu tersebut dengan sebelumnya mengisi formulir pendaftaran melalui kanal web bitread.id/asiangames. Selanjutnya, panitia kompetisi menulis menyeleksi seluruh karya yang dikirimkan oleh peserta hingga akhirnya terpilih 34 orang finalis. Finalis Hasil seleksi karya tulis terbaik tentang Asian Games 2018 akan diumumkan oleh Kemenkomifo pada tanggal 25 Juli mendatang.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pengumuman karya tulis yang lolos seleksi nantinya akan diumumkan Kemenkominfo melalui akun media sosial dan surat elektronik kepada para finalis. Setelah pengumuman finalis yang lolos seleksi, selanjutnya mereka semua akan melalui proses karantina hingga penentuan pemenang yang berlangsung pada tanggal 15-17 Agustus.

Selain itu juga, pada ajang kompetisi menulis tentang Asian Games 2018 ini akan digelar pula peluncuran buku Writingthon pada 17 Agustus.  Berbagai fasilitas diberikan Kemenkominfo kepada peserta yang terpilih karya tulisnya seperti hadiah, piagam juga akomodasi dan transportasi.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...